Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga untuk Mencegah Cidera Punggung

Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga untuk Mencegah Cidera Punggung - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Mengalami cidera punggung tentunya akan sangat menyiksa. Punggung merupakan bagian tubuh kita yang cukup vital untuk menopang aktivitas sehari-hari. Sehingga, jika kita mengalami cidera punggung tentunya ini akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Untuk menghindarkan cidera punggung, ada baiknya kita melakukan beberapa gerakan pemanasan sebelum olahraga. Inilah beberapa jenis pemanasan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi terjadinya cidera punggung.

Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga untuk Mencegah Cidera Punggung

Gerakan Menaiki Tangga

Gerakan Menaiki Tangga - Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga untuk Mencegah Cidera Punggung - Ohayo.co.id

Gerakan pemanasan sebelum olahraga yang pertama dapat dilakukan dengan mengangkat tanganmu seperti sedang menaiki tangga. Dengan melakukan gerakan ini, punggungmu akan terlatih untuk menekuk dari sisi kanan ke kiri.  Berdirilah dengan tegak dan angkat tanganmu ke atas. Kemudian  jangkau dengan lenganmu satu per satu seperti sedang meraih sesuatu. Lakukan gerakan ini berulang dan capai dengan jangkauan yang lebih tinggi. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali untuk masing-masing lengan.

Baca juga : 5 Jenis Olahraga untuk Meninggikan Badan Paling Efektif

Foam Roller Back Extension

Foam Roller Back Extension - Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga untuk Mencegah Cidera Punggung - Ohayo.co.id

Foam Roller Back Extension merupakan gerakan yang menggunakan gulungan busa atau dapat diganti dengan gulungan selimut. Anda bisa melakukannya dengan duduk di atas matras dengan lutut ditekuk. Masukkan gulungan busa tepat di punggung bawah, tempat rusuk bawah Anda berada. Bangun kembali dan angkat lengan ke atas. Perlahan tekuk ke belakang di atas gulungan busa sambil menghembuskan napas. Dorong lenganmu ke belakang. Ulangi ini sampai gulungan busa sesuai dengan bahu Anda. Lakukan gerakan ini sebanyak dua kali.

Baca juga : 5 Cara Memperbaiki Postur Tubuh dengan Olahraga Ringan 

Toe touch

Toe Touch - Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga untuk Mencegah Cidera Punggung - Ohayo.co.id

Gerakan ini merupakan gerakan yang tidak hanya membantumu mencegah sakit punggung, tapi juga dapat untuk mencegah cedera otot pada paha belakang yang menegang. Gerakan ini dapat dilakukan dengan berdiri dengan kaki tanpa mengunci lutut. Angkat lengan Anda ke atas kepala Anda dan lihat ke atas. Lipat ke depan dan sentuh tangan Anda matras atau ke kaki. Pada saat yang sama, dorong pinggul ke belakang dan buat berat badan Anda menumpu pada tumit Anda. Jika Anda merasa tidak dapat mencapai ke matras atau yang lebih rendah, perlahan tekuk lutut Anda. Ulangi gerakan ini sekitar 15 kali.

Itulah beberapa gerakan pemanasan sebelum olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi resiko cidera punggung saat berolahraga. Kebutuhan tubuh akan gerak olahraga, harus diimbangi dengan asupan nutrisi. Ingat bahwa agar tubuh dapat bergerak dengan bebas, aliran darah juga harus lancar dan terhindar dari lemak jahat. Sehingga Anda harus menjada pola makan dan asupan nutrisi yang cukup.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password