Waspada! 5 Gejala Ginjal Bermasalah yang Harus Anda Tahu

Waspada! Gejala Ginjal Bermasalah yang Harus Anda Tahu

Ohayo.co.id – Tubuh selalu mengirimkan sinyal pada kita ketika ada beberapa masalah kesehatan yang muncul. Seperti misalnya ketika kit terlalu lelah, maka kurang lebih tubuh akan memberi respon rasa pusing, sering menguap dan lain sebagainya. Ketika hal ini sudah dirasakan sebaiknya kita bisa lebih waspada dan peduli terhadap kesehatan kita. Apalagi untuk kasus yang serius seperti gejala ginjal bermasalah dan harus segera mendapat penanganan dari tim medis.

Ginjal memberi peranan penting pada kesehatan. Sebaiknya tidak meremehkan kesehatan ginjal pada tubuh kita. Tugasnya sangat penting yakni untuk menyaring racun yang ada pada tubuh setiap harinya. Kurang lebih darah yang harus disaring pada ginjal adalah sebesar 20 hingga 150 liter. Maka dari itu terbayang bagaimana jika ginjal kita bermasalah, akan sangat besar resiko yang dihadapi.

5 Gejala Ginjal Bermasalah dan Butuh Penanganan Segera

Waspada! 5 Gejala Ginjal Bermasalah yang Harus Anda Tahu - Ohayo.co.id

1. Perubahan Warna Kencing

Salah satu gejala ginjal bermasalah yang harus diwaspadai adalah ketika adanya perubahan warna kencing. Terutama jika kita tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang berwarna atau normal-normal saja. Warna kencing bisa lebih gelap diikuti dengan adanya frekuensi buang air kecil yang sedikit. Bisa juga dengan warna kencing yang pucat dan memiliki frekuensi buang air kecil lebih sering. Tidak hanya itu, yang juga harus diwaspadai betul adalah air kencing menjadi berbusa. Apabila gejala ini terjadi maka sebaiknya segera diperiksakan.

2. Bengkak Berlebihan

Ginjal kita bertanggung jawab untuk menyaring cairan yang ada pada tubuh kita. Apabila cairan ini tidak tersaring maka yang akan terjadi ialah tubuh menjadi bengkak. Pembengkakan akan terasa pada bagian tangan dan juga kaki kita. Sementara di sisi lain, protein yang ada dalam urine juga menjadi tanda bahwa ginjal kita memang dalam masalah karena tidak bisa menyaring dengan baik. Biasanya orang yang mengalami ginjal bermasalah akan mengalami bengkak pada mata karena banyaknya protein pada urine.

Baca juga : Petai Ternyata Bisa Bikin Ginjal Rusak, Benarkah?

Waspada! 5 Gejala Ginjal Bermasalah yang Harus Anda Tahu - Ohayo.co.id

3. Sesak Napas

Gejala ginjal bermasalah berikutnya adalah sesak napas. Jika ginjal kita bekerja terlalu keras maka cairan akan menumpuk pada ginjal dan juga berada di bagian tubuh lainnya misalnya paru – paru. Penumpukan ini tentu akan membuat tubuh kita merasa sesak. Oksigen yang kita butuhkan menjadi tidak lancar dan kurangnya oksigen ini juga bisa membuat tubuh tidak berfungsi secara maksimal.

4. Kemerahan pada Kulit

Waspadai apabila anda menemukan warna kemerahan pada kulit. Jika tubuh kita dipenuhi dengan racun maka akan muncul beberapa tanda. Misalnya saja warna merah pada kulit kita. Hal ini dikarenakan tubuh mengeluarkan racun melalui pori-pori kulit. Krim kulit dan juga salep mungkin memang akan membantu namun hal ini tidak akan menyembuhkan masalah pada ginjal kita.

Baca juga : Ragam Buah dan Sayur yang Baik untuk Kesehatan 

Waspada! 5 Gejala Ginjal Bermasalah yang Harus Anda Tahu - Ohayo.co.id

5. Rasa Besi pada Mulut

Pernahkah anda merasakan lidah dalam kondisi yang tidak enak ? Tubuh yang terlalu banyak racun akan bisa terasa melalui indera perasa lidah ini. Orang dengan ginjal yang bermasalah akan bisa merasakan rasa besi pada mulut. Hal ini juga memicu adanya bau atau napas yang tidak sedap. Disebut juga dengan halitosis serta menurunnya nafsu makan.

Kenali bagaimana gejala ginjal yang bermasalah seperti di atas. Apabila beberapa tanda atau gejala tersebut memang dirasakan, jangan segan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Penanganan yang cepat akan menghindarkan kita dari resiko fatal dan berbahaya akibat dari ginjal bermasalah tersebut. Jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password