4 Gejala dan Penyebab Kolik pada Bayi yang Harus Bunda Tahu

Gejala dan Penyebab Kolik pada Bayi yang Harus Bunda Tahu - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Memiliki anak yang masih bayi biasanya akan menyita perhatian para bunda. Terutama jika anak tersebut merupakan anak pertama. Bunda akan merasa memberikan performa terbaik dalam merawatnya. Hanya saja bedakan mana performa sebaik mungkin dengan panik yang berlebihan jika anak insiden seperti kolik. Memang kondisi ini patut diperhatikan dengan baik tetapi dengan kondisi bunda harus tenang terlebih dahulu. Ketahui dengan pasti apa saja gejala dan penyebab kolik pada bayi.

Apa itu kolik pada bayi? Kolik merupakan kondisi dimana bayi sering menangis berlebihan dan dalam waktu yang cukup lama. Biasanya bayi juga sering kaget bahkan kejang. Umumnya bayi yang mengalami kolik ini juga mengalami gangguan kesehatan namun tidak diketahui dengan jelas atau terdiagnosisi penyebabnya apa. Bayi mengalami kolik biasanya berusia pada 1 minggu hingga 4 bulan. Ia akan menanigs pada petang atau dini hari dan para bunda akan panik untuk menenangkannya.

Beberapa Gejala dan Penyebab Kolik pada Bayi

Ciri dari bayi yang mengalami kolik adalah seperti wajahnya memerah menahan sesuatu, tangannya mengepal seperti menggenggam sesuatu serta perut bayi terasa keras atau kaku. Jika hal ini terjadi maka ketahui beberapa penyebabnya seperti :

1. Sistem Pencernaan yang Belum Sempurna

Gejala dan Penyebab Kolik pada Bayi yang Harus Bunda Tahu - Ohayo.co.id

Gejala dan penyebab kolik pada bayi yang pertama adalah sistem pencernaannya yang belum sempurna Hal ini akan membuat bayi tak nyaman dan menangis dalam waktu yang lama. Untuk menghindarinya sebaiknya orang tua bisa memberi ASI secara teratur. Tidak kurang maupun berlebihan. Hal ini untuk membuatnya tetap bisa mendapat asupan bergizi tanpa harus terganggu kolik. Gosokkan minyak telon hangat pada perut dan bagian punggung bayi. Bisa juga dengan menggunakan krim telon yang dikhususkan untuk bayi.

Baca juga : Bayi Rewel di Malam Hari, Begini Cara Mudah Mengatasinya!

2. Overstimulasi

Gejala dan Penyebab Kolik pada Bayi yang Harus Bunda Tahu - Ohayo.co.id

Berikutnya, jika bayi anda memang tidak nyaman bahkan merasa terganggu dan menangis maka sebaiknya lakukan observasi pada diri sendiri. Apakah ada perlakuan yang berlebihan dan membuatnya tak nyaman atau karena faktor lainnya.Untuk menghindari overstimulasi ini, tetaplah berhati-hati dalam melatih kemampuan bayi anda dan juga lakukan secara perlahan untuk memberikan stimulasi yang anda inginkan. Utamakan kenyamanan bayi agar ia tetaplah nyaman dalam kondisi apapun. Penyebab kolik yang satu ini bisa karena pengaruh dari kondisi lingkungan, suara dan juga cahaya.

3. Alergi Susu Formula

Bayi yang mengalami kolik bisa jadi karena alergi susu formula. Terutama karena ia tidak nyaman dengna adanya susu tersebut dan keluar keringat dingin. Kalau orang dewasa saja tidak tahan dengan sakit perut bagaimana dengan bayi ? Mereka akan cenderung menangis lebih keras dan juga terus menerus. Sebaiknya berikan asi yang cukup hingga pencernaannya membaik. Jika tetap memaksa menggunakan sufor maka pastikan susu formula yang anda berikan adalah yang terbaik dan cocok.

Baca juga : Bawang Merah untuk Mengatasi Ruam Merah Pada Bayi Akibat Gigitan Nyamuk

4. Gangguan Kesehatan

Kolik memang umumnya terjadi pada bayi yang mengalami kesehatan. Entah dari sistem pencernannya atau pada gangguan lainnya. Kolik memang bukan hal yang berbahaya tetapi jika hal ini terjadi dalam jangka panjang tentu akan sangat mengganggu kenyamanan bayi dan membuat kita khawatir. Agar tidak menjadi hal serius, lakukan pijatan lembut pada punggung dan juga perut bayi. Bisa menggunakan minyak telon. Gunakan air hangat ketika memandikannya agar membuatnya rileks dan merasa nyaman.

Mengetahui bagaimana gejala dan penyebab kolik pada bayi akan mengantarkan kita pada cara mengatasinya dengan tepat. Gendong bayi ketik aia menangis dan cobalah menenangkannya dengan lembut. Hindari menggendong bayi dengan rasa panik karena hanya akan menjadikannya tidak nyaman.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password