Inilah Macam-macam Gejala Varises dan Cara Mengatasinya

Inilah Macam-macam Gejala Varises dan Cara Mengatasinya - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id Varises merupakan pelebaran atau pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah vena, dimana terjadi akibat adanya penumpukan darah pada pembuluh tersebut. Varises biasanya dapat terjadi pada seluruh pembuluh darah vena di dalam tubuh, namun umumnya terjadi pada area tungkai, terutama betis, pada area panggul, kerongkongan (varises esofagus), anus, vagina dan rahim. Jika Anda mengalami hal yang berbeda pada area-area tersebut, maka ada baiknya untuk Anda mengenali gejala varises terlebih dahulu agar bisa diatasi dengan tepat.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingginya risiko terkena varises, diantaranya yaitu karena bertambahnya usia, faktor keturunan, berat badan yang berlebih serta lingkungan kerja yang membutuhkan seseorang harus berdiri dalam waktu yang lama. Varises yang terjadi pada area tungkai pun sebagian besar dialami oleh wanita dibandingkan pria. Lantas apa saja macam-macam gejala varises yang harus Anda tahu? berikut ulasannya.

Macam-macam Gejala Varises dan Cara Mengatasinya

Pada umumnya varises akan ditandai dengan pembuluh darah vena yang mengalami perubahan warna menjadi ungu atau biru gelap yang tampak bengkak dan menonjol. Namun terkadang varises yang ringan jarang menimbulkan gejala, akan tetapi apabila dibiarkan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan beberapa gejala. Gejala varises tersebut ditandai dengan rasa berdenyut, nyeri dan panas pada bagian tungkai, selain itu kulit akan terasa gatal dan tampak kering.

Varises yang terjadi pada bagian kaki memiliki gejala seperti pembengkakan pada pergelangan kaki. Pada malam hari otot kaki akan terasa kram serta mengalami perubahan warna kulit pada area sekitar varises tersebut. Gejala varises akan sangat terasa ketika penderita terlalu lama berada pada daerah yang memilki suhu atau cuaca hangat. Bagi wanita, gejala varises juga akan semakin terasa dan memburuk ketika menstruasi atau kehamilan.

Baca juga : Apa Itu Varises? Inilah Jawaban Lengkapnya!

Namun meskipun komplikasi yang terjadi akibat varises sangat jarang terjadi, namun hal ini tidak boleh diremehkan. Apabila varises dibiarkan dalam jangka waktu yang sangat lama hingga bertahun-tahun, hal tersebut akan mempengaruhi terhadap aliran darah pada pembuluh vena. Tentunya akan membahayakan kesehatan tubuh Anda sendiri nantinya.

Selain itu, mengabaikan varises selama bertahun-tahun dapat berpotensi menimbulkan komplikasi, seperti pendarahan yang disebabkan oleh pembuluh vena yang terkena varises pecah. Selanjutnya yaitu menyebabkan tromboflebitis atau peradangan pada pembuluh vena, dimana keadaan ini dapat memicu terjadinya penggumpalan pada darah. Thrombosis vena dalam, Ulkus (luka terbuka) serta eksim varises juga dapat terjadi jika Anda membiarkan varises terjadi pada waktu yang lama.

Terlepas dari gejala varises, penanganan yang perlu Anda lakukan jika mengalami varises cukup mudah. Untuk varises yang masih tergolong ringan, Anda tidak memerlukan penanganan medis secara khusus yaitu seperti melakukan jalan kaki santai selama beberapa menit setiap pagi secara rutin, serta menghindari duduk atau berdiri yang terlalu lama. Ketika beristirahat ada baiknya jika Anda menggunakan bantal untuk menyangga kaki, sehingga membuat posisi kaki lebih tinggi.

Namun, jika varises sudah pada tahap yang serius atau mengalami komplikasi, maka tindakan medis sangatlah diperlukan. Dalam pengobatan, metode yang digunakan cukup beragam tergantung pada kondisi pasien, ukuran varises, posisi maupun tingkat keparahan varises. Anda bisa mengonsultasikannya ke dokter yang berpengalaman agar mendapat penanganan yang tepat.

Tidak hanya itu, beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan diantaranya yaitu terapi obat, terapi dengan pemakaian stoking yang bertujuan untuk memberi tekanan oada otot kaki dan vena sehingga membuat aliran darah dapat berjalan dengan lancar. Anda juga dapat melakukan prosedur-prosedur khusus seperti kemoterapi, terapi laser, terapi ablasi endotermal atau radiofrekuens, ligase pembuluh vena, dan endoskopi pembuluh vena.

Baca juga : 5 Pantangan Setelah Melahirkan Normal yang Tidak Boleh Dilakukan

Demikian ulasan mengenai macam-macam gejala varises serta cara mengatasinya. Jika dibiarkan maka akan sangat mengganggu penampilan serta berdampak tidak baik pula pada kesehatan tubuh. Semoga artikel ini dapat menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi Anda.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password