6 Daftar Barang Seserahan Lamaran Yang Harus Dibawa Calon Mempelai Pria

seserahan lamaran

Barang bawaan seserahan lamaran dengan barang seserahan pernikahan sangatlah berbeda. Namun di dalam masyarakat kita sering rancu mengartikan hal tersebut. Terkadang menjadi kebingungan tersendiri bagi mereka yang baru pertama kali melaksanakan.

Sesuai namanya yang bermakna ‘lamaran’, maka barang-barang yang dibawa tentu berbeda pada saat datang ke acara pernikahan. Nah, apa sajakah itu? Berikut daftarnya!

1. Jajan tradisional

jajanan pasar

Di banyak tempat, kuliner tersebut selalu disertakan. Entah itu pada saat lamaran ataupun saat acara pernikahan. Ada yang berasumsi dibawa saat lamaran saja sedang pernikahan tidak. Tapi pendapat lain mengatakan dibawa di kedua momen tersebut.

2. Buah-buahan

seserahan buah buahan

Sama seperti makanan di atas, buah-buahan terkadang ditengarai hanya boleh dibawa saat acara seserahan lamaran saja, pernikahan tidak. Tapi ini juga membingungkan. Sebab faktanya, tetap ada yang membawa baik pada acara lamaran ataupun pernikahan.

3. Sejumlah perhiasan, tapi bukan mas kawin

hantaran perhiasan

Baik acara seserahan lamaran ataupun pernikahan, seperangkat perhiasan selalu ada. Hanya berbeda fungsi. Bila seserahan lamaran berfungsi hadiah yang mengikat seperti cincin ataupun kalung. Sementara jika pernikahan merupakan bagian dari mas kawin yang diberikan calon mempelai pria kepada calon istri.

Baca juga: Mau Tampil Cantik? Begini Cara Memilih Gaun Pengantin Modern

4. Seperangkat kosmetik

hantaran kosmetik

Meski ini hukumnya tidak wajib, sebab hanya bisa diberikan pada saat acara pernikahan saja. Akan tetapi semua tergantung selera dan keadaan finansial sang calon dari keluarga pihak pria. Jika ingin memberikan juga tak masalah. Tidak Pun tidak akan mengurangi rasa hormat dari keluarga pihak mempelai wanita, selama barang-barang lain yang dibawa sudah memenuhi syarat. Tidak harus mewah, tapi cukup berharga di mata orang-orang terdekatnya. Artinya tidak merendahkan keberadaan calon mempelai wanita dan keluarganya.

Adapun produk kosmetik yang dibawa umumnya berupa seperangkat alat pembersih muka lengkap dengan bedak dan perlengkapan make-up lain, termasuk parfum di dalamnya. Pada bagian kebutuhan yang lebih intim semisal handuk, sabun mandi dan shampo biasanya belum diberikan. Produk-produk tersebut ada pada saat seserahan acara pernikahan.

Baca juga: Pilih Henna Pengantin Merah atau Putih? Keduanya Sama-Sama Cantik!

5. Produk fashion

bawaan lamaran fashion

Produk ini meliputi : Busana, tas, sepatu, dompet dan sandal. Meski tidak semuanya dibawa secara lengkap. Tapi satu atau dua produk pasti diikutsertakan. Seperti busana saja dan sepatu. Atau tas dan sandal. Maupun kombinasi lain sesuai selera prianya.

Supaya nantinya barang-barang yang diberikan tidak mubadzir dan terpakai semua, alangkah baiknya mengamati selera sang calon pengantin wanita. Atau dapat pula menanyakannya secara langsung.

Baca juga: 4 Inspirasi Gaun Pengantin Muslimah Terindah untuk Pernikahan Mewah

6. Uang

bawaan lamaran uang

Uang yang dibawa oleh pihak keluarga pria dimaksudkan untuk membantu biaya pernikahan yang akan digelar. Jadi selain sejumlah perhiasan, uang menjadi salah satu barang bawaan yang sebaiknya ikut diserahkan. Agar keluarga pihak pria lebih dihargai di mata keluarga wanita.

Sesungguhnya barang seserahan adalah simbol dari mulai bersatunya dua pribadi yang memiliki tujuan mulia pernikahan. Tidak harus bernilai mahal dan mewah. Namun tidak pula merendahkan harga diri dari pihak keluarga calon mempelai wanita.

Sebagai pria yang masih lajang, maka sebaiknya Anda semua mengetahui hal ini. Supaya harga diri Anda terselamatkan di depan calon mertua dan istri. Merasa kekasih bersedia mau diperistri, lantas Anda tidak menghargai keberadaan diri dan keluarganya. Semua berawal dari sini, yakni jumlah seserahan lamaran yang Anda berikan. Jadi berlapang dadalah! Realita hidup memang demikian. Dan sebagai lelaki terhormat, harus memiliki modal untuk menikahi kekasih Anda kelak!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password