Punya Biola? Ini Cara Merawat Biola dengan Benar Agar Makin Awet

Ohayo.co.id – Siapa yang tidak kenal dengan alat musik yang satu ini, yang mana alat musik ini telah banyak dimiliki oleh berbagai lapisan masyarakat indonesia. Di mana alat musik yang satu sangat lah mudah perawatannya juga sangat asik untuk pemula yang ingin belajar biola.

Di sini kami akan memberikan cara merawat biola yang benar dan baik tentunya. Kebanyakan dari Anda mungkin bisa menggunakan biola tanpa memperhatikan bagaimana kondisi dari biola itu sendiri. Apabila biola itu tidak ditangani dengan benar maka akan mengakibatkan biola Anda akan cepat rusak. Tentunya itu semua tidak akan Anda alami apabila Anda mengerti tentang cara-cara perawatnya.

Cara Merawat Biola dengan Benar

Sebelum membaca cara merawat biola, tentunya bagi Anda yang ingin memiliki biola terbaik dengan harga terjangkau bisa melakukan browsing terlebih dulu. Di AKULAKU, biola dengan merek terbaik dijual dengan harga yang cukup terjangkau, loh. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi AKULAKU untuk pembelian Biola secara kredit. Kenapa? Karena dengan akulaku, Anda bisa membayar barang yang Anda inginkan dengan cicilan ringan dan tanpa bunga.

Dalam artikel ini, akan diberikan cara merawat biola yang benar. Simak, yah.

1. Suhu penyimpanan

Cara Merawat Biola 2

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menjaga tempat penyimpanan biola itu sendiri, dimana suhu yang lembab akan mengakibatkan biola Anda akan mengalami jamuran, maka dari itu kami sarankan Anda dapat menyimpan biola Anda di tempat yang cukup baik, jangan terlau panas dan terlalu lembab.

2. Bersihkan rosin yang menempel di tubuh biola

Cara Merawat Biola

Debu mungkin menjadi permasalahan utama yang sering Anda alami saat Anda menyimpan biola kesayangan Anda ini y. Nh, tak perlu khawatir soal ini karena debu sangat mudah untuk Anda bersihkan, caranya cukup Anda lap dengan menggunakan tisu yang diberikan minyak kayu putih dan mulailah dengan menggosokan kerosin yang di tempeli debu-debu. Yang harus Anda ketahui juga minyak kayu putih itu sendiri memiliki sifat panas yang dapat merusak vernis biola jika Anda terlalu banyak.

Baca Juga : Tips Merawat Piano agar Tetap Bersuara Bagus

3. Bow

Cara Merawat Biola 3

Apa itu bow, bow adalah busur yang digunakan untuk menggesek biola itu sendiri. Bow ada juga yang terbuat dari sintesis dan ada juga yang terbuat dari ekor kuda. Saat Anda ingin memaikan biola Anda sebaiknya bow Anda alangkah baiknya Anda kencangilah terlebih dahulu.

Mengencangkan bow harus hati-hati dengan memutar screw/sekrup yang berada diujung daerah bow. Setelah digunakan kendurkan kembali bow dengan cara memutar screw. Usahakan jangan sampai menyentuh hair bow karena tangan Anda dapat mengelurkan minyak sehingga dapat mempengaruhi ke kesetan bow saat digesekan ke senar biola Anda.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password