Studi Membuktikan, Daging Bisa Picu Kanker Payudara

Studi Membuktikan, Terlalu Banyak Mengkonsumsi Daging Bisa Picu Kanker Payudara

Ohayo.co.id – Penyakit yang muncul dalam diri kita bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti pola hidup yang tidak sehat, waktu istirahat yang terganggu dan juga lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya. Bahkan, penyakit seperti kanker bisa disebabkan karena terlalu sering mengkonsumsi daging. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi yang menyebutkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi daging bisa picu kanker payudara.

Penyakit kanker dikenal sebagai penyakit mematikan dan butuh penanganan serius. Mendeteksinya sejak dini bisa membuat kita lebih punya harapan tinggi untuk hidup terutama mereka yang mengidap kanker ganas. Pepatah yang mengatakan bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati tentu bisa kita jadikan pengingat untuk lebih menjaga kesehatan tubuh kita.

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Daging Bisa Picu Kanker Payudara

Baca juga : 5 Makanan Sehat untuk Penderita Kanker Payudara

Kanker payudara diketahui sebagai salah satu kanker yang perlu diwaspadai oleh semua wanita. Baik yang memiliki riwayat keluarga kanker ataupun yang tidak. Sebab, tidak ada yang tahu kapan kanker ini akan menyerang maka dari itu akan jauh lebih baik jika kita bisa menjaga ola hidup yang lebih sehat. Biasakan menciptakan waktu berkualitas untuk beristirahat dengan baik setelah lama beraktivitas.

Pola makan sehat diketahui sebagai salah satu cara agar kita bisa menghindari adanya penyakit tersebut. Konsumsi buah, sayur dan daging sesuai dengan anjuran. Sebab, jika terlalu banyak hanya akan meningkatkan risiko kanker payudara terutama untuk daging merah. Konsumsi daging merah dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

Baca juga : Tips Mencegah Kanker Payudara Agar Tak Kambuh Lagi

Ada sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam International Journal Of Cancer dan menyatakan bahwa konsumsi daging olahan atau yang telah diproses mampu meningkatkan risiko kanker payudara. Setelah membandingkan hasilnya dari 15 penelitian dan analisis, ternyata konsumsi daging olahan ini meningkatkan risiko kanker payudara hingga 9 %. Studi ini membuat kita menyadari bahwa apa yang kita konsumsi tentu sangat berpengaruh pada kesehatan kita.

Ternyata, tidak hanya risiko kanker payudara saja yang juga cukup tinggi. Ada beberapa penyakit lainnya yang bisa muncul seperti penyakit jantung, diabetes hingga obesitas yang mengincar apabila terlalu banyak mengonsumsi daging olahan. Jadi, apabila anda ingin terhindar dari kanker payudara dan risiko kesehatan lainnya sebaiknya membatasi makan daging terutama daging olahan.

Makanan yang berlemak hewani juga memicu adanya kanker dalam tubuh kita. Sebagian orang yang bukan vegetarian memang hampir menemukan menu daging dalam sehari-hari. Banyak dari kita yang paham bahwa daging merah yang dikonsumsi berlebihan bisa memicu adanya kanker payudara pada wanita. Namun sayangnya masih banyak pula yang tidak mengurangi konsumsi daging tersebut.

Baca juga : Daftar Makanan Sehat Ampuh Cegah Resiko Kanker Payudara

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak hewani dengan jumlah tinggi sering dihubungkan pada bertambahnya resiko terkena kanker payudara. Bahkan kecenderungan wanita pra-menopause yang mengonsumsi daging berlemak dalam jumlah besar akan meningkatkan tiga kali lipat dari mereka yang sehari-harinya hanya mengonsumsi sedikit daging berlemak. Dari informasi yang ada menyebutkan bahwa daging berlemak mengandung banyak asam arachidonic, asam lemak Omega-6.

Kandungan tersebut diketahui mampu mempercepat pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker yang mana asam ini dipercaya mampu menghancurkan sel tertentu yang ikut dalam pertahanan tubuh kita pada serangan kanker. Tak ada salahnya untuk mulai dari sekarang mengurangi konsumsi daging hewan berlemak atau daging merah.

Terlalu banyak mengkonsumsi daging bisa picu kanker payudara telah dibuktikan oleh sebuah studi. Ketahui batas normal atau batas kewajaran dalam mengonsumsi daging. Terapkan pola hidup sehat serta lingkungan yang terjaga kebersihannya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password