Dampak Tidur Kurang dari 4 Jam Ternyata Bisa Meningkatkan Penuaan Dini

Dampak Tidur Kurang dari 4 Jam Ternyata Bisa Meningkatkan Penuaan Dini - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Tidur merupakan suatu kegiatan untuk merilekskan dan juga mengistirahatkan diri dari segala kegiatan yang menguras tenaga. Bahkan para ahli kesehatan menyarankan untuk memiliki waktu tidur yang cukup setiap harinya yaitu 6 hingga 8 jam. Jika tidur kurang dari 4 jam maka bisa membahayakan kesehatan seseorang, yaitu mulai dari meningkatkan risiko obesitas, mudah stress, tidak bisa fokus dan bahkan risiko penuaan dini. Tentunya Anda tidak menginginkannya bukan?

Lantas apa saja dampak tidur kurang dari 4 jam yang ternyata bisa meningkatkan penuaan dini ini? simak ulasan lengkapnya berikut.

Dampak Tidur Kurang dari 4 Jam

Dampak Tidur Kurang dari 4 Jam Ternyata Bisa Meningkatkan Penuaan Dini - Ohayo.co.id

Kebutuhan tidur tiap orang memang berbeda dan tidak sama, namun tidur berkualitas pada umumnya yaitu 7 – 9 jam setiap hari agar fungsi penting dalam tubuh bisa berjalan dengan baik dan sesuai. Bahkan pada anak-anak atau remaja, kebutuhan tidur yaitu sekitar 8 – 10 jam setiap harinya. Jika tidak memiliki waktu tidur yang cukup, maka bisa berakibat seseorag terlihat lelah saat bangun dan juga sulit berkonsentrasi.

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, apalagi hal yang berhubungan dengan kesehatan. Namun segala sesuatu yang kurang juga berdampak buruk loh, apalagi jika Anda kurang tidur yaitu dengan tidur kurang dari 4 jam pada setiap harinya. Hal tersebut bisa meningkatkan risiko penuaan dini yang pastinya ditakuti semua orang, terutama wanita. Dengan begitu menyebabkan wajah nampak keriput dan terlihat 9 tahun lebih tua daripada umur asli, sehingga membuat kepercayaan diri jadi menurun.

Baca juga : Benarkah Manusia Bisa Meninggal Akibat Kurang Tidur?

Dampak Tidur Kurang dari 4 Jam Ternyata Bisa Meningkatkan Penuaan Dini - Ohayo.co.id

Tidak hanya itu, jika Anda tidur kurang dari 4 jam dipercaya akan mengalami sulit berkonsentrasi, penurunan kemampuan dalam berpikir dan juga penalaran. Bahkan lebih parahnya, kemampuan verbal dan kemampuan mengingat pun jadi memburuk. Jika dilakukan secara terus-menerus maka bukan tidak mungkin bisa membuat seseorang mudah kehilangan kemampuan memorinya, baik jangka pendek ataupun jangka panjang.

Sebanyak 9 dari 10 orang yang mengalami susah tidur atau tidur kurang dari 4 jam juga berisiko memiliki penyakit serius, seperti penyakit jantung, gagal jantung ataupun serangan jantung. Tidur memang sangat berperan penting dalam memfungsikan sistem dalam tubuh, terutama dalam memperbaiki kerusakan yang ada pada pembuluh darah dan jantung. Itulah sebabnya orang yang kurang tidur juga berisiko menderita penyakit mematikan lainnya seperti diabetes, stroke, obesitas, hipertensi, kanker dan lain sebagainya.

Kebanyakan orang tidur kurang dari 4 jam ini bisa dikarenakan kesibukan yang tiada henti ataupun karena memang memiliki gangguan tidur seperti insomnia. Untuk mengatasinya hal tersebut, maka Anda harus melakukan beberapa cara seperti menghindari minuman yang berkafein, menghindari makan saat mendekati waktu tidur, menjauhkan diri dari gadget dan juga menetapkan jadwal waktu tidur yang teratur. Hal tersebut berguna agar waktu tidur Anda tercukupi setiap harinya.

Baca juga : 5 Posisi Tidur yang Tepat Saat Sakit Pinggang Belakang

Dampak Tidur Kurang dari 4 Jam Ternyata Bisa Meningkatkan Penuaan Dini - Ohayo.co.id

Jika masih belum berhasil, maka Anda bisa melakukan yoga sebelum tidur untuk merilekskan pikiran dan juga tubuh. Tidak hanya itu, Anda bisa pula menggunakan aroma terapi sambil mendengarkan musik yang menenangkan agar bisa tidur dengan nyenyak tanpa gangguan.

Itulah dampak tidur kurang dari 4 jam yang ternyata bisa meningkatkan penuaan dini. Jika Anda tidak ingin mengalaminya maka usahakan untuk memiliki waktu tidur yang optimal, yaitu selalu tidur cukup setidaknya 7 – 8 jam per hari, berolahraga secara teratur dan juga mengonsumsi makanan yang bergizi agar kesehatan terjaga. Semoga bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password