Oh Mudahnya, Ternyata Begini Cara Merawat Pompa Air Shimizu

cara merawat pompa air shimizu

Ohayo.co.id – Air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting bagi manusia. Bumi terdiri dari kurang lebih 70 persen perairan dan 30 persen daratan. Meskipun begitu, hanya sekitar 0,6 persen dari total jumlah air di bumi yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Manusia membutuhkan air untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Air biasanya digunakan untuk aktivitas seperti mandi, mencuci, memasak, dan minum. Oleh karena itu, banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan air bersih agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Salah satu dari banyak cara yang dilakukan untuk memenuhi pasokan air bersih ialah menggunakan pompa listrik untuk mengambil air dari dalam tanah. Salah satu pompa air yang dapat diandalkan adalah Shimizu.

Pompa air Shimizu merupakan salah satu pompa air terbaik yang menyediakan teknologi untuk menghisap air dalam tanah. Pompa air Shimizu memiliki berbagai jenis tipe sesuai kebutuhan. Di antaranya adalah jenis sumur dangkal, sumur dalam, semi jet, booster, submersible, multi stage, dan stainless steel semi jet pump.

Jika Anda sudah menentukan untuk memilih pompa yang cocok dari segi dana dan kebutuhan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan rutin terhadap pompa air tersebut.

Hal ini dilakukan tentunya agar pompa air tetap berfungsi optimal dan mampu menjaga kebutuhan air di rumah. Simak kumpulan cara merawat pompa air Shimizu yang ternyata mudah untuk dilakukan.

 

1. Sesuaikan Panjang Pipa dengan Daya Hisap Pompa

Sumber Gambar: pompair .com

 

Agar pompa air lebih awet, sebaiknya gunakan pipa yang masuk ke dalam tanah dengan panjang yang disesuaikan dengan daya hisap pompa tersebut. Misalnya, jika daya hisap maksimal adalah 20 meter, maka gunakan pula pipa berukuran 20 meter. Jangan gunakan pipa yang berukuran lebih pendek.

Baca juga: Wah! Ini Dia 3 Cara Menyediakan Air Layak Konsumsi Langsung dari Alam!

 

2. Hindari Pemasangan Pompa di Bawah Sinar Matahari Langsung

Sumber Gambar: s3-ap-southeast-1.amazonaws .com

Mesin pompa air sebaiknya diletakkan di tempat yang teduh agar terhindar dari sinar matahari langsung ataupun hujan secara langsung. Hal ini agar tidak terjadi korsleting pada sistem kelistrikan pompa air tersebut.

Hindari juga pengoperasian pompa pada suhu di atas 40 derajat Celsius atau di bawah 10 derajat celsius dan juga pada suhu air lebih dari 40 derajat.

 

3. Jangan Menyelimuti Pompa dengan Bahan yang Mudah Terbakar

Sumber: zakilateknik.blogspot .com

Sebaiknya bagian lantai area mesin pompa steril dari genangan atau tetesan air. Caranya bisa dengan membungkus mesin pompa menggunakan tutup pelindung.

Tetapi, jangan selimuti pompa dengan kain atau bahan lainnya yang mudah terbakar. Selain itu, sebaiknya pompa tidak diletakkan di tempat rendah atau di bawah sumber hisapan air. Hal ini bertujuan agar pompa tidak terendam air dan merusak mesin.

 

4. Jangan Banyak Tikungan Pada Pipa

Sumber Gambar: pompair .com

Agar pompa air lebih awet sebaiknya jangan banyak tikungan pada pipa. Hal ini dilakukan untuk mencegah kebocoran atau mengurangi hambatan aliran air.

Baca juga: Wah! Ini Dia Alasan Pentingnya Membersihkan Kamar Mandi

 

5. Buat Jadwal Rutin untuk Membersihkan Pompa Air

Sumber Gambar: img.okeinfo .net

Jika kamu ingin merawat pompa air dengan benar, maka buatlah jadwal pembersihan mesin pompa air. Sebaiknya tentukan jadwalnya dengan rutin.

Mesin pompa air dibersihkan menggunakan oli  pada gigi putar atau lehernya. Selain itu,  setiap kali selesai menggunakan pompa air, pastikan untuk mematikan pompa dan melepaskannya dari stop kontak untuk menghemat listrik.

shimizu .co.id/products/PC-375-BIT

Itulah tips merawat pompa air terutama pompa air Shimizu agar lebih awet. Pompa air yang sering dirawat tentunya akan lebih optimal dalam melakukan tugasnya untuk menghisap dan mendorong air sehingga air untuk kebutuhan sehari-hari tetap tersedia.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan produk pompa air Shimizu. Salah satunya tipe pompa air Shimizu yang dapat dipasang adalah tipe PC-375 BIT. Pompa air tipe ini memiliki panjang pipa hisap 40 meter dan daya dorong maksimal 60 meter. Shimizu, Sedotannya Kuaaaaaaaat, Semburannya Kuencenggg!

Sumber featured image: youtube .com/watch?v=U7IbvYdjbe4

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password