Cara Mudah Membuat Rem Tromol Lebih Pakem

Membuat Rem Tromol Lebih Pakem

Ohayo.co.id – Mungkin saja Anda sudah sangat tahu betul bahwasannya motor modern sekarang ini sudah banyak yang dilengkapi dengan adanya rem cakram depan belakang. Akan tetapi, masih ada beberapa produsen motor yang menggunakan rem cakram di bagian depan saja, sementara itu rem bagian belakang masih menggunakan rem tromol.

Perlu Anda tahu bahwa secara kinerjanya, rem cakram ini memang jauh lebih pakem daripada rem tromol. Lalu, apa bisa rem tromol tersebut dibuat jadi lebih pakem lagi? Nah, kali ini kami akan membagikan beberapa tips atau cara mudah untuk membuat rem tromol lebih pakem. Penasaran? Langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Cara Mudah Membuat Rem Tromol Lebih Pakem

Membuat Rem Tromol Lebih Pakem ok

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membikin rem tromol pada kendaraan Anda lebih pakem lagi adalah dengan membuka as roda dan juga baut yang terhubung dengan tromol. Setelah itu lepaskan dudukan kampas rem dan tromolnya secara perlahan, kemudian bersihkan dengan menggunakan lap yang bersih atau Anda juga bisa gunakan angin yang bertekanan tinggi.

Baca Juga : Tips Jitu Atasi Oli Mesin Motor yang Rembes

Langkah yang selanjutnya adalah melepaskan dan merendam kampas rem dengan mengguakan air biasa hingga meresap. Lalu keringkan terlebih dulu dengan cara dijemur dibawah terik matahari. Pasang kembali kampas ke dudukan rem dan juga jangan lupa untuk mengoleskan sabun colek pada tromol dan kampas remnya. Untuk langkah yang terakhir, Anda bisa mengencangkan baut kabel rem pada tromol supaya sesuai dengan kebiasaan Anda.

Selain itu, ada cara lain yang juga bisa Anda coba untuk bikin rem tromol lebih pakem, yakni dengan mengganti paha rem tromol bawaan pabrik dengan yang lebih panjang. Hal tersebut nantinya akan membuat rem akan lebih mudah terjangkau walaupun dengan tarikan yang sedikit saja. Dengan kata lainnya, rem akan lebih menggigit dan lebih pakem pastinya. Tetapi, dengan tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan supaya Anda bisa tetap nyaman dan aman menggunakannya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mudah membikin rem tromol lebih pakem. Semoga bisa bermanfaat.

 

Ingin tetap update dengan info & tips terbaru seputar perawatan motor?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password