Gaji Presiden di Dunia dari yang Paling Tertinggi, Ada Presiden Indonesia Ngga?

Gaji Presiden di Dunia dari yang Paling Tertinggi

Ohayo.co.id – Gaji orang lain memang selalu menimbulkan rasa ingin tahu. Bahkan kolega dan teman jarang yang membagikan angka upah mereka. Namun, gaji presiden dan perdana menteri jauh dari kata rahasia. Dari penghasilan lebih dari $ 200.000 hingga hampir $ 2 juta, pendapatan tahunan para kepala negara ini jauh melebihi gaji rata-rata warga negara di negara mereka. Berikut kami informasikan 7 gaji presiden tertinggi di dunia.

Gaji Presiden Tertinggi di Dunia

1. Perdana Menteri Singapura

Perdana Menteri Singapura

Gaji pemimpin negara tertinggi ada di tangan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong. Lee Hsien Loong mewarisi jabatan perdana menteri dari ayahnya, Lee Kuan Yew. Ia memiliki gaji tertinggi di antara semua pemimpin dunia. Gaji perdana menteri Singapura adalah 2.2 juta SGD per tahun atau lebih dari Rp 23 milyar per tahun. Sang perdana menteri sendiri berpendapat bahwa gajinya “adil dan realistis.” Total anggaran pemerintah negara itu, yang mencakup 31 orang, adalah $ 53 juta per tahun. Gaji Lee Hsien Loong dulu lebih besar, tetapi karena banyak pihak yang tidak senang, gajinya pun berkurang 36%.

2. Kepala Eksekutif Hong Kong

Kepala Eksekutif Hong Kong

Jabatan Kepala Eksekutif Hong Kong saat ini dipegang oleh Carrie Lam. Ia menjabat sejak tahun 2017 untuk masa jabatan 5 tahun. Dia adalah wanita pertama yang menjabat sebagai Kepala Eksekutif. Gajinya adalah $ 578.320 atau sekitar 8,2 milyar per tahun.

Baca juga : Selalu Tampil Cantik, Berapa Gaji Pramugari Maskapai Indonesia?

3. Presiden Swiss

Gaji Presiden di Dunia dari yang Paling Tertinggi

Posisi presiden di Swiss hanya formal, dan orang tersebut dipilih oleh menteri untuk masa jabatan satu tahun. Gaji Presiden Swiss, yang saat ini dipegang oleh Ueli Maurer, adalah $ 448.000 atau Rp 6,4 milyar per tahun (Rp 514 juta per bulan), dan itu sama dengan gaji semua menteri lainnya.

4. Presiden Austria

Gaji Presiden di Dunia dari yang Paling Tertinggi

Sebagai wajah pemerintah dan kepala negara, Presiden Austria Alexander Van der Bellen mendapat gaji sebesar $ 404.500 atau Rp 5,7 milyar dalam setahun. Penghasilannya ini sekitar delapan kali lipat dari rata-rata pekerja Austria, yang menghasilkan sekitar $ 48.000 atau sekitar Rp 685 juta per tahun.

5. Presiden Amerika Serikat

Gaji Donald Trump

Gaji presiden Amerika Serikat bisasanya $ 400.000 atau Rp 5,7 milyar per tahun. Menurut data sensus di sana, pendapatan rumah tangga rata-rata di Amerika Serikat adalah sekitar $ 59.000 atau sekitar Rp 843 juta. Ini berarti seorang presiden menghasilkan hampir tujuh kali lipat dari penghasilan keluarga Amerika. Presiden Amerika Serikat saat ini, Donald Trump, memiliki kekayaan bersih $ 3,1 miliar menurut Forbes. Namun Donald Trump telah menyumbangkan gaji presidennya ke berbagai agen federal.

Baca juga : Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 3 Juta, Dijamin Bisa Menabung!

6. Perdana Menteri Australia

Gaji Perdana Menteri Australia

Posisi perdana menteri Australia sekarang dipegang oleh Scott Morrison. Perdana Menteri Australia digaji $538,460 (AUD) atau Rp 5,4 milyar setiap tahun. Upah bulanan minimum di Australia adalah $ 1,900.

7. Kanselir Jerman

Gaji Kanselir Jerman

Kanselir Jerman Angela Merkel sangat aktif di panggung global saat ini dan sering disebut sebagai wanita paling kuat di dunia. Dia didukung oleh ekonomi Jerman yang kuat dan reputasinya untuk inovasi teknologi di bidang teknik dan industri otomotif. Gajinya adalah $ 369,700 per tahun atau hampir Rp 5,3 milyar. Ia menghasilkan sekitar delapan kali gaji seorang pekerja Jerman, yang pendapatannya rata-rata sekitar $ 46.000 atau sekitar Rp 657 juta setahun.

Lalu berapa gaji presiden Indonesia?

Gaji Presiden Indonesia

Joko Widodo

Gaji pesiden RI saat ini disesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 Tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden Serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Gaji Presiden Jokowi adalah gaji pokok ditambah dengan tunjangan. Gaji pokok presiden Joko Widodo saat ini adalah Rp 30.240.000 per bulan, sedangkan tunjangannya adalah Rp 32.500.000 per bulan. Sehingga jika ditotal Presiden Jokowi memperoleh penghasilan Rp 62.740.030 per bulan atau Rp 752.880.360 dalam setahun.

Nah itulah tadi informasi seputar gaji presiden dunia saat ini. Dengan beban berat untuk mengatur sebuah negara, tentunya gaji yang besar merupakan hal yang perlu dimaklumi bagi seorang presiden. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password