Di Balik Pemilu 2019, Ini Fakta Menarik dari Caleg Tina Toon

Di Balik Pemilu 2019, Ini Fakta Menarik dari Caleg Tina Toon - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Kodrat wanita menjadi seorang ibu, seorang yang lemah, duduk di rumah dan mengurus anak. Persepsi semacam itu sudah semakin memudar di zaman milenial ini. Kini saatnya perempuan bergerak maju dan berdaya. Pemerintah pun sangat mendukung adanya emansipasi wanita. Bukti nyata yang dilakukan pemerintah adalah UU No.2 Tahun 2008 yang mengamanahkan keterlibatan perempuan dalam parpol minimal 30%.Dalam pemilu 2019 pun terdapat aturan tentang kewajiban kuota 30 persen terisi oleh caleg perempuan pada setiap parpol. Alhasil, setiap parpol mengajukan lebih dari 30 persen caleg perempuan pada pemilu 2019. Sebagai salah satu perempuan, Tina Toon terpanggil untuk mengambil bagian sebagai caleg perempuan pemilu 2019. Sebagai salah satu caleg perempuan, tentunya Tina Toon memiliki suka duka tersendiri. Berikut merupakan fakta-fakta yang dialami caleg Tina Toon.

1. Tina Toon sempat tidak direstui menjadi caleg oleh keluarga

Tina Toon sempat tidak direstui menjadi caleg oleh keluarga - Di Balik Pemilu 2019, Ini Fakta Menarik dari Caleg Tina Toon - Ohyayo.co.id
Tina bersama keluarga besarnya (sumber: instagram @tinatoon101)

Diakui oleh pemilik nama asli Agustina Hermanto sendiri, perjalanannya sebagai caleg tidaklah mudah. Ia sempat tidak mendapatkan restu dari keluarga. Orangtua dan kerabat Tina rupanya khawatir Tina belum benar-benar siap. Selain masih muda, Tina juga menerima berbagai komentar negatif dari publik terutama di media sosial.

“Kalau keluarga otomatis ada pro kontra, awalnya keluarga besar ada yang ‘aduh kamu beneran masuk politik’, ‘perempuan masih muda’. Kekhawatirannya lebih pada ‘Kamu siap enggak?’”, ujar Tina Toon di kawasan Mampang, Jakarta Selatan seperti dilansir dari Okezone.

Meski begitu, setelah melihat keteguhan dan tujuan baik Tina, keluarganya akhirnya mendukung penuh.

 2. Mewakili anak muda dan perempuan, Tina Toon mencalonkan diri sebagai anggota DPRD DKI Jakarta lewat PDIP

Mewakili anak muda dan perempuan - Di Balik Pemilu 2019, Ini Fakta Menarik dari Caleg Tina Toon - Ohyayo.co.id
Tina bersama anggota PDIP (Sumber: Instagram @tinatoon101)

Terdapat banyak sekali partai politik di Indonesia. Dari berbagai parpol itu, Tina memilih PDIP sebagai parpol pendukungnya di pemilu 2019. Alasan dipilihnya partai ini karena konsisten dengan ideologi Pancasila dan UUD 1945. Seperti yang dilansir oleh wartakota (8/8/18), Tina menjelaskan “Alasan aku pilih PDIP, karena partai ini konsisten dengan ideologi Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar negara kita”. Sebelumnya, Tina juga sudah belajar politik melalui organisasi sayap partai Banteng Muda Indonesia (BMI).

Selain itu PDIP mau merealisasikan visi-misinya menjadi anak muda yang membawa perubahan. Tina ingin menginspirasi kaum muda untuk peduli terhadap politik. Sebagai kader wanita, Tina juga ingin memperjuangkan hak-hak kaum wanita yang selama ini masih ia rasa kurang diperhatikan.

3. Visi-Misi Tina Toon mewujudkan Jakarta aman, nyaman dan sejahtera

Visi-Misi Tina Toon - Di Balik Pemilu 2019, Ini Fakta Menarik dari Caleg Tina Toon - Ohyayo.co.id
Visi dan Misi Tina Toon (Sumber: Twitter @tinatoonlima)

Sebagai generasi milenial yang terjun di dunia politik, tentunya penyanyi bolo-bolo ini memiliki banyak persiapan menghadapi pemilu 2019. Buah pemikiran dan keinginannya tertuang dalam pernyataan visi-misi dimana ia ingin mewujudkan Jakara yang aman, nyaman dan sejahtera. Dalam misinya, ia memprioritaskan perempuan, anak-anak, golongan difabel, UMKM, dan wong cilik.

4. Sebagai pemuda yang tergolong masih idealis, Tina diremehkan saat terjun ke dunia politik

Tina diremehkan saat terjun ke dunia politik - Di Balik Pemilu 2019, Ini Fakta Menarik dari Caleg Tina Toon - Ohyayo.co.id
Tina Toon seorang perempuan muda yang aktif (Sumber: Instagram @tinatoon101)

Selain mendapat kecaman dan komentar negatif dari publik, Tina juga menyadari bahwa ia masih muda dan berasal dari kalangan artis yang notabene diremehkan oleh publik saat terjun ke dunia politik. Meski begitu, Tina akan terus belajar dan berjanji bakal bisa membuktikan kinerjanya jika terpilih.

5. Jika terpilih, tidak ingin dipanggil “Ibu” dan vakum di dunia hiburan

Tina tidak ingin dipanggil Ibu - Di Balik Pemilu 2019, Ini Fakta Menarik dari Caleg Tina Toon - Ohyayo.co.id
Tina bersama Ibu Megawati, Tina tidak ingin dipanggil Ibu (Sumber: Instagram @tinatoon101)

Mantan penyanyi cilik Tina bersikukuh tidak ingin dipanggil “ibu” ketika terpilih dalam pemilu 2019. “Kalau acara formal nggak apa-apa dipanggil ‘ibu’. Tapi diluar itu gue nggak mau dipanggil ‘ibu’. Biasa aja panggilnya. Tina aja biar enak,” ucap Tina.

Tina juga menegaskan, jika ia terpilih dalam pemilu 2019, ia juga akan vakum dalam dunia hiburan. “Kan kita kerja dibayar sama rakyat, masa mau nyari side job lagi. Apalagi masih muda, masih banyak penyesuaian. Aku kan juga baru, jadi harus fokus,” ucap Tina.

6. Meski kesal spanduknya dirobek, Tina Toon memaafkan pelaku

Spanduk Tina Toon dirobek - Di Balik Pemilu 2019, Ini Fakta Menarik dari Caleg Tina Toon - Ohyayo.co.id
Spanduk Tina Toon dirobek (Sumber: Instagram @tinatoon101)

Spanduk Tina bertuliskan selamat natal 2018 yang ditempakan di daerah Gading Kusuma sempat robek. Spanduk itu diduga dirobek oleh pelaku tak bertanggung jawab. Namun, Tina tetap memaafkan jika memang ada pelaku yang sengaja merobek spanduknya. Tina mengatakan “Akhirnya benar ada sobekan karena enggak masuk akal atau ketiup angin. Sebetulnya aku pribadi sudah memaafkan dan timku yang capek-capek masangin juga aku info enggak apa-apa”.

7. Memakai busana merah disetiap kesempatan

Tina Toon memakai busana merah disetiap kesempatan - Di Balik Pemilu 2019, Ini Fakta Menarik dari Caleg Tina Toon - Ohyayo.co.id
A. Tina di acara GIG di Semarang. B. Tina pada acara upacara kemerdekaan (Sumber: Instagram @tinatoon101)

Sesuai dengan parpol pengusung namanya yang identik dengan warna merah, Tina mulai memakai busana berwarna merah di setiap kesempatan. Salah satunya ketika Tina menghadiri acara GIG di Semarang. Ia mengenakan dress berwarna merah.  Ketika mengikuti upacara kemerdekaan tahun lalu, ia juga memilih mengenakan kebaya warna merah. Dengan mengenakan busana merah, aura kecantikan Tina Toon tetap terpancar.

Seperti itu fakta yang terjadi pada caleg perempuan muda Tina Toon pada pemilu 2019 ini. Bagaimana, apakah kamu juga tertarik terjun di dunia politik?

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password