Cara Meredakan Emosi Saat PMS dengan Sayur Brokoli, Emang Bisa?

Cara Meredakan Emosi Saat PMS dengan Sayur Brokoli, Emang Bisa?

Ohayo.co.id – Gejala PMS atau pre-menstrual syndrome merupakan hal yang biasa dialami oleh setiap wanita. Biasanya akan ditandai dengan rasa sakit pada bagian bawah perut, sakit pada punggung, dan nafsu makan yang menjadi tinggi. Namun tak hanya itu, pada saat PMS banyak wanita sering tidak bisa mengontrol dan meledak-ledak dalam mengekspresikan emosi.

Saat menjelang haid memang sangat wajar jika emosi seorang wanita menjadi tidak stabil, mudah naik turun walaupun hanya karena masalah kecil. Mood pun juga sama, seorang wanita akan tiba-tiba menangis dan kemudian berhenti hanya dalam waktu yang relatif singkat. Selain mengganggu diri sendiri, ternyata PMS ini juga mengganggu orang lain di sekitar loh. Hal tersebut menjadikannya sebagai musuh besar pria, karena sering menjadi pelampiasan marah saat wanita menjalani masa haid.

Jika Anda adalah seorang wanita yang sering mengalami hal diatas, seperti marah dan emosi berlebihan atau sering meledak-ledak, maka sebaiknya untuk banyak mengonsumsi brokoli. Kenapa harus brokoli? Apa alasannya? Yuk simak cara meredakan emosi saat PMS dengan sayur brokoli berikut.

Cara Meredakan Emosi Saat PMS dengan Sayur Brokoli

Terdapat beberapa penelitian mengenai sayur brokoli yang dipercaya bisa meredakan emosi saat PMS. Tentunya hal tersebut menimbulkan banyak pertanyaan dalam benak, emang bisa? Hal tersebut didukung oleh informasi mengenai jumlah kandungan zat besi yang ada dalam brokoli bisa membantu untuk meningkatkan hormon serotonin. Hormon serotonin tersebut merupakan hormon yang mampu untuk mengendalikan mood, terutama mood swing pada wanita yang sedang haid.

Apabila hormon serotonin tersebut bisa tercukupi dengan baik, maka mood atau perasaan seorang wanita akan tetap stabil dan juga bahagia. Namun sebaliknya, jika berkurang dan menurun akan menimbulkan wanita akan cepat marah dan juga tersinggung. Hal tersebut merupakan alasan kenapa wanita menjadi super moody dan mengalami mood swing begitu cepat. Maka dari itu, konsumsi brokoli sangat tepat untuk meredakan emosi saat PMS.

Baca juga : Jarang Disadari, Inilah Penyebab Wanita Mudah Bete Saat PMS

Penelitian mengenai sayur brokoli untuk wanita haid ini dilakukan oleh beberapa peneliti di Universitas Massachusetts dan Harvard selama kurun waktu sekitar kurang lebih 10 tahun lamanya. Setelah itu, barulah alternatif mengatasi mood swing dan emosi yang meledak-ledak tersebut ditemukan. Salah satu makanan yang bisa menjadi alternatif meredakan emosi saat PMS adalah brokoli.

Penelitian dilakukan dengan melibatkan sejumlah wanita yang diminta untuk mengonsumsi setidaknya 20 mg zat besi untuk mengendalikan emosi yang berubah-ubah saat haid, yaitu dengan konsumsi brokoli. Brokoli di klaim bisa mencukupi kebutuhan zat besi dan ternyata memang berpengaruh dalam mengendalikan mood seorang wanita saat haid.

Dengan begitu, seorang wanita yang mengonsumsi 20 mg brokoli setiap harinya akan terhindar dari PMT ini sekitar 30-40 persen lebih rendah dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsinya. Jadi, apakah Anda masih menolak untuk mengonsumsi sayuran hijau yang kaya manfaat ini?

Baca juga : Aneh Tapi Ini Normal, Berikut Perubahan yang Dirasa Saat Haid

Tidak hanya mampu meredakan emosi saat PMS, sayur brokoli juga mampu untuk memperlancar siklus haid seorang wanita. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya seperti Vitamin A, Vitamin B, Zat Besi, Serat, dan Antioksidan sangat baik untuk mencegah stres, yaitu salah satu yang menjadi penghambat ketidakteraturan fase menstruasi. Sehingga, konsumsi brokoli secara rutin akan membuat masa haid yang Anda jalani menjadi lancar dan tentunya menyehatkan tubuh.

Selain mengonsumsi brokoli, usahakan untuk mengonsumsi banyak air putih dan olahraga yoga secara rutin. Hal tersebut akan membantu meredakan nyeri dan emosi yang meledak-ledak selama haid. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi kita semua.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password