Menguak Fakta Sleeper Bus Asia Tenggara Agar Kamu Senantiasa Waspada!

Menguak Fakta Sleeper Bus Asia Tenggara Agar Kamu Senantiasa Waspada! - ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Apakah kamu pecinta travelling? Jika iya, sudah barang pasti kalau kamu tahu tentang Sleeper Bus. Pasalnya bus ini memiliki fasilitas layaknya kelas eksekutif pesawat atau kereta. Sepertinya namanya, Sleeper Bus dirancang untuk para traveler yang menginginkan liburan dengan biaya murah.

Setiap penumpang akan diberikan fasilitas tempat tidur lengkap dengan selimut dan bantal sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir akan rasa lelah. Sleeper Bus ini tidak hanya beroperasi di Indonesia melainkan telah mencapai Asia Tenggara sehingga memungkinkan kamu travelling keliling Asia Tenggara dengan bus. Tetapi, ada beberapa hal yang membuat para pengguna Sleeper Bus untuk senantiasa waspada saat berada di dalam bus ini, apa saja? Simak ulasan berikut ini!

Menguak Fakta Sleeper Bus Asia Tenggara Agar Kamu Senantiasa Waspada!

1. Keamanan Kendaraan 

Keamanan Baran - Menguak Fakta Sleeper Bus Asia Tenggara Agar Kamu Senantiasa Waspada! - ohayo.co.idg

Sleeper Bus dirancang dengan bentuk ruang yang lebih kompleks yang membuat akses atau mobilitas dalam menjadi lebih sulit. Dalam keadaan darurat, bis ini menjadi tidak aman karena penumpang akan sulit keluar dari dalam bis. Hal ini pernah terjadi di Cina, yang mana pemerintah memutuskan untuk tidak mengoperasikan Sleeper Bus karena sempat terjadi kecelakaan Sleeper Bus yang menewaskan banyak penumpang.

Hal ini terjadi karena lebar gangway sangat sempit hanya sekitar 50 cm. Angka tersebut diperoleh dari lebar maksimal 2,5 m yang dikurangi dua jumlah tempat tidur masing-masing memiliki lebar 1 m. Saat kondisi darurat, kepanikan akan semakin bertambah sebab penumpang yang berada di tempat tidur bagian atas harus segera turun.

Baca juga : Waspada Saat Travelling! 4 Kota di Asia Tenggara ini Rawan Copet

2. Keamanan Barang

Keamanan Kendaraan - Menguak Fakta Sleeper Bus Asia Tenggara Agar Kamu Senantiasa Waspada! - ohayo.co.id

Kamu juga perlu waspada akan keamanan barang-barang yang dibawa saat berada dalam Sleeper Bus. Pasalnya jika kamu terlalu nyenyak tidur dalam bis dan tidak menaruh barang-barang di tempat aman maka oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab mudah untuk mengambilnya.

Pastikan sebelum merebahkan badan di posisi tidur kamu telah menaruh barang di tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau orang lain. Kamu bisa menaruhnya di ujung tempat tidur yang terhalang dengan badan kamu agar orang lain tidak mudah menjangkaunya. Tidak ada salahnya juga untuk selalu menaruh barang elektronik dan dompet di dalam tas atau kantong sebab barang elektronik dan dompet sangat rawan hilang.

3. Kenyamanan

Kenyamanan - Menguak Fakta Sleeper Bus Asia Tenggara Agar Kamu Senantiasa Waspada! - ohayo.co.id

Meskipun Sleeper Bus menawarkan kenyamanan yang lebih dibandingkan bis konvensional, tetapi tidak sepenuhnya penumpang bisa merasa nyaman. Penumpang memang bisa duduk dan berposisi tidur tetapi faktanya tidak benar-benar merasa nyaman. Kondisi jalan raya yang kurang bagus menimbulkan goncangan yang tidak nyaman.

Selain itu, bis ini juga terdiri dari tempat duduk bawah dan atas yang bisa menimbulkan bau tidak sedap seperti bau kaos kaki, keringat, dan sebagainya. Ditambah kondisi jalanan yang macet semakin membuat kenyamanan penumpang berkurang dan juga memungkinkan sampai di tempat tujuan dengan waktu yang lebih lama.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu mempertimbangkan apabila ingin menggunakan jasa Sleeper Bus. Tak hanya perlu senantiasa waspada, kamu pun harus merancang liburan bersama agen travel terpercaya agar bisa menikmati liburanmu.

Baca juga : Wah! Ini Dia 4 Tips Liburan Hemat Keliling Asia Tenggara

Via Indonesia telah dipercaya selama bertahun-tahun sebagai partner perjalanan yang murah, terpercaya, serta memiliki ragam pilihan akomodasi liburan, seperti tiket pesawat, kereta api, bus, hotel, hingga paket wisata. Sudah saatnya kamu mengambil jeda untuk berlibur, dan siapa lagi yang mampu menawarkan harga terendah untuk liburan super berkesan, kalau bukan via.id. Install aplikasi Via Indonesia di ponselmu dan peroleh potongan harga IDR 25k untuk tiket penerbangan pertama yang kamu pesan. Menarik, bukan?

Sumber gambar : strippedpixel, adventuresofagoodman, pinterest

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password