Cara Terbaik Untuk Cegah Keracunan Makanan

Cegah Keracunan Makanan

Ohayo.co.id – Keracunan makanan merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi dengan organisme menular seperti virus, bakteri atau parasit. Kontaminasi makanan atau minuman ini tentu bisa terjadi ketika proses pengolahan makanan tidak benar. Ketika seseorang mengalami keracunan makanan, tentu kemudian hal tersebut akan menimbulkan rasa mual, muntah, diare dan sakit perut.

Jika tidak ditangani dengan baik, kemungkinan besar masalah ini juga akan mengancam nyawa penderitanya. Agar hal tersebut tidak terjadi, ada beberapa cara terbaik untuk cegah keracunan makanan yang dapat dilakukan. Berikut bagaimana cara terbaik untuk cegah keracunan makanan yang perlu Anda tahu dan terapkan!

Cara Terbaik Cegah Keracunan Makanan

Cegah Keracunan Makanan ok

Jaga makanan tetap dingin dan segar

Jika Anda menyimpan makanan beku baiknya Anda simpan makanan beku pada suhu yang paling dingin. Bungkus makanan yang Anda beli dengan kertas atau koran atau juga bisa membeli tas pendingin atau cooler agar makanan yang Anda beli tetap dalam kondisi seperti di tangan pertama sampai di rumah. Saat berbelanja, pastikan juga Anda membeli produk beku saat terakhir sebelum membayar ke kasir dan langsung simpan di lemari es sesampainya Anda di rumah.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tubuh Agar Terhindar dari Racun Berbahaya

Jaga selalu kebersihan area dapur

Area dapur juga harus dijaga kebersihannya. Untuk membersihkan area dapur, Anda bisa gunakan sabun yang dicampur dengan air panas untuk membersihkan talenan, peralatan masak dan meja dapur beserta kompornya. Pastikan juga bahwa untuk membilas area wastafel dilakukan sesudah Anda mencuci daging mentah atau ikan mentah agar wastafel selalu bersih.

Masak makanan sampai matang

Memasak makanan sampai makanan matang merupakan hal yang penting untuk menghindari potensi keracunan. Masak beberapa makanan tersebut sampai benar – benar matang agar kuman yang terdapat didalamnya mati. Jika memang Anda masih ragu, Anda bisa pakai temperatur daging untuk memasaknya.

Itulah beberapa cara terbaik untuk cegah keracunan makanan yang sangat penting Anda terapkan agar hal-hal yang tak diinginkan tidak terjadi. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password