5 Cara Merawat Rambut dengan Semangka Agar Senantiasa Sehat

5 Cara Merawat Rambut dengan Semangka Agar Senantiasa Sehat - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Buah semangka merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang mampu memberikan kesegaran bagi siapa saja yang mengkonsumsinya. Bagaimana tidak, hampir 90 persen kandungan air di dalam semangka sudah pasti mampu memberikan kesegaran luar biasa. Selain air, mineral dan vitamin yang terkandung di dalam semangka juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Salah satu yang paling menakjubkan adalah kita bisa merawat rambut dengan semangka.

Kandungan mineral seperti magnesium dan kalium, karbohidrat, vitamin A dan C, serta antioksidan membuat buah semangka bisa berguna untuk kesehatan rambut. Apalagi buah ini tidak mengandung lemak sama sekali. Buah semangka dipercaya dapat melembabkan, mencegah gatal, mempercepat pertumbuhan, dan menjaga kesehatan rambut. Berikut ini adalah 5 cara merawat rambut dengan semangka agar senantiasa sehat.

5 Cara Merawat Rambut dengan Semangka Agar Tetap Sehat

1. Campurkan Semangka dengan Mayones

Cara Merawat Rambut dengan Semangka Agar Senantiasa Sehat - Ohayo.co.id

Kombinasi semangka dan mayones dapat merangsang pertumbuhan rambut, menjaga rambut tetap sehat, serta menjaga kelembaban rambut. Cara merawat rambut dengan semangka bisa dilakukan dengan mencampurkan 250 hingga 300 gram semangka dan dua sendok mayones dalam wadah, lalu diamkan selama 10 menit. Campuran ini bisa digunakan sebagai hair mask dan dioleskan secara merata pada rambut.

Baca juga : Begini Cara Membuat Rambut Hitam Alami Tanpa Perlu ke Salon!

2. Minum Jus Semangka

Cara Merawat Rambut dengan Semangka Agar Senantiasa Sehat - Ohayo.co.id

Merawat rambut dengan semangka agar senantiasa sehat dapat dilakukan dengan mengkonsumsi jus semangka secara berkala. Hal ini akan merawat kulit kepala yang kering secara alami. Kemampuan semangka juga dipercaya mampu mencegah rambut rontok, membunuh kuman kulit, serta menguatkan folikel rambut.

3. Jus Semangka sebagai Kondisioner Alami

Cara Merawat Rambut dengan Semangka Agar Senantiasa Sehat - Ohayo.co.id

Membuat jus semangka untuk kondisioner juga merupakan variasi cara merawat rambut dengan semangka lainnya. Jus dapat dibuat dengan cara terlebih dahulu memotong semangka secukupnya dan tambahkan satu gelas air. Kemudian blender, dan pastikan buah sudah cair sehingga campuran menyatu. Tuang jus dalam gelas, lalu oleskan jus secara merata pada rambut sebelum menggunakan shampoo. Tunggu hingga 10 menit kemudian bilas sampai bersih.

4. Oleskan Kulit Semangka

Cara Merawat Rambut dengan Semangka Agar Senantiasa Sehat - Ohayo.co.id

Tidak hanya buahnya yang bisa merawat rambut, ternyata merawat rambut dengan semangka juga berlaku pada bagian yang tidak dikonsumsi. Sebut saja kulit semangka. Lapisan putih pada kulit semangka mengandung zat yang mampu mengurangi aktivitas mikroorganisme penyebab rambut rontok.

Zat-zat tersebut antara lain likopen untuk antioksidan; saponin sebagai anti virus dan anti bakteri; flavonoid sebagai anti inflamasi, analgesik, dan antioksidan; serta polifenol sebagai desinfektan. Selain itu vitamin C dan B6 yang ada pada kulit putih semangka mampu menutrisi rambut sehingga lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Dengan menggosok kulit semangka yang berwarna putih pada rambut secara menyeluruh, selama satu minggu sekali, dan satu hari sebelum keramas. Gunakan secara teratur agar rambut terbebas dari kerontokan.

Baca juga : Awas, Ternyata Ini Bahaya Mengeringkan Rambut dengan Kipas Angin!

5. Olahan minyak semangka

Cara Merawat Rambut dengan Semangka Agar Senantiasa Sehat - Ohayo.co.id

Yang satu ini mungkin baru pertama kali kamu dengar, ya olahan minyak semangka. Selain daging buahnya, konon olahan minyak dari biji semangka ini juga bisa digunakan untuk melembapkan rambut serta kulit kepala. Minyak semangka ini bisa kamu aplikasikan secara langsung. Namun, di sisi lain, kamu juga bisa memperoleh kandungan minyak semangka ini pada beberapa shampoo yang dijual di pasaran.

Merawat rambut bukanlah hal yang sulit, karena bisa dilakukan dengan bahan dan cara yang sederhana. Demikian tadi 5 cara merawat rambut dengan semangka. Cara alami ini ternyata justru lebih mudah dan lebih sehat apabila dibandingkan dengan menggunakan senyawa kimia yang ternyata justru menimbulkan efek samping. Banyak sekali ternyata manfaat semangka bagi kesehatan rambut yang belum kita ketahui, bahkan kulitnya juga sangat bermanfaat untuk solusi rambut rontok. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password