Fungal Acne, Masalah Kulit Wajah yang Sering Disangka Jerawat

Ohayo.co.id – Berbagai masalah kulit wajah sering sekali mengganggu. Satu diantaranya memunculkan gejala adanya tonjolan seperti jerawat yang tidak kunjung hilang. Bahkan jerawat itu tidak kunjung hilang meskipun telah diaplikasikan obat jerawat, terlebih lagi jerawat itu muncul setelah kita mengaplikasikan skin care ke wajah kita. Jadi sebenarnya tonjolan di wajah yang tidak kunjung hilang itu apa? Jerawat atau bukan? Gejala yang demikian disebut dengan Fungal Acne.  Mari kita dalami tentang fungal acne.

Know More about Fungal Acne

Fungal Acne, Masalah Kulit Wajah yang Sering Disangka Jerawat - Ohayo.co.id

Fungal acne sendiri bukanlah jerawat, karena isitilah ini lebih menuju pada kondisi kulit yang tampak menyerupai jerawat, bahasa kerennya yaitu pityrosporum folliculitis atau malassezia folliculitis. Keduanya berbeda, karena dari sudut penyebabnya juga berbeda. Jerawat disebabkan adanya minyak berlebih, kotoran atau bakteri yang masuk ke kulit; sedangkan fungal acne disebabkan oleh fungi atau jamur dari family Malassezia.

Pada dasarnya jenis jamur tersebut tidak hanya memberikan dampak munculnya fungal acne, melainkan juga adanya eczema, ketombe, dan psoriasis pada kulit. Untuk spesies jamur penyebab fungal acne sendiri adalah Malassezia globosa dan Malassezia furfur yang merupakan kombinasi dari Pityrosporum orbiculare dan Pityrosporum ovale.

Bagaimana cara infeksi jamur tersebut? Sebenarnya, Pityrosporum sp. dapat ditemukan di kulit manusia. Dengan cara menginfeksi folikel rambut, jamur ini akan menyebabkan titik-titik seperti jerawat. Jadi sudah jelas kalau ini bukan jerawat, melainkan kondisi kulit yang terserang jamur.

Bagaimana bisa Terjadi Fungal Acne?

Fungal Acne, Masalah Kulit Wajah yang Sering Disangka Jerawat - Ohayo.co.id

Masalah kulit yang satu ini dapat terjadi karena adanya bahan pemicu tumbuhnya jamur. Pemicunya itu bisa di dalam (internal) dan bisa juga dari luar (eksternal). Penyebab dari dalam adalah efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi, penyakit yang dimiliki, atau kehamilan.

Sedangkan, penyebab dari luar dapat berupa kondisi udara luar yang terlalu panas, atau terlalu lembab, bahkan keringat dan penggunaan skin care bisa menyebabkan munculnya fungal acne. Adanya faktor udara yang lembab, panas,dan membuat keringat diproduksi dalam jumlah banyak sangat menggambarkan negara beriklim tropis, tidak heran masalah fungal acne banyak terjadi di negara Singapura, Filipina, serta Indonesia.

BACA JUGA : Ini 5 Penyebab Bruntusan di Dahi Membandel dan Sulit Dihilangkan

Jangan Gunakan Skin Care Pemicu Fungal Acne

Fungal Acne, Masalah Kulit Wajah yang Sering Disangka Jerawat - Ohayo.co.id

Satu-satunya cara mengurangi adanya fungal acne pada kulit wajah kita adalah dengan memperhatikan pemicu eksternalnya. Kenapa? Karena pemicu ini yang bisa kita kendalikan sendiri, khususnya dalam penggunaan produk skin care. Cuaca dan kelembaban sudah menjadi ciri khas dari suatu wilayah dan tidak bisa dimanipulasi, sehingga cara satu-satunya adalah memilih skin care yang tidak memicu terjadinya fungal acne.

Bagaimana caranya? Perhatikan komposisi dan kandungan dalam skin care yang akan digunakan bisa dengan mencari tahu di google tentang kandungan secara lengkap. Atau secara khusus bisa dicari pada situs Sezia atau SkinCarisma. Berikut ini adalah kandungan yang tidak boleh ada dalam skin care jika ingin terbebas dari fungal acne:

  • Undecylenic Acid
  • Lauric / Dodecanoic
  • Tridecylic
  • Stearic / Octadecanoic
  • Oleic / Octadecenoic
  • Linoleic
  • Ester
  • Polysorbate
  • Kandungan hasil fermentasi, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA : Harus Tahu! Ini 5 Penyebab Jerawat di Pipi Paling Umum Terjadi

Kesembilan zat tersebut menjadi makanan yang baik untuk pertumbuhan jamur penyebab fungal acne. Maka dari itu, solusi untuk menanganinya adalah dengan membuat jamur tersebut kelaparan dengan tidak memberikannya makanan, atau menghindari kandungan fatty acids yang menjadi makanan sang jamur dari produk skin care yang kita gunakan.

Itu tadi beberapa hal yang perlu kalian ketahui. Jadi perhatikan benar-benar apakah tonjolan di kulit itu merupakan jerawat atau bukan. Karena dengan menganalisa dengan tepat akan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan kulit anda.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password