Cara Reset HP Samsung dari Cara Termudah hingga Paling Kompleks

Cara Reset HP Samsung dari Cara Termudah hingga Plaing Kompleks

Ohayo.co.id – Cara reset HP Samsung pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan melakukan reset pada HP lainnya. Hanya saja perbedaan letak tombol, kombinasi tombol ataupun berupa kode rahasia yang harus ditekan biasanya melibatkan karakter bintang (*) dan pagar (#).

Beberapa orang masih tertukar antara istilah ‘reset’ dan ‘restart’, khususnya orang tua yang baru memegang ponsel pintar. Tentu saja kedua istilah ini berbeda, ‘reset’ memiliki arti mengatur ulang sistem sedangkan ‘restart’ adalah menghidupulangkan sistem atau sering juga disebut ‘reboot’.

Sebelum lanjut pada penjelasan cara reset HP Samsung ini, ada baiknya apabila setiap pengguna ponsel pintar memahami sebab-sebab HP tersebut harus direset. Berikut ini beberapa alasan mengapa ponsel pintar perlu direset.

3 Alasan Mengapa HP Samsung Anda Perlu Direset

Cara Reset HP Samsung dan Alasannya

1. Jaringan

Apabila Anda pernah mengalami jaringan error, kartu SIM tidak terdeteksi, atau koneksi internet tidak berfungsi. Maka mereset ponsel pintar Anda merupakan salah satu cara untuk mengembalikannya kembali berfungsi dengan baik sebelum memastikan pergi ke pusat perbaikan ponsel.

2. Aplikasi

Cara Reset HP Samsung dilakukan karena aplikasi error

Selain masalah jaringan, alasan ponsel harus diatur ulang ketika berbagai aplikasi resmi dari Google Play Store tidak dapat dipasang. Atau indikator baterai tidak menentu dan tidak akurat. Kadang kala tombol di layar sentuh tidak berfungsi. Apapun kerusakannya terhadap aplikasi ini, mengatur ulang atau mereset ponsel bisa menjadi tahap awal menyembuhkannya.

3. Gagal Sistem

Alasan yang terakhir adalah ketika ponsel pintar Anda mengalami gagal sistem. Maksudnya, ponsel mengalami bootloop, stuck logo, proses  lambat atau berhenti tiba-tiba dalam satu tampilan. Maka mengatur ulang ponsel bisa dicoba sebelum memastikannya ke tahap flashing (memasang ulang firmware).

2 Macam Cara Reset HP Samsung

1. Soft reset

Disebut soft reset karena tahapan ini tidak melalui tombol fisik (yang ada di sisi kanan atau kiri ponsel tersebut, melainkan lewat beberapa sentuhan tombol yang ada di layar. Cara reset HP Samsung dengan soft reset ini terbagi menjadi 2 macam.

Reset melalui pengaturan

Cara ini dapat dikatakan sebagai cara yang paling sering dilakukan oleh pengguna ponsel pintar karena dianggap cara yang paling mudah diingat.

  • Masuk ke menu ‘setting’ biasanya tinggal menggeser layar dari atas ke bawah, muncul di pojok kanan atas atau masuk ke tampilan menu cari motif gerigi.
  • Kemudian pilih menu ‘backup and reset’.
  • Pilih menu ‘factory data reset’.
  • Centang ‘back up my data’ jika ingin menyimpan data sebelum menyetel ulang.
  • Klik ‘reset divice’.

Reset dengan kombinasi tombol

Sebetulnya cara reset HP Samsung lewat kombinasi tombol telepon (nomor, pagar dan bintang) ini lebih sedikit tahapannya, hanya saja perlu hafal kombinasi tombolnya. Yaitu dengan cara masuk ke menu telepon, kemudian ketikan *2767*3855# cukup mudah bukan?

Kekurangannya, reset HP Samsung melalui kombinasi tombol ini tidak dapat menyimpan data terlebih dulu. Secara otomatis ponsel pintar Anda akan kembali pada tampilan polos seperti pertama kali Anda membelinya.

Baca juga: Cara Mudah Menghapus Aplikasi Android yang Tidak Bisa Dihapus

2. Hard reset

Disebut hard reset karena melibatkan beberapa kombinasi tombol fisik yang ada pada ponsel pintar tersebut, pada penjelasannya di sini adalah HP Samsung. Berikut beberapa langkahnya:

  • Pastikan baterai 70% ke atas, dianjurkan sambil mengisi baterai ponsel.
  • Matikan ponsel seperti biasa dengan menekan beberapa detik tombol ‘power’.
  • Setelah ponsel benar-benar dalam keadaan off, maka tekan tombol ‘volume up + power + home’ secara bersamaan.
  • Jika dilakukan dengan benar, maka sistem akan masuk ke recovery mode yaitu beberapa menu teks dengan latar belakang hitam.
  • Pilih menu ‘wipe data/factory reset’ dengan menggeser kursor menggunakan tombol ‘volume up/down’.
  • Konfirmasi pilihan dengan menekan tombol power.
  • Tunggu sampai proses selesai.
  • Pilih menu ‘home’.
  • Pilih menu ‘reboot now’, selesai.

Baca juga: Cara Baru Membuka Smartphone yang Lupa Kata Sandi Tanpa Factory Reset

Pada dasarnya, semua ponsel dirancang dengan batasan pemakaian yang telah diperhitungkan. Seperti penggunaan kamera dari setiap ponsel memiliki daya fungsi sekian ratus ribu kali shot. Tombol fisik power memiliki usia sekian ratus ribu kali klik, dsb.

Sama halnya dengan sistem dan memori yang bekerja dalam ponsel pintar tersebut memiliki batasan tertentu, sehingga ada masanya setiap ponsel harus disetel ulang. Oleh karena itu, sebagai pengguna wajib memiliki kartu memori eksternal untuk menyalin data secara berkala dan berjaga-jaga dari kehilangan data penting.

Demikianlah cara reset HP Samsung dengan berbagai langkah pilihannya, semoga memudahkan Anda untuk memperbaiki ponsel kesayangan Anda sebelum benar-benar memutuskan pergi ke pusat layanan servis.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password