Wisata Religi ke Manado, Wajib Kunjungi Destinasi Bukit Kasih!

Wisata Religi ke Manado, Wajib Kunjungi Destinasi Bukit Kasih!

Ohayo.co.id – Bukit Kasih Kanonang adalah sebuah bukit indah yang terpahat di kawasan Kawangkoan, Minahasa, Sulawesi Utara. Berjarak tidak jauh pula dari pusat kota Manado. Tak sulit menemukan lokasi wisata ini, terlebih ada sebuah patung salib raksasa setinggi lima puluh tiga meter yang terpancang di puncak bukit. Sejuknya udara pegunungan mampu menghapus semua lelah para pengunjungnya.

Dua ribu empat ratus tiga puluh lima anak tangga tersaji di perbukitan ini, membuat akses menuju salib raksasa di Bukit Kasih menjadi lebih mudah untuk dinikmati. Pengunjung yang sebagian terdiri dari penikmat wisata religi tampak bersemangat mendaki anak tangga. Tak jauh dari keberadaan patung salib, rumah ibadah lima agama besar di Indonesia berdiri berdampingan, menjadi cermin toleransi dan keberagaman yang diidamkan oleh semua umat di nusantara.

Beberapa pedagang jagung rebus tampak menyambut para wisatawan tepat di muka gerbang utama dan lokasi parkir. Mereka juga menjual aneka pernak-pernik yang dapat digunakan sebagai buah tangan dan cenderamata khas daerah Minahasa. Semuanya dijual dengan harga yang cukup murah. Tak jauh dari halaman parkir, pengunjung akan disambut oleh petugas loket. Tarif masuk pengunjung Bukit Kasih Kanonang sebesar Rp.5.000,00 (lima ribu rupiah) dan tambahan parkir sekitar Rp.5.000,00 – Rp.10.000,00 (lima ribu rupiah sampai sepuluh ribu rupiah).

Wisata Religi ke Manado, Wajib Kunjungi Destinasi Bukit Kasih! 1

Setelah membayar tiket, pengunjung bisa menikmati tugu toleransi yang menjulang tinggi di jantung perbukitan ini. Tugu itu merupakan simbol toleransi dan persatuan dari masyarakat Sulawesi Utara yang memiliki prinsip “Kitorang Samua Basudara” atau “Kita Semua Bersaudara” dalam kehidupan sehari-harinya. Simbol ini juga diwujudkan melalui dibangunnya lima tempat ibadah di atas bukit, yang terdiri dari Gereja Katolik, Kuil Buddha, Masjid, Candi Hindu dan Gereja Kristen Protestan.

Baca Juga : Travelling ke Manado di Bulan Juli, Wajib Ikuti Tradisi Ucap Syukur

Kelima tempat ibadah tersebut menjadi tujuan favorit para pelancong saat berkunjung ke Bukit Kasih. Selain menjadi rest area, dari atas bukit tempat ibadah tersebut tersaji indahnya alam Minahasa, terutama aneka gunung dan Danau Tondano, bahkan Laut Sulawesi. Panorama ini tentu menimbulkan kekaguman tersendiri bagi siapapun yang berkunjung ke Bukit Kasih.

Wisata Religi ke Manado, Wajib Kunjungi Destinasi Bukit Kasih! 2

Ketika telah memuaskan diri beristirahat di bukit tempat berdirinya lima rumah ibadah, pengunjung bisa melabuhkan destinasinya ke puncak bukit. Di tempat ini, terpancang sebuah salib raksasa berwarna putih yang dikelilingi oleh lebatnya belantara Kanonang. Pengunjung juga bisa melepas dahaga dan menghapus rasa lapar dengan membeli pisang, gorengan dan minuman yang dijajakan oleh sebuah warung sederhana tepat di depan salib. Sajian pisang goreng khas Minahasa tentu menjadi panganan yang harus dinikmati oleh pengunjung. Selain karena cita rasanya yang khas, menikmatinya di tempat asal kudapan satu ini adalah pilihan sempurna.

Setelah puas menjajaki sudut-sudut Bukit Kasih, pengunjung bisa turun melalui sisi timur. Kelebat asap belerang akan nampak menghiasi dinding-dinding perbukitan yang membentuk wajah leluhur Minahasa, Toar dan Lumimuut. Pahatan wajah raksasa itu menambah kesan magis dari tempat wisata alam dan religi ini. Orang Minahasa memang selalu mengunggulkan kemagisan leluhurnya, jadi tak heran apabila pengunjung akan disuguhi pemandangan ini saat berkunjung ke aneka tempat wisatanya.

Baca Juga : Wisata Kuliner ke Manado, Belum Lengkap Tanpa Cicipi Tinutuan

Wisata Religi ke Manado, Wajib Kunjungi Destinasi Bukit Kasih! 3

Pengunjung juga bisa menikmati fasilitas pencucian kaki dan terapi ikan yang disediakan pengelola. Bagi yang kelelahan menjelajah bukit, bisa mampir sejenak ke gubuk pijat yang berada di muka sumber air panas Bukit Kasih. Menikmati jagung dan sosis bakar, serta telur gulung juga bisa menjadi alternatif tambahan sembari menikmati pijat dan terapi ikan. Semua fasilitas dan sajian alam, serta nuansa toleransi yang disajikannya akan membuat wisatawan betah berlama-lama menekuri waktu di Bukit Kasih Kanonang, Kawangkoan, Minahasa, Sulawesi Utara.

Bagi Anda yang tengah merencanakan travelling ke Manado dan sekitarnya, kunjungi segera situs via.com untuk memperoleh berbagai kemudahan dalam menyiapkan akomodasi. Situs via.id menyediakan berbagai akomodasi seputar tiket penerbangan, kereta api, hotel dan penginapan serta paket wisata super terjangkau. Nikmati promo penerbangan ke Manado berupa potongan diskon terbang menggunakan maskapai Citilink sebesar 5% di situs via.id. Tunggu apalagi, segera rancang liburan Anda ke Manado dan sekitarnya hanya bersama via.com.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password