Bertemu Para Desainer Mobil Terkemuka Dari Berbagai Penjuru Dunia

Bertemu Para Desainer Mobil Terkemuka Dari Berbagai Penjuru Dunia - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Takumi adalah sebutan orang Jepang untuk seseorang yang ahli di bidang kerajinan dan desain sesuai dengan objek serta medium yang ditekuninya. Ada banyak sekali Takumi di Jepang, dimana mereka tidak hanya sibuk untuk mengembangkan dunia desain atau kerajinan yang disukainya saja. Mereka juga berkolaborasi dalam berbagai bidang.

Ada yang menjalin jaringan dengan dunia fashion, ada juga yang menjalin hubungan erat dengan dunia otomotif. Termasuk Lexus, brand papan atas dunia otomotif. Siapa sajakah para desainer mobil terkemuka ini?

Bertemu Para Desainer Mobil Terkemuka Dari Berbagai Penjuru Dunia

1. Pengrajin Kaca Kiriko (garis-garis terbuat dari kaca), Toshiyasu Nakamura

Pengrajin Kaca Kiriko (garis-garis terbuat dari kaca), Toshiyasu Nakamura - Bertemu Para Desainer Mobil Terkemuka Dari Berbagai Penjuru Dunia - Ohayo.co.id

Pria asli Toyama City ini merupakan pemilik dari Glass Art Museum yang terkenal di Toyama City. Glass Art Museum merupakan sebuah galeri yang memamerkan karya kerajinan yang terbuat dari kaca.

Sebagai Spesialis kerajinan kaca, Nakamura ditunjuk sebagai desainer interior Lexus LS untuk menciptakan kembali efek reflektif Kiriko di panel pintu LS. Tawaran itu telah membuat Nakamura merasa tertantang karena Kiriko akan diterapkan di atas medium yang berbeda. Bila Kiriko diterapkan pada panel pintu tentu akan menjadi sebuah kerajinan yang statis, sehingga Nakamura harus memikirkan standar kaca Kiriko yang paling tepat serta sesuai dengan karakteristik yang diinginkan Lexus.

Di tengah-tengah pencarian inspirasi, Nakamura menjelaskan banyak hal. Salah satunya ia ingin menghasilkan ‘twist’ yang memungkin lebih banyak garis-garis tiga dimensi. Garis-garis tersebut akan menghasilkan karakteristik khusus yang mengejutkan. Dengan demikian, ia berharap penumpang LS dapat menikmatinya sebagai karya seni, bukan hanya sekedar hiasan interior di bagian pintu.

Nakamura memikirkan metode yang paling tepat untuk memperlihatkan desain yang tepat pada pemilik Lexsus LS. Ia terus menggambar, memotong, dan memoles setiap sketsa yang diujicobakan pada prototype LS. Ia terus melakukan pemeriksaan mutu, sampai akhirnya ia mendapatkan desain yang paling tepat. Kini desain tersebut dapat dilihat oleh semua orang di dunia pada panel pintu interior Lexus model LS.

Baca juga : 4 Hal dari Hiroto Yoshizoe yang Bikin Ia Layak Jadi Pemenang Lexus Design Award 2017

2. Insinyur Otomotif, Haruhiko Tanahashi

Insinyur Otomotif, Haruhiko Tanahashi - Bertemu Para Desainer Mobil Terkemuka Dari Berbagai Penjuru Dunia - Ohayo.co.id

Haruhiko Tanahashi adalah seorang insinyur otomotif Jepang yang bertanggung jawab atas desain dan kontruksi supercar Lexus LFA. Tanahashi bergabung dengan Toyota Motor Corporation pada tahun 1978 sebagai insinyur rangka mobil. Sejak saat itu, ia bekerja untuk mendesain kendaraan Lexus selama lebih dari 30 tahun.

Program pengembangan LFA dimulai sebagai proyek bernama 680. Proses pembuatannya memakan waktu lebih dari satu dekade karirnya sampai debut kendaraan berlangsung pada tahun 2009. Tanahashi memiliki delapan hak paten desain otomotif, termasuk Toyota Crown, Soarer, dan Aristo, yang kini telah menjadi bagian dari divisi pengembangan Toyota dan Lexus.

Tanahashi dipekerjakan oleh Toyota Motor Corporation pada tahun 1978, dimana ia pertama kali bertugas di Divisi Chassis Engineering. Di sana, ia bekerja sebagai insinyur suspensi pada kendaraan. Karyanya terlihat di penggerak roda belakang Toyota Mark II, Crown, Soarer, dan Aristo, dan juga suspensi penggerak roda depan Toyota Corona, Corolla, juga Celica.

Pada bulan Desember 1982, Tanahashi mengajukan hak paten pertamanya di AS mengenai “struktur dukungan atas untuk suspensi roda depan mobil”. Paten tersebut akhirnya diberikan kepadanya dua tahun kemudian, tahun 1984.

Karyanya pada mobil Soarer generasi pertama juga dipatenkan. Ia berhasil mendapatkan hak paten berupa “suspensi elektronik termodulasi pada kendaraan.” Penemuan lainnya seperti perangkat kemudi pinion type dan shock absorber tipe twin-tube juga mendapatkan hak paten.

Pada tahun 1992, Tanahashi dipindahkan ke Toyota Body Engineering Division. Dalam divisi yang baru, ia bekerja sebagai arsitek suspensi kendaraan penumpang. Baru pada tahun 1995, ia dipindahkan ke Departemen Pengembangan 1 dari Divisi Perencanaan Kendaraan Lanjutan untuk mengembangkan kendaraan, platform, dan teknologi baru. Kini semua karyanya diterapkan pada Lexus, termasuk Lexus LFA.

Baca juga : Intip Rumah Desain Mobil di Eropa, Tempat Rahasia Menembus Batas-batas Konvensional

3. Kunihiro Uchida, Chief Desaigner LS 400 Pertama

Kunihiro Uchida, Chief Desaigner LS 400 Pertama - Bertemu Para Desainer Mobil Terkemuka Dari Berbagai Penjuru Dunia - Ohayo.co.id

LS 400 pertama keluaran Lexus dirakit pada Mei 1989. Orang penting dibalik perakitannya ialah Kunihiro Uchida. Pada tahun itu berposisi sebagai Chief Designer untuk bagian eksterior kendaraan.

Sebelum perakitan dimulai, Uchida bersama tim melakukan studi ke Amerika Serikat. Mereka menghabiskan waktu berdiskusi dengan pelanggan di dealer-dealer mobil terkenal di Amerika Serikat. Tujuannya untuk mengenal selera pelanggan. Hasil dari proses itu ialah para desainer mendapatkan gagasan model terbaru sebuah mobil yang akan mementingkan kenyamanan penggunanya.

Lexus LS 500 - Bertemu Para Desainer Mobil Terkemuka Dari Berbagai Penjuru Dunia - Ohayo.co.id

Melalui berbagai macam tes oleh 24 tim teknik yang terdiri dari dari 1.400 insinyur, 2.300 teknisi, dan 220 pekerja pendukung, melakukan eksperimen sampai menghasilkan prototype yang diinginkan. Akhirnya terciptalah LS 400 yang kemudian diujicoba di Swedia, Jerman, Kanada, dan Amerika Serikat. Hasil uji coba mencapai kesimpulan bahwa LS 400 dapat menyamai keunggulan mobil-mobil produksi produsen otomotif Eropa.

Cerita selanjutnya, Anda bisa melihat LS 400 diproduksi secara massal dan dipasarkan di Amerika Serikat dan juga Jepang. LS 400 juga menjadi dasar pembentukan LS generasi selanjutnya, sampai ada LS 500 yang meluncur di awal tahun 2018.

Sumber gambar : caranddriver, tokyoweekender, automobilemag, lexus, airfrancemagazine

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password