Cara Pemanasan Sebelum Mulai Olahraga yang Benar

Pemanasan Sebelum Mulai Olahraga

Ohayo.co.id – Olahraga memang memiliki peranan yang cukup penting sekali untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Akan tetapi, meskipun demikian jangan asal olahraga ya, tubuh juga butuh adaptasi terlebih dulu sebelum akhirnya Anda benar – benar mulai olahraga yang agak berat. Selain itu, juga perlu Anda tahu bahwa melakukan pemanasan sebelum mulai olahraga itu juga peranannya sangat penting. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya cidera atau pun kram otot. Ada beberapa cara pemanasan yang bisa dilakukan sebelum Anda benar – benar berolahraga, diantaranya sebagai berikut ini.

Cara Pemanasan Sebelum Mulai Olahraga yang Benar

Pemanasan Sebelum Mulai Olahraga ok

Berjalan

Ini adalah salah satu cara yang paling sederhana dan mudah untuk melakukan pemanasan sebelum akhirnya Anda memulai berolahraga. Silahkan Anda ambil 5 – 10 menit untuk jalan santai sembari menggerakkan tubuh bagian atas atau pun stretching. Berjalan akan membantu jadikan detak jantung Anda lebih cepat dan siap melakukan aktifitas fisik yang berat.

Menekuk, memutar, merentangkan dan meluruskan kaki juga tangan

Melakukan stretching dengan cara merentangkan dan menekuk tangan dan kaki ini sangat umum dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk membiasakan otot terhadap gerakan spontan. Dengan hitungan 8 x 2 yang dilakukan secara bergantian antar kanan dan kiri. Umumnya juga diikuti dengan melakukan pemanasan bagian kepala seperti mendongak, mengangguk, menggeleng dan lain – lain.

Baca Juga : Rutin Lakukan Warming Up? Ini Keuntungan yang Didapatkan Tubuhmu

Lari di tempat

Untuk melakukan pemanasan tubuh secara cepat dan tepat, maka Anda juga bisa ikuti pemanasan ala pemain sepak bola, yakni lari di tempat. Pemanasan tersebut cukup melelahkan bila dilakukan dalam waktu yang lama. Akan tetapi, sangat cocok sekali untuk pemanasan sebelum memulai olahraga lari sungguhan.

Lompat di tempat

Tubuh Anda juga perlu untuk dibiasakan melompat agar otot – otot kaki lebih terlatih supaya tak mudah kram. Cara tersebut juga jadi salah satu yang paling mudah untuk memanaskan tubuh, jadikan suhu tubuh lebih cepat naik dan siap untuk memulai gerakan olahraga yang cepat sekalipun.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang cara pemanasan sebelum mulai olahraga yang benar. Semoga bisa bermanfat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password