Anda Wajib Tahu 4 Gunung Paling Berbahaya di Dunia ini, Salah Satunya Ada di Indonesia!

4 Gunung Paling Berbahaya di Dunia - 4 Gunung Paling Berbahaya di Dunia

Ohayo.co.id – Gunung merupakan salah satu keajaiban Tuhan di dunia ini, di mana gunung terlihat menarik dan menggambarkan kemegahan dunia. Namun ternyata beberapa di antaranya termasuk ke dalam deretan gunung yang paling berbahaya di dunia lho. Gunung paling berbahaya bisa dikategorikan berdasarkan potensi ancaman dari  gunung api ketika terjadi letusan. Yuk simak daftar gunung paling berbahaya di dunia berikut ini.

4 Gunung Paling Berbahaya di Dunia

1. Yellowstone Supervolcano

Yellowstone Supervolcano - 4 Gunung Paling Berbahaya di Dunia

Apakah Anda masih ingat dengan film 2012 yang menceritakan tentang kejadian alam hebat yang memusnahkan hampir seluruh populasi di bumi ini? Salah satu kejadian alam hebat tersebut adalah ketika meletusnya Yellowstone Supervolcano.

Ternyata Yellowstone Supervolcano memang merupakan gunung berapi paling berbahaya di dunia. Ledakan Yellowstone Supervolcano bisa menyemburkan batuan dan komposisi gunung lainya hingga 1.000 kilometer kubik.

Lava dan abu vulkanik letusan gunung ini cukup untuk mengancam kepunahan spesies dan bahkan dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana massal. Sekali gunung ini meletus, maka akan menyebabkan semua gunung berapi lainnya mengalami kegiatan getaran tektonis besar-besaran dan bisa memicu letusan-letusan lainnya.

2. Mauna Loa

Mauna Loa - 4 Gunung Paling Berbahaya di Dunia

Mauna Loa adalah gunung berapi terbesar di dunia dalam hal volume dan area, dengan volume lava mencapai sekitar 18.000 mil kubik. Mauna Loa merupakan salah satu dari 5 gunung berapi yang membentuk Pulau Hawaii.

Walaupun Mauna Loa bukanlah gunung yang tertinggi, namun ledakanya adalah yang paling berbahaya karena kandungan lava gunung ini mengandung banyak fluida yang bisa menyebabkan kebakaran parah. Gunung ini terakhir kali meletus pada tanggal 15 April 1984.

Baca Juga : 4 Tipe Pendaki Gunung, Kamu Mana Nih?

3. Ulawun

Ulawun - 4 Gunung Paling Berbahaya di Dunia

Ulawun adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di Papua New Guinea dan salah satu yang paling berbahaya. Gunung ini terletak di busur Bismarck Papua New Guinea.

Gunung ini tercatat sudah beberapa kali meletus. Salah satu letusan terkuat adalah pada tahun 1980. Ketika itu Ulawun mengeluarkan abu hingga setinggi 60.000 kaki dan menghasilkan aliran piroklastik yang menyapu semua sisi-sisi gunung dan menghancurkannya.

4. Gunung Merapi

Gunung Merapi - 4 Gunung Paling Berbahaya di Dunia

Gunung Merapi adalah gunung berapi berbentuk kerucut yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta, Indonesia. Ini adalah gunung berapi yang paling aktif di Indonesia dan telah meletus secara berkala sejak 1548.

Gunung ini telah aktif sejak 10.000 tahun yang lalu. Sebagian besar letusan Merapi melibatkan runtuhnya kubah lava yang terus mengalir ke bawah. Dan kadang sering disertai dengan turunnya asap panas (Wedhus Gembel) yang kecepatannya bisa mencapai 120 km per jam.

Itulah beberapa gunung yang paling berbahaya di dunia, dan Gunung Merapi termasuk salah satunya. Meski begitu, hingga saat ini Gunung Merapi merupakan salah satu destinasi pendakian yang tidak surut pengunjung lho.

Bagi Anda yang gemar melakukan aktivitas alam seperti mendaki gunung, Anda harus selalu berhati-hati dan memastikan bahwa kondisi tubuh Anda sedang fit. Ini tentu artinya Anda harus memiliki stamina yang mumpuni. Caranya bisa dengan rutin berolahraga dan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Ketika akan melakukan pendakian, cukupi nutrisi yang dibutuhkan dengan mengonsumsi makanan nabati maupun hewani yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jika dirasa masih kurang, bawalah suplemen makanan Omepros. Bentuk Omepros yang praktis dan gampang dibawa ke mana saja membuat asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat tetap terjaga meski tengah berada di gunung.

Omepros memiliki kandungan yang lengkap untuk menjaga kesehatan jantung dan memperkuat sistem imun, bahkan menjaga daya ingat sehingga dapat diandalkan di segala kondisi. Omepros, mengandung omega 3, 6, 9, EPA, DHA, vitamin E dari minyak biji blackcurrant dan minyak ikan salmon. Omepros, Balancing Your Life!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password