Wajib Tahu, Ini Alasan Utama Fans K-Pop Menolak Berita Dating Idola

Pada awal tahun 2020 ini, jagad K-Pop dihebohkan dengan berita dating dari pentolan boyband legendaris Korea, yakni Heechul SUJU. Meski telah diterpa rumor kencan sejak pertengahan tahun 2019, kabar dating Heechul SUJU dengan Momo TWICE baru dikonfirmasi di permulaan tahun. Keduanya memang selalu terlihat akrab, baik di depan maupun belakang layar. Tidak sedikit fans yang menyangka bahwa kapal sejuta umat ini benar-benar menjalin hubungan asmara. Sebab, pada beberapa kesempatan, Heechul memang telah menampakkan cintanya pada Momo, walau lewat gurauan. Salah satunya pada setiap reality show yang mempertemukan keduanya.

Tahun 2020 ini tampaknya menjadi tahun yang super mendebarkan. Setelah Changmin TVXQ dan Heechul SUJU mengonfirmasi hubungan asmaranya, publik kembali dihebohkan dengan rencana pernikahan dari Chen EXO. Main vocal EXO ini memberikan kejutan menarik di awal tahun ini dengan menulis surat kepada fans mengenai hubungannya bersama seorang perempuan yang diduga dari kalangan non selebriti. Sontak, EXO-L menyambutnya dengan berbagai reaksi. Banyak yang kemudian berada pada sisi kontra dan menganggap Chen telah menodai citra EXO. Apalagi, dalam surat unggahannya, Chen mengabarkan bahwa ia dan calon istrinya tengah mengharapkan bayi. Entah apa yang dimaksudkan oleh Chen, baik Chen maupun SM Entertainment selaku agensi tidak memberikan keterangan lebih lanjut selain konfirmasi atas rencana pernikahan Chen EXO.

Ketika berita dating atau pernikahan dirilis, tidak sedikit fans yang kemudian mengalami patah hati. Mereka langsung menyerbu akun media sosial idolanya dan wanita atau pria yang disebut-sebut sebagai kekasih dari sang idola. Entah datang dengan dukungan atau cacian, rata-rata fans K-Pop –tidak dapat ditampik- identik dengan serangan yang brutal terhadap berita dating idolanya.

Meski tidak dapat dipukul rata, namun rata-rata mereka melakukan hal itu bukan tanpa alasan. Sebagai penggemar yang selalu memberikan dukungan, terutama dalam hal materi dengan membeli album idolanya (yang tidak murah itu), tentu kelakuan mereka yang brutal ini tidak bisa selamanya dicap keterlaluan. Namun, apabila sudah melakukan serangan hingga menyinggung kekasih sang idola, tentu perlu adanya penanganan khusus.

Sebelum mendakwa para fans k-pop, yuk selami alasan mengapa banyak fans k-pop yang menolak berita dating idolanya. Ulasan ini mungkin tak sepenuhnya benar, karena hanya dianalisis dari berbagai tanggapan atas rumor dating idola yang beredar di jagad maya.

 

Fans K-Pop dikenal sebagai fans terloyal. Mereka akan memperjuangkan mati-matian sang idola, walau kesempatan untuk bertemu sangatlah kecil

Keberadaan fans cukup penting bagi karier sang idola (Foto: wowkeren.com)

Jangan kira para fans k-pop tidak jengah dengan kelakuan orang lain yang sering mempermainkan idolanya, terutama bagi mereka yang kerap menjelek-jelekkan fisik sang idola. Mereka rupanya selalu memantau kelakuan para haters dan orang-orang yang berusaha menjatuhkan idolanya. Pemberitaan atas kencan atau dating memang akan berdampak pada karier idol. Terlebih, apabila sang idola memang terikat kontrak dan aturan larangan berpacaran dari agensinya. Setiap agensi memiliki kebijakan tersendiri untuk hal ini.

Banyak berita dating yang memang akan membuat sang idola merasa tidak bersemangat bahkan menangis. Apalagi jika berita tersebut dikonfirmasi oleh sang idola atau artis, mereka pasti merasa bersalah telah mengkhianati kepercayaan fans. Terutama yang mengeluarkan uang tidak sedikit untuk mendukung karier sang idola. Hal ini lah yang membuat fans banyak berpikir bahwa berita kencan dibuat untuk menjatuhkan nama idolanya.

Tidak heran banyak idola yang kemudian meminta maaf pada fans dan merilis kabar putus dengan sang kekasih selang beberapa bulan sejak berita kencan diluncurkan. Bahkan, beberapa idola memutuskan untuk hiatus sementara dari media sosial sebagai bentuk perasaan bersalahnya karena telah menodai kepercayaan fans. Kalau sudah demikian, biasanya fans menjadi lebih tenang walau banyak juga yang menduga ini sebagai bagian dari upaya menghargai dan menyenangkan fans saja.

 

Diperlukan biaya yang tidak sedikit dalam mendukung langkah karier sang idola. Pacaran dianggap sebagai penghambat karier dan bila itu dilakukan, semua dukungan fans terasa sia-sia.

Tidak semua fans beruntung dalam mengoleksi merch idola (Foto: Goyangi Korea & K-Pop Store)

Hal ini terutama dilakukan oleh para fans dari idola yang belum lama debut atau dapat dibilang masih baru dalam jagad per-kpop-an. Berbeda halnya dengan fans yang menginginkan idolnya segera memiliki pasangan karena sudah berumur — seperti ELF (fans Super Junior) –, saat idola baru saja memulai karier, mereka memerlukan dukungan yang besar dan memang memakan biaya yang tidak sedikit dari para fans.

Bayangkan, untuk 1 unit album berada di kisaran angka ratusan ribu. Belum termasuk merchandise atau berbagai piranti lain yang bisa mewakili cintanya pada sang idola, terutama baju untuk idola yang minimal berharga jutaan. Bahkan, untuk streaming music video dari comeback-nya para idola, para fans harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli paket internet.

Semuanya jelas akan terasa sia-sia apabila sang idola malah enak-enakan pacaran. Selama ini memang, pacaran dan pernikahan diidentikkan dengan kegiatan yang bisa mengganggu ritme kerja para selebriti korea. Tidak heran, mereka memutuskan untuk melajang dalam waktu yang cukup lama. Selain menghormati keberadaan fans yang cukup posesif, mereka juga tidak ingin menghambat karier mereka sendiri. Namun belakangan, fans menjadi lebih legowo karena menganggap idolanya sudah cukup umur untuk memulai hubungan yang lebih serius.

 

Fans garis keras umumnya telah memiliki persepsi lebih tentang siapa yang berhak mendampingi idolanya. Setelah memberikan banyak hal, mereka merasa wajar untuk memperlakukan idolanya sesuai apa yang mereka bayangkan. Termasuk, memasang-masangkan sang idola dengan orang yang bagi mereka sesuai.

Sejumlah fans melakukan demo untuk meminta Chen segera keluar dari EXO (Foto: Wow!Korea)

Di dunia k-pop, hal semacam ini dianggap wajar, apalagi bagi para fans garis keras. Mereka bahkan memiliki ‘kapal’ atau ‘couple’ idaman, yang benar-benar mereka inginkan untuk segera terealisasi. Meski pada kenyataannya, hal itu lebih banyak bercampur delusi, mereka menganggap bahwa semua hal bisa saja terjadi.

Kabar dating idolanya dengan perempuan atau lelaki yang menurut mereka tidak pantas disandingkan dengan sang idola tentu akan membuat mereka berang dan patah hati. Layaknya orang kebanyakan yang bisa merasa sakit hati ketika realita dan ekspektasi tidak berada di jalur yang sama, mereka pun akan merasa kecewa. Satu-satunya yang bisa menjadi pelampiasan adalah akun sosial media sang idola dan orang yang dikabarkan berkencan dengan sang idola. Tidak heran, bila hampir selalu bisa ditemukan kalimat kekecewaan dari fans yang bersarang di kolom komentar idolanya saat berita kencan dirilis.

Nah, setelah membaca ulasan di atas, kamu bisa menjadi lebih memahami para fans K-Pop, bukan? Dunia hiburan memang kejam. Ia tak segan-segan membentuk karakter idola menjadi pribadi yang dingin namun menyimpan hati yang rapuh. Satu-satunya yang mampu menopang kekuatannya adalah para penggemar.  Tidak heran apabila banyak idola benar-benar menjaga perasaan fansnya dengan melajang sekian lama. Sekali lagi, sebagai fans yang memahami posisi idolamu, kamu tidak perlu mengutuki mereka ya. Cukup lakukan apa yang bisa kamu lakukan demi kebaikan idola. Memberi mereka dukungan terbaik untuk memutuskan suatu hal yang cukup adil, bisa kamu tempuh demi melihat idolamu lebih bersinar.

Nah, dari banyak kabar kencan yang beredar, manakah yang membuatmu merasa patah hati? Apakah kamu cukup legowo setelah idolamu memberikan keterangan secara langsung dan meminta “izin” padamu untuk memulai kehidupan baru?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password