Diet Kantong Plastik, Seberapa Penting sih?

Diet Kantong Plastik, Seberapa Penting sih - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Plastik kini menjadi kebutuhan sehari-hari yang sering kita gunakan. Namun, seperti yang kita ketahui, plastik harus dihindari karena merusak lingkungan.

Berdasarkan data Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),  Pengguna kantong plastik di Indonesia, lebih dari 1 juta permenitnya. Ini berarti, setiap tahunnya produksi kantong plastik menghabiskan sekitar 8% produksi minyak dunia atau 12 juta barrel minyak dan 14 juta pohon.

Bayangkan jika kita terus menggunakan kantong plastik, maka bukan tidak mungkin lingkungan kita akan terlihat seperti lautan sampah. Pemerintah dan berbagai pemerhati lingkungan sudah terlalu sering untuk mengkampanyekan mengurangi penggunaan kantong plastik, seperti misalnya Gerakan diet kantong plastik.

Kumpul nasional untuk mengurangi penggunaan kantong plastik

Gerakan Diet Kantong Plastik adalah perkumpulan nasional yang memiliki misi untuk mengajak masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan kantong plastik. Mengapa kita perlu melakukan diet kantong plastik? Seberapa penting sih? Jawabannya adalah sangat penting!

  • Sampah plastik umumnya sulit terurai, dan berbagai jenis kantong plastik membutuhkan waktu puluhan tahun lamanya untuk terurai. Begitupun dengan botol plastik dan sterofoam yang membutuhkan waktu lebih lama lagi hingga 500 tahun lamanya untuk bisa hancur sempurna.
  • Selain sulit terurai, kantong plastik ini bisa mengganggu kesehatan manusia jika kita membakar kantong plastik atau menggunakannya sebagai wadah makanan. Kantong plastik juga dapat memicu perubahan iklim karena proses produksi, konsumsi hingga pembuangannya menghasilkan emisi karbon yang tinggi dan akan menimbulkan perubahan iklim karena kondisi bumi yang semakin panas.
  • Ekosistem akan rusak jika kantong plastik dibuang sembarangan dan dimakan oleh hewan di sungai sataupun laut. Banjir, longsor dan bencana lainpun akan memungkinkan. Minyak bumi yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan yang lebih penting, kita malah gunakan untuk kantong plastik.

Baca juga : 4 Alasan untuk Mengucap Selamat Tinggal Kantong Plastik

Begitu mengerikan dampak penggunan kantong plastik, tapi anehnya pengguna kantong plastik ini terus meningkat meskipun sudah mengetahui bahaya kantong plastik. Mungkin karena kita terlalu sering menyepelekan isu kantong plastik dengan berpikir bahwa “it’s ok cuman sekali ini”; tapi kalau dipikir lagi, coba kalikan 100.000 orang saja yang berpikir seperti itu setiap harinya, maka setiap hari kantong plastik yang diproduksi sekitar 100.000 buah.

Coba kalikan 100.000 buah plastik dengan 2 miliar manusia bumi. Berapa banyak sampah yang dihasilkan dalam setahun?

Mainan plastik memunculkan sampah - Diet Kantong Plastik, Seberapa Penting sih? - Ohayo.co.id
Yuk kurangi penggunaan plastik, supaya hidup lebih bahagia. (Foto: Max Pixel)

Kita seharusnya lebih bijak untuk menggunakan kantong plastik. Kaya’nya lebih baik bila kita menggunakan tas ramah lingkungan dan menggunakan kemasan yang bisa dipakai berulang kali. Mungkin, sering kali kita terlalu malas untuk membawanya, tapi ingatlah bahwa hal yang terlihat sepele seperti inilah yang akan memberikan dampak pada lingkungan kita di masa depan.

Sebegitu besarkah bahaya menggunakan kantong plastik? Apa kita nggak bisa mendaur ulang sampah plastik aja? Sebenarnya memang sudah ada teknologi untuk memanaskan plastik agar menjadi solar.

Tapi, di Indonesia sendiri daur ulang tersebut hanya bisa dilakukan skala kecil dengan teknologi sederhana; diluar itu belum ada usaha masif untuk menanggulangi sampah plastik yang menumpuk sampai jadi gunung.  Coba kalian tengok sebentar saja ke tempat pembuangan akhir (TPA), sampah kini sudah menggunung dan sebagian besar sampah tersebut berasal dari sampah rumah tangga. Yakin bisa mendaur ulang sampah sebanyak itu?

Baca juga : Pegiat Go Green? Yuk Ganti Sabun Anda Dengan Lerak!

Di negara-negara lain, penggunaan kantong plastik ini bahkan sudah dilarang karena bahaya yang begitu mengancam. Di Indonesia, penerapan kantong plastik berbayar sendiri sudah dilakukan tapi kita bisa lihat sendiri hasilnya seperti apa, apakah sudah efektif? Mungkin kita kita bisa menilainya sendiri.

Belum terlambat untuk kita lebih mencintai lingkungan. Berbayar ataupun tidak, penggunaan kantong plastik bening tetap berbahaya. Kita sudah tahu pentingnya mengurangi kantong plastik, selanjutnya kita hanya pelu aksi nyata melakukan diet kantong plastik ini.

Yuk diet kantong plastik,  Kurangi kantong plastik untuk kebaikan lingkungan!

(Ohayo.co.id – Kultur)
Penulis: Herke Regitadika
Editor: M. Hadid

 Diet penggunaan plastik penting untuk menjaga kelangsungan lingkungan hidup kita.  

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password