Mengenal Lebih Dalam Fitur Whatsapp Business untuk Kembangkan Bisnis Agen Travel

Fitur Whatsapp Business untuk Kembangkan Bisnis Agen Travel

Ohayo.co.id – Perkembangan bisnis saat ini, tidak dapat lepas dari kecanggihan teknologi yang juga menjadi bagian katalis dalam menjangkau konsumen lebih luas. Dalam menanggapi kondisi ini, WhatsApp merilis aplikasi WhatsApp for Business. Aplikasi tersebut diperuntukkan bagi para pebisnis agar lebih mudah terhubung dengan konsumennya, mengingat pengguna WhatsApp di Indonesia berdasarkan data bulan Januari 2017 menempati urutan pertama dalam aplikasi pesan instan dengan jumlah 35,8 juta orang (berdasar laporan comScore).

Bagi beberapa orang, aplikasi WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger tidak memiliki perbedaan dalam hal menjangkau konsumen, padahal tidak demikian. Keberadaan aplikasi WhatsApp Business memiliki beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan untuk menggaet konsumen secara optimal. Melansir dari www.cermati .com, berikut adalah beberapa fitur yang dapat Anda manfaatkan sebagai katalis bisnis.

Fitur Whatsapp Business untuk Kembangkan Bisnis Agen Travel

1. Profil untuk Menampilkan Informasi Bisnis Lebih Terpercaya

Profil untuk Menampilkan Informasi Bisnis Lebih Terpercaya - Fitur Whatsapp Business untuk Kembangkan Bisnis Agen Travel

Ketika menggunakan WhatsApp Business Anda sangat disarankan untuk menyiapkan profil bisnis agar memudahkan saat memasukkan data. Hal ini berkaitan akan kebijakan dari WhatsApp yang tidak mengizinkan Anda untuk mengganti nama akun seperti pada WhatsApp Messenger.

Anda harus memperhatikan secara teliti penamaan akun bisnis agar tidak mengalami kesalahan nama maupun dalam melengkapi profil mulai dari alamat, kategori, deskripsi, jam kerja, email dan website. Pada kolom profil di WhatsApp Business, Anda dapat memilih kategori yang sudah terdaftar.

Jika kategori bisnis tidak ada yang sesuai, Anda dapat memilih “others“. Profil pada aplikasi WhatsApp Business tersebut bertujuan agar konsumen lama atau baru mengetahui informasi tentang bisnis Anda secara lebih detail. Ini menjadi kelebihan dari aplikasi terkait apabila disandingkan dengan WhatsApp Messenger yang hanya menampilkan nama, informasi singkat, serta nomor telepon pengguna.

Baca juga : Agen Travel, Ingin Tingkatkan Profit? Yuk Manfaatkan Kelebihan Whatsapp Business ini!

2. Fitur Pesan Otomatis untuk Pelayanan Prima

Fitur Pesan Otomatis untuk Pelayanan Prima - Fitur Whatsapp Business untuk Kembangkan Bisnis Agen Travel

Setelah menyelesaikan profil, Anda disarankan untuk membuat perpesanan otomatis sebagai upaya menjaga komunikasi yang baik kepada seluruh konsumen. Perpesanan otomatis ini akan membantu Anda untuk meng-handle chat konsumen selama 24 jam. Anda dapat memberikan pesan selamat datang pada jam kerja ataupun meminta maaf untuk menunggu balasan saat di luar jam kerja.

Fitur pada WhatsApp Business ini akan memberikan kedekatan kepada para calon konsumen maupun pelanggan Anda lebih kuat karena mereka mendapatkan sapaan secara personal. Selain pesan selamat datang sebagai sapaan personal ataupun ucapan maaf, Anda juga dapat menginformasikan hal-hal penting terkait bisnis, seperti memberikan akun media sosial beserta alamat websitenya, produk, dan lain-lain.

WhatsApp Business memiliki tiga fitur pesan otomatis yaitu away message, greeting message, quick replies. Away message merupakan balasan otomatis apabila terdapat pesan masuk dari konsumen pada luar jam kerja atau di saat bisnis sedang tutup. Greeting message dapat dimanfaatkan untuk menyambut konsumen baru sebagai sapaan awal. Selain itu, dengan fitur ini Anda dapat menawarkan produk secara menyeluruh kepada calon konsumen.

Quick replies memberikan kemudahan dalam membalas pesan masuk dengan pesan pertanyaan yang sama. Anda dapat membuat beberapa pesan yang kemungkinan besar akan menjadi pertanyaan konsumen. Jika terdapat pesan masuk, Anda dapat mengetik simbol garis miring “/” maka akan muncul quick replies yang sudah dibuat sebelumnya.

Baca juga : Yuk Manfaatkan Aplikasi Whatsapp untuk Optimalkan Bisnis Agen Travel Anda

3. Customer Care Setiap Saat

Customer Care Setiap Saat - Fitur Whatsapp Business untuk Kembangkan Bisnis Agen Travel

Pada WhatsApp Business, Anda dapat memiliki customer care setiap saat dengan bantuan fitur yang merespons cepat dalam menjawab berbagai pertanyaan konsumen. Ketika aplikasi WhatsApp Messenger dapat menyembunyikan informasi setelah pesan dibaca. WhatsApp Business memiliki kelebihan dengan dapat menampilkan jumlah statistik pesan terkirim dan pesan masuk.

Keberadaan fitur tersebut dapat membantu para pebisnis untuk mengetahui pesan yang efektif. Pengelompokan pesan juga akan membantu Anda untuk mempermudah berkomunikasi dengan para konsumen karena mampu menampilkan prospek, pesan baru, menunggu bayaran, terbayar, dan pesan selesai.

Berbagai macam fitur pada WhatsApp Business tersebut dapat Anda maksimalkan dengan menampilkan produk yang mumpuni. Bagi Anda yang bergerak di bidang agen travel atau tertarik terkait usaha ini, sangat disarankan untuk bekerjasama dengan via.com. Via akan memberikan ribuan informasi terkait paket wisata, jadwal penerbangan lokal hingga internasional, tiket kereta maupun bus serta pemesanan hotel sesuai budget konsumen.

Anda dapat melakukan permintaan paket wisata dengan tidak harus terpaku pada yang ada. Seluruh informasi tersebut dapat Anda peroleh dengan mengakses id.via.com. Selain dimudahkan dalam membuat penawaran kepada konsumen, Anda juga akan mendapatkan pemasukan tersendiri setiap melakukan transaksi di via.com. Yuk daftarkan diri Anda segera sebagai agen travel terpercaya hanya di id.via.com.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password