Cara Memanfaatkan Daun Ketapang untuk Budidaya Ikan Cupang

Cara Memanfaatkan Daun Ketapang untuk Budidaya Ikan Cupang

Ohayo.co.id – Daun ketapang adalah salah satu jenis daun yang asalnya dari pohon indian almond. Umumnya pohon indian almond tersebut hidupnya di tepian pantai. Daun ketapang ini diidentikan dengan budidaya ikan hias, contohnya saja ikan cupang.

Ikan yang terdiri dari dua jenis tersebut mempunyai keistimewaan pada bagian sisiknya yang memiliki warna sangat cantik dan atraktif. Tetapi untuk bisa mendapatkan warna yang sempurna, butuh perawatan yang tak sembarangan. Daun ketapang ini ternyata sangat berguna sekali untuk dukung perawatan dan budidaya ikan cupang. Tetapi, bagaimana sih caranya memanfaatkan daun ketapang untuk budidaya ikan cupang? Mari simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Memanfaatkan Daun Ketapang untuk Budidaya Ikan Cupang

Cara Memanfaatkan Daun Ketapang untuk Budidaya Ikan Cupang

Perlu Anda tahu terlebih dulu bahwa daun ketapang yang tidak diolah dengan baik justru akan datangkan petaka bagi ikan cupang. Sebab, daun ketapang tidak steril sehingga bisa datangkan bakteri dan zat asam tak keluar dengan baik. Hal tersebut biasanya ditandai dengan bagian permukaan air yang berminyak dan warnanya jadi keruh bukannya gelap serta berbau tak sedap.

Untuk memanfaatkan daun ketapang untuk budidaya ikan cupang yang pertama, silakan bersihkan kotoran yang menempel di bagian daun ketapangnya. Lalu rendam daun ketapang ke dalam air garam kurang lebih selama 30 menit. Angkat daun ketapangnya, kemudian masukkan ke dalam wadah berisikan air bersih dan diamkan selama seharian. Jika sudah, keringkan di bawah sinar matahari langsung selama 2 – 3 hari sampai daunnya benar – benar kering. Untuk 1 helai daun ketapang bisa digunakan pada volume air 5 – 6 liter untuk budidaya ikan cupang.

Baca Juga : Wow! Tanaman-tanaman Ini Ternyata Bisa Berkhasiat Sebagai Obat! Apa Saja?

Nah, itulah cara mudahnya memanfaatkan daun ketapang untuk budidaya ikan cupang yang bisa kami informasikan. Sebagai penggiat budidaya ikan cupang, tak ada salahnya untuk memanjakan koleksimu dengan berbagai pilihan akuarium cantik yang bisa Anda dapatkan melalui AKULAKU. Berapa pun harga akuarium yang ditawarkan, tentunya akan jadi lebih ringan lagi jika dibayarnya melalui AKULAKU. Sebab, di AKULAKU Anda tak hanya bisa melakukan cicilan tanpa kartu kredit, namun juga bisa mendapatkan voucher belanja total senilai Rp 700 ribu rupiah, misalnya saja dengan memanfaatkan kode promo “AIDIA 1”.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password