Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa dan Cara Mencegahnya

Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa dan Cara Mencegahnya - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Pasti Anda tidak asing lagi dengan penyakit demam berdarah. Demam berdarah adalah penyakit yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan disebabkan oleh salah satu dari empat virus dengue. Jika Anda terinfeksi salah satu virus dengue, tubuh Anda akan mengembangkan kekebalan terhadap virus tersebut seumur hidup Anda. Meski kekebalan terhadap virus tersebut sudah ada di tubuh Anda, Anda masih dapat terinfeksi dengan tiga virus lainnya.

Menurut data Centers for Disease Control and Prevention diperkirakan bahwa ada setidaknya 400 juta kasus demam berdarah terjadi di seluruh dunia setiap tahun. Agar Anda lebih tahu dan dapat terhindar dari demam berdarah ini, yuk langsung saja simak informasi selengkapnya beserta gejala demam berdarah pada orang dewasa dan cara mencegahnya di bawah ini.

Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa dan Cara Mencegahnya

Masyarakat pada daerah tropis seperti Indonesia ini sangat rentan terkena demam berdarah. Gigitan nyamuk Aedes aegypti tak pandang bulu ketika menyerang, baik pada anak-anak bahkan orang dewasa yang dianggap memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi. Pada kasus orang dewasa, ketika tidak segera ditangani dengan baik, demam berdarah akan memunculkan beberapa gejala seperti berikut ini.

Gejala Demam Berdarah

Gejala-Demam-Berdarah-Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa dan Cara Mencegahnya - Ohayo.co.id

Jika Anda terinfeksi demam berdarah, gejala biasanya mulai sekitar empat sampai tujuh hari setelah infeksi awal. Kadang-kadang, gejalanya ringan dan dapat disalahartikan sebagai gejala flu atau yang lainnya. Anak-anak dan orang yang tidak pernah mengalami infeksi sebelumnya cenderung memiliki kasus yang lebih ringan daripada remaja dan orang dewasa. Secara umum gejala demam berdarah pada orang dewasa berlangsung sekitar 10 hari yang meliputi :

  • Demam tinggi secara tiba-tiba (hingga 40 derajat Celcius)
  • Sakit kepala parah
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Nyeri sendi dan otot yang parah
  • Ruam kulit (muncul antara dua dan lima hari setelah demam awal)
  • Mual ringan hingga berat
  • Muntah ringan sampai berat
  • Perdarahan ringan dari hidung atau gusi
  • Memar ringan pada kulit
  • Kejang demam

Apabila tidak segera mendapat penanganan yang serius, gejala-gejala tersebut dapat berkembang menjadi perdarahan hebat, syok, hingga kematian yang disebut Dengue Shock Syndrome (DSS).

Baca juga : 3 Jenis Nyamuk Paling Berbahaya, Kenali dan Hindari!

Pengobatan Demam Berdarah

paracetamol-Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa dan Cara Mencegahnya - Ohayo.co.id

Saat gejala demam berdarah diatas muncul, dan Anda yakin terinfeksi dengue, yang harus Anda lakukan adalah jangan panik. Jika pertolongan medis belum bisa Anda dapatkan, Anda dapat melakukan pertolongan pertama dengan perawatan ringan. Anda harus beristrirahat dan minum banyak cairan. Suhu tubuh yang meningkat menyebabkan cairan tubuh Anda berkurang banyak. Sehingga Anda harus banyak minum agar tubuh Anda tidak dehidrasi.

Selanjutnya, minum obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di apotek untuk mengurangi demam, sakit kepala, dan nyeri terjadi di sekujur tubuh karena infeksi dengue, misalnya seperti Paracetamol. Namun Anda harus menghindari obat penghilang rasa sakit yang dapat meningkatkan risiko pendarahan seperti aspirin dan ibuprofen.

Pertolongan pertama ini dilakukan hanya untuk meringankan rasa sakit. Jika Anda merasa lebih buruk setelah 24 jam pertama sakit, Anda harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan demam berdarah lebih lanjut yang meliputi pemeriksaan di laboratorium untuk memeriksa adanya komplikasi.

Baca juga : Tips Menghindari Gigitan Nyamuk pada Si Kecil

Cara Mencegah Demam Berdarah

Cara-Mencegah-Demam-Berdarah-Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa dan Cara Mencegahnya - Ohayo.co.id

Cara mencegah demam berdarah yang paling baik adalah dengan menghindari gigitan nyamuk dan mengurangi populasi nyamuk. Di bawah ini beberapa cara mencegah demam berdarah yang dapat Anda lakukan, terutama jika Anda tinggal di daerah beriklim tropis atau Anda berada di area berisiko tinggi :

  • Hindari perumahan yang padat penduduk
  • Gunakan lotion anti nyamuk saat berada di dalam dan di luar ruangan
  • Gunakan baju lengan panjang dan celana panjang
  • Saat di dalam ruangan, gunakan AC jika tersedia
  • Pastikan jendela dan pintu bebas dari lubang
  • Jika tempat tidur tidak tertutup atau ber-AC, gunakan kelambu
  • Jika Anda memiliki gejala demam berdarah, segera konsultasikan dengan dokter Anda

Untuk mengurangi populasi nyamuk, singkirkan tempat-tempat yang memungkinkan nyamuk berkembang biak, seperti ban bekas, kaleng, pot bunga, atau benda lain yang dapat menampung air hujan. Anda juga bisa membaca cara membasmi nyamuk di rumah pada ulasan 6 Trik Alami Ini Untuk Membasmi Nyamuk di Rumah Anda.

Itulah beberapa gejala demam berdarah pada orang dewasa beserta cara mencegahnya yang harus Anda ketahui, agar Anda dan orang di sekitar Anda bisa terhindar dari bahaya demam berdarah.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password