10 Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton!

Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa

Ohayo.co.id – Film Green Book baru saja memenangkan piala Oscar untuk kategori Film Terbaik di ajang Academy Awards ke-91. Film biografi bergenre drama komedi ini dibintangi oleh Viggo Mortensen dan Mahershala Ali. Film ini bercerita tentang seorang pria kulit putih yang menjadi supir pianis jazz Afrika-Amerika, Don Shirley Jr, saat menjalani turnya di Selatan Amerika pada tahun 1960-an. Menjadi film pemenang Oscar untuk Best Picture tidak diragukan lagi merupakan penghargaan tertinggi yang dapat dimenangkan oleh sebuah film. Menilik ke belakang, berikut ini film peraih Oscar terbaik sepanjang masa pendahulu Green Book yang juga wajib kamu tonton.

Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa

1. The Godfather (1972)

Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa

Film peraih Oscar terbaik yang pertama adalah The Godfather. Film ini berhasil memenangkan tiga Oscar pada tahun 1972, yaitu Film Terbaik, Aktor Terbaik (Marlon Brando) dan kategori Skenario Adaptasi Terbaik. Film ini dibintangi oleh Marlon Brando dan Al Pacino sebagai pemimpin keluarga kriminal di New York. The Godfather dianggap sebagai salah satu film terbesar di dunia perfilman juga film yang paling berpengaruh, terutama untuk film jenis Gangster.

2. The Silence of the Lambs (1991)

Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa

Film thriller horor yang dirilis tahun 1991 ini memenangkan “Lima Besar” Academy Awards: Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Jonathan Demme), Aktor Terbaik (Anthony Hopkins), Aktris Terbaik (Jodie Foster), dan Skenario Adaptasi Terbaik. Film ini film ketiga dalam sejarah yang mendapatkan lima penghargaan tersebut sekaligus.

The Silence of the Lambs bercerita tentang Clarice Starling, seorang agen yang magang di FBI, yang mendapat tugas untuk menyelidiki kasus pembunuh berantai “Bufallo Bill”, yang juga menguliti mayat korban wanitanya. Starling diminta untuk mewawancarai seorang psikopat berbahaya bernama Dr. Hannibal Lecter untuk menggali informasi mengenai Bufallo Bill.

3. Unforgiven (1992)

Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa

Film ini memenangkan 4 Academy Awards: Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Clint Eastwood), Aktor Pendukung Terbaik (Gene Hackman), dan Penyuntingan Film Terbaik. Unforgiven adalah film Western ketiga yang memenangkan Oscar untuk Film Terbaik. Salah satu film peraih Oscar terbaik ini mengisahkan William Munny (Clint Eastwood), seorang pensiunan gunslinger yang mengambil satu pekerjaan lagi bertahun-tahun setelah ia beralih menjadi petani.

Baca juga : Rekomendasi Film Terbaik di Awal 2019 yang Bisa Bikin Kamu Terpaku

4. Schindler’s List (1993)

Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa

Film drama sejarah ini merupakan penerima tujuh piala Oscar (dari 12 nominasi) termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Steven Spielberg), Skenario Adaptasi Terbaik, dan Musik Orisinil Terbaik. Film ini sering masuk dalam daftar film terbaik yang pernah dibuat. Film ini menceritakan riwayat Oskar Schindler (Liam Neeson) yang merupakan seorang pengusaha Katolik Jerman. Ia berperan dalam menyelamatkan lebih dari seribu nyawa orang Yahudi Polandia pada zaman Holocaust. Judul film ini merujuk kepada daftar nama 1.100 orang Yahudi yang dipekerjakan Schindler di pabriknya sehingga tidak dikirimkan ke kamp-kamp konsentrasi.

5. Forrest Gump (1994)

Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa

Film rilisan tahun 1994 ini dinominasikan untuk 13 Oscar dan memenangkan 6 piala Oscar, yaitu Film Terbaik, Aktor Terbaik (Tom Hanks), Sutradara Terbaik, Efek Visual Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik dan Penyuntingan Film Terbaik. Film Oscar ini mengisahkan beberapa dekade dalam kehidupan Forrest Gump, seorang pria yang lamban namun baik hati dari Alabama yang menyaksikan dan tanpa sadar mempengaruhi beberapa peristiwa bersejarah di Amerika Serikat pada abad ke-20.

6. Titanic (1997)

Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa

Para kritikus memuji film Oscar rilisan 1997 ini untuk special effect-nya dan akting dari aktor utamanya Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet. Film ini dinominasikan untuk 14 Academy Awards, dan memenangkan 11, termasuk penghargaan untuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik (James Cameron). Film peraih Oscar terbaik ini juga merupakan salah satu film terlaris, dengan penghasilan lebih dari USD 2 miliar di seluruh dunia.

Baca juga : 15 Film Romantis Barat Terbaik untuk Temani Hari Valentine-mu

7. Gladiator (2000)

Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa

Film ini memenangkan beberapa penghargaan, termasuk 5 piala Oscar di Academy Awards ke-73, yaitu Film Terbaik, Aktor Terbaik (Russell Crowe), Desain Kostum Terbaik, Tata Suara Terbaik, dan Efek Visual Terbaik. Film Gladiator menceritakan kisah seorang mantan Jenderal Romawi yang ingin membalas dendam terhadap Kaisar Romawi yang telah membunuh keluarganya dan mengirim dirinya menjadi budak.

8. The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)

Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa

Film yang merupakan film terakhir dari trilogi “Lord of the Rings” ini adalah film fantasi pertama yang memenangkan Best Picture. Film ini mendapat 11 nominasi Academy Awards dan memenangkan semuanya. Film Oscar ini mengikuti kisah hobbit Frodo Baggins (Elijah Wood) saat dia melakukan perjalanan untuk menghancukan One Ring, dan juga menghancurkan pembuatnya yaitu Dark Lord Sauron.

9. The Departed (2006)

Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa

Film drama kriminal thriller ini dibintangi oleh banyak aktor ternama seperti Leonardo DiCaprio, Matt Damon, Mark Wahlberg, Jack Nicholson, Martin Sheen, dan Alec Baldwin. Film ini juga mendapatkan review positif dari para kritikus. Film ini memenangkan 4 piala Oscar di Academy Awards ke-79, yaitu kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik dan Penyuntingan Film Terbaik.

10. 12 Years a Slave (2013)

Film Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Masa

12 Years a Slave adalah film drama sejarah rilisan tahun 2013 dan sebuah adaptasi dari memoar tahun 1853 berjudul Twelve Years a Slave oleh Solomon Northup, seorang pria Afrika-Amerika kelahiran Amerika yang diculik di Washington, DC oleh dua orang penipu pada tahun 1841 dan dijual sebagai budak. Mendapat banyak pujian dari kritikus, 12 Years a Slave telah menerima banyak penghargaan dan nominasi. Film ini memenangkan 3 Academy Awards, yaitu untuk kategori Film Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik (Lupita Nyong’o), dan Skenario Adaptasi Terbaik.

Itulah tadi beberapa film peraih Oscar terbaik sepanjang masa yang bisa jadi referensi untuk kamu tonton. Film-film berkualitas di atas merupakan film Oscar terbaik yang kisah di dalamnya tidak akan termakan zaman. Semoga informasi ini bermanfaat!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password