Libur Lebaran? Yuk Jelajahi Gugusan Karang di Puncak Lalana Bogor

Jelajahi Gugusan Karang di Puncak Lalana Bogor

Ohayo.co.id – Sebuah tempat wisata baru resmi dibuka untuk umum dengan suguhan atraksi alamnya yang sayang untuk dilewatkan pada Mei 2015 silam. Rindang pepohonan dan sejuknya udara perbukitan membuat Puncak Lalana begitu digandrungi penikmat alam yang rela jauh-jauh datang dari kota seberang. Berada dalam kawasan ekowisata Gunung Kapur, membuat tempat wisata baru ini ramai pengunjung. Puncak Lalana merupakan puncak tertinggi (385 mdpl) dari Gunung Kapur.

Kawasan ini dapat dijangkau via Darmaga Bogor. Pengunjung dapat melewati Jalan Raya Cibadak km 14 hingga menemukan plang kecil bertuliskan “Puncak Lalana” tepat di sebelah kanan. Pengunjung hanya perlu mengikuti petunjuk selanjutnya untuk dapat sampai di lokasi. Sebelum mendaki puncak, pengunjung diharuskan mengisi data terlebih dahulu di pos pendaftaran. Hal ini diberlakukan oleh pengelola agar bisa meninjau aktivitas pengunjung yang naik dan sudah kembali turun. Pengunjung juga harus membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000,00 untuk per-orangnya dan biaya parkir dengan harga yang sama pula.

Meski tidak setinggi gunung-gunung pemacu adrenalin lainnya, perbekalan dan perlengkapan harus disiapkan dengan baik oleh pengunjung, terutama kondisi fisik dan sepatu yang dikenakan. Saat musim hujan tiba, lintasan menuju puncak akan sangat licin karena tanah merah pada Gunung Kapur ini tersiram air hujan sepanjang hari. Sehingga, pengunjung disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman dan sesuai dengan kondisi medan.

Baca Juga : The Jungle Bogor, Wahana Air Seru untuk Wisata Keluarga

Jelajahi Gugusan Karang di Puncak Lalana Bogor 2

Jalur pendakian yang akan dilewati setelah beristirahat cukup panjang di pos dua sangat berat dan menantang. Aneka batu karang terpahat di jalur ini. Menjadi satu tantangan tersendiri bagi pengunjung yang tak sabar untuk sampai di Puncak Lalana. Bagi pengunjung yang kehabisan bekal, tak ada salahnya beristirahat sejenak di pos dua, sembari mencicipi secangkir kopi hangat dari warung yang dapat ditemui di lokasi ini. Setelah semua kelelahan sirna, angkat kembali ransel untuk menikmati empat puluh lima menit yang berharga sebelum sampai ke puncak gunung Kapur!

Tidak usah khawatir akan terjatuh. Pengelola menyediakan tali webing di jalur ini sebagai penunjang keamanan dalam aktivitas mendaki Gunung Kapur ini. Ketika merasa lelah saat hendak menggapai puncak, mampir sejenak ke Gua Si Lenlang dapat menjadi pilihan utama bagi pengunjung. Namun, kewaspadaan wajib ditingkatkan, terlebih beberapa spesies ular hijau sering ditemukan di lokasi ini.

Jelajahi Gugusan Karang di Puncak Lalana Bogor 3

Gunung Salak tampak dari kejauhan, memberikan keyakinan penuh pada para wisatawan yang berhasil menaklukkan rasa takut bahwa puncak Lalana sudah tersaji di depan mata. Hembusan angin kencang mulai terasa saat perjalanan menuju puncak hampir menemui akhir. Bagi wisatawan yang baru pertama kali mendaki gunung atau bukit, pengalaman ini tentu menjadi cerita yang berkesan. Terlebih saat kedua mata menyaksikan denyut nadi kehidupan masyarakat Bogor yang berada nun jauh di sana.

Tenda siap dipasang di shelter yang terletak tak jauh dari Puncak Lalana. Area itu mampu menampung 5-10 tenda setiap harinya dan cukup aman disinggahi, meski angin kencang sering datang berkunjung. Tapi setidaknya, apa yang bisa dinikmati di puncak Lalana ini mampu menjadi kado terindah bagi para pendaki. Terlebih bagi yang hampir menyerah dalam perjalanan menuju gugusan karang di atas bukit ini.

Baca Juga : The Ranch Puncak Bogor Destinasi Wisata Menarik yang Lagi Hits

Jelajahi Gugusan Karang di Puncak Lalana Bogor 4

Nah, menarik bukan? Bagi Anda yang menyukai kegiatan travelling ke penjuru Nusantara, tak ada salahnya memilih agen penyedia akomodasi selama berwisata yang memberikan Anda beragam kemudahan. Situs via.com dapat menjadi pilihan bagi Anda. Temukan berbagai pilihan menarik seputar promo dan akomodasi selama perjalanan, mulai dari tiket penerbangan, kereta api, bus, hotel, penginapan, hingga paket wisata di situs via.id Tunggu apalagi, segera rancang liburan berkesan Anda ke seluruh pelosok nusantara hanya bersama via.com.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password