Langkah Mudah Merawat Printer Agar Awet dan Gak Cepat Rusak

Ohayo.co.id – Walaupun jaman now ini sudah serba paperless, printer ternyata masih sangat dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan, baik itu bagi para pelajar atau pun pekerja kantoran. Maka dari itu ada baiknya Anda tetap sediakan printer pribadi di rumah supaya lebih mudah mencetak dokumen kapan pun dibutuhkan.

Anda bisa kok membeli printer dengan jenis apapun yang sesuai kebutuhan pakai kredit online jaman now AKULAKU, sehingga Anda juga bisa lebih menghemat budget untuk pembelian printernya. Selain itu Anda pastinya juga harus tahu cara merawatnya dengan baik dan benar agar printer yang Anda miliki awet dan tentu saja juga tidak mudah rusak. Misalnya saja dengan menerapkan langkah-langkah mudah merawat printer agar awet di bawah ini.

Langkah Mudah Merawat Printer Agar Awet dan Gak Cepat Rusak

Perhatikan dengan baik intensitas penggunaannya

Langkah Mudah Merawat Printer Agar Awet dan Gak Cepat Rusak

Printer pada dasarnya mudah rusak jika kinerjanya terlalu Anda forsir. Kerusakan yang paling sering terjadi adalah di bagian cartridge yang menampung tinta printer. Anda tetap bisa mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak, asal Anda juga memberikan jeda waktu beberapa menit setelah mencetak maksimal 30 lembar kertas.

Sehingga printer bisa menyesuaikan kinerja cartridge terlebih dulu sebelum akhirnya mulai memproses dokumen kembali. Hal lain yang tak kalah pentingnya lagi adalah jangan pernah membiarkan salah satu bagian cartridge kosong. Tetap isi kedua cartridge printer Anda walaupun Anda hanya mencetak dokumen hitam putih tanpa tinta berwarna.

Baca juga : Agar Gak Cepat Rusak, Begini Tips Memilih Tinta Printer yang Harus Anda Tahu

Lebih rajin lagi membersihkan printer secara berkala

Langkah Mudah Merawat Printer Agar Awet dan Gak Cepat Rusak

Kebersihan printer juga harus banget Anda jaga dengan baik, sebab printer cukup sensitif sekali terhadap debu. Anda bisa membersihkan bagian dalam printer minimal 2 minggu sekali, dan menutup printer dengan menggunakan kain bersih ketika tidak menggunakannya. Jika Anda cukup rajin membersihkan printer, maka hardware printer akan tetap terjaga kualitasnya dengan baik dan dapat bekerja dengan baik pula tanpa error. Selain itu, pastikan juga kertas yang akan Anda gunakan bersih dan tidak berdebu.

Menggunakan printer sesuai dengan manual

Langkah Mudah Merawat Printer Agar Awet dan Gak Cepat Rusak

Buku manual yang biasanya disertakan ketika Anda beli printer bukan hanya jadi pajangan saja. Anda harus membacanya dengan seksama manual printer yang Anda beli. Sebab, tiap-tiap printer pasti memiliki spesifikasi yang harus diperhatikan oleh pemiliknya. Hal paling umum adalah mematikan printer dengan benar. Jaangan asal cabut kabel printer sebelum alat dimatikan dengan baik. Agar aman, tunggu saja beberapa detik untuk memastikan printer Anda tersebut benar-benar mati sempurna sebelum akhirnya Anda mencabut kabelnya.

Baca juga : 3 Printer Portable Kecil Untuk Cetak Foto Saat Travelling Lebih Mudah

Jangan meletakkan printer di sembarang tempat

Langkah Mudah Merawat Printer Agar Awet dan Gak Cepat Rusak

Untuk Anda nih yang mau memiliki printer laser, silakan perhatikan baik-baik tempat Anda penyimpan printer tersebut. Jangan sampai printer Anda terkena kontak langsung dengan paparan sinar matahari. Sebab, alat UPC drum yang ada di dalam cartridge printer laser ini sangat sensitif sekali dengan cahaya, dan pastinya juga mudah rusak jika terkena sinar matahari langsung.

Pastikan Anda sudah membeli printer yang tepat, karena kualitas sangat mempengaruhi keawetan barang yang Anda beli. Jika perlu, pakai saja printer serbaguna dengan fungsi copy serta scan. Tujuannya adalah agar aktifitas Anda jadi lebih mudah. Segala urusan Anda mulai dari print, scan, dan fotocopy pun jadi lebih mudah hanya dengan satu alat saja.

Nah, jika Anda sudah mengerti langkah-langkah merawat printer yang baik dan benar agar awet dan tidak cepat rusak, sekarang waktunya untuk membelinya melalui aplikasi kredit online jaman now satu ini, yakni AKULAKU. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password