Festival Tahunan di Amerika, Mardi Gras : Dari Mabuk Hingga Bugil!

Festival Tahunan Mardi Gras

Ohayo.co.id – Mardi Gras merupakan festival tahunan yang diadakan di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat. Festival ini biasanya diadakan antara bulan Februari dan Maret. Tapi festival ini dikhususkan untuk kalangan dewasa, karena di festival ini para penontonnya akan mabuk berat sampai bugil di depan umum.

Mardi Gras sebenarnya digelar juga di kota-kota lain selain New Orleans. Tapi di kota kelahiran musik jazz inilah festival Mardi Gras selalu paling populer dan paling meriah. Hal ini dikarenakan tak hanya menyuguhkan parade dan karnaval saja, Mardi Gras yang diadakan di New Orleans ini juga memberikan nuansa unik yakni penontonnya yang mabuk berat hingga bugil.

Tahun ini, festival Mardi Gras akan dilaksanakan pada Selasa, 28 Februari 2017. Tapi di sana sudah terasa kemeriahannya karena pekan ini berbagai parade dan karnaval telah dimulai. Sehingga tak heran jika ada beberapa jalan di New Orleans yang ditutup agar bisa dilewati oleh para peserta parade.

Parade Mardi Gras
Parade Mardi Gras yang seru (Credit: detikTravel)

Parade ini berlangsung dari jam 2 sore waktu setempat hingga menjelang malam. Peserta parade yang jumlahnya sampai ribuan saling unjuk kebolehan saat melenggang di sepanjang jalan. Berbagai beads (kalung manik-manik bulat berwarna-warni) juga dilemparkan oleh peserta parade kepada masyarakat yang menyaksikan dari pinggir jalan.

Setelah selesainya parade, masyarakat yang menyaksikan pun akan menuju wilayah French Quarter untuk lanjut berpesta hingga dini hari. French Quarter tak hanya dipenuhi masyarakat yang berpesta, tapi juga ada banyak polisi yang berjaga-jaga jika ada hal-hal yang tak diinginkan di tempat tersebut.

Pesta ini biasanya berpusat di Bourbon Street. Di sepanjang jalan ini ada deretan bar dan klub yang juga dikhususkan untuk orang dewasa. Saat festival Mardi Gras dirayakan, kebanyakan bar dan klub tersebut buka sampai pagi, bahkan ada yang buka 24 jam. Itulah sebabnya Bourbon Street banyak dipilih sebagai tempat berpesta.

Parade Mardi Gras
Peserta parade yang menghibur penonton di sepanjang jalan (Credit : detikTravel)

Di Bourbon Street ini, juga ada tradisi lempar beads. Tapi tradisi ini sedikit berbeda dengan yang dilakukan saat parade siang. Melempar beads di sini bisa mendapatkan balasan dari yang menerima beads. Misalnya, jika penerimanya adalah wanita, maka wanita itu biasanya akan mengangkat kaosnya. Tontonan seperti ini ternyata sudah biasa ditemukan saat perayaan festival Mardi Gras di Bourbon Street.

Hal ini tentunya juga tak lazim ditemukan di Amerika Serikat sekalipun. Tapi menurut warga lokal di sana, melihat orang-orang yang bugil di Bourbon Street ternyata sudah merupakan hal yang biasa.

 

2 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password