Cara Menyembuhkan Sakit Punggung dengan Mudah dan Efektif

Cara Menyembuhkan Sakit Punggung dengan Mudah dan Efektif

Ohayo.co.id – Pernah mengalami sakit atau nyeri punggung? Penyakit nyeri punggung merupakan sensasi sensorik yang tidak menyenangkan, biasanya penyakit ini berhubungan dengan kerusakan jaringan yang terdapat pada daerah tulang belakang, tulang leher dan tulang ekor.

Sakit punggung atau lebih dikenal dengan nyeri punggung biasanya terjadi kapan saja, namun akan lebih terasa ketika malam hari. Penyakit nyeri punggung dapat disebabkan oleh banyak hal seperti postur tubuh yang tidak sesuai yang diakibatkan salah duduk, terlalu lama berdiri atau membungkuk serta akibat dari tubuh yang sering mengangkat benda terlalu berat. Biasanya cara menyembuhkan sakit punggung dengan kerokan.

Sakit nyeri punggung biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, namun tidak dengan nyeri punggung kronis yang dapat hilang dalam waktu yang lebih lama. Biasanya jika sudah dalam tahap kronis perlu dilakukan suatu bedah atau operasi.

Namun saat ini sudah terdapat beberapa cara menyembuhkan sakit punggung tanpa perlu operasi atau dengan menggunakan bahan, alat atau cara sederhana meskipun tidak sepenuhnya dapat menyembuhkan. Berikut ini metode atau cara menyembuhkan sakit punggung yang dapat kalian lakukan sendiri di rumah dengan mudah dan cepat.

5 Cara Menyembuhkan Sakit Punggung dengan Mudah dan Cepat

1. Kompres dengan menggunakan air panas atau air dingin

Cara Menyembuhkan Sakit Punggung dengan Mudah dan Efektif

Cara menyembuhkan sakit punggung dengan mudah dan cepat yang pertama yaitu dengan mengkompres menggunakan air panas atau dingin. Manfaat penggunaan air panas yaitu untuk meningkatkan ukuran pembuluh darah dan mempercepat aliran darah sampai ke punggung. Penggunaan kompres air dingin yaitu mengecilkan ukuran pembuluh darah serta mengurangi aliran darah sampai ke punggung sehingga dapat mengurangi gejala peradangan.

Baca juga : Tips Meredakan Nyeri Punggung dengan Mudah Menggunakan Jahe

2. Menggunakan obat-obatan

Cara Menyembuhkan Sakit Punggung dengan Mudah dan Efektif

Cara menyembuhkan sakit punggung yang kedua atau yang biasa kita gunakan yaitu dengan menggunakan obat-obatan. Obat-obatan yang ada bisa kalian dapatkan di warung atau apotik terdekat, namun harus tetap memperhatikan cara pemakaian, dosis dan efek samping. Obat-obatan tersebut contohnya analgesic, antidepresan dan obat pelemas otot.

3. Olahraga secara rutin dan teratur

Cara Menyembuhkan Sakit Punggung dengan Mudah dan Efektif

Ketiga, cara meyembuhkan sakit punggung yaitu dengan olahraga secara rutin dan teratur. Namun tidak semua sakit punggung disembuhkan dengan cara olahraga. Jika sakit punggung akut atau terjadi hanya dalam waktu singkat akibat cidera dan salah posisi tentunya hal ini dilarang. Jika memaksa maka hanya akan memperparah sakit punggung ini.

Namun tidak pada orang yang mengalami sakit punggung kronis, olahraga sangat membantu dalam mengurangi rasa sakit dan fungsi tubuh. Olahraga teratur dan sehat bagi penderita nyeri punggung terbagi menjadi empat jenis yaitu gerakan fleksi, ekstensi, peregangan dan low impact conditioning.

4. Terapi dekompresi

Cara Menyembuhkan Sakit Punggung dengan Mudah dan Efektif

Cara menyembuhkan sakit punggung yang keempat dengan cara terapi dekompresi. Terapi ini menggunakan alat yang efeknya dapat meregangkan tulang belakang. Tujuan dari terapi dekompresi ini yaitu membuka ruang bagi tulang yang membengkak, mengembalikan pada tempatnya semula serta merangsang aliran nutrisi sampai pada daerah tulang yang mengalami masalah atau sakit.

Baca juga : Gerakan Yoga yang Sejatinya Bikin Badan Tetap Bugar!

5. Menerapkan pola hidup sehat

Cara Menyembuhkan Sakit Punggung dengan Mudah dan Efektif

Kelima, cara menyembuhkan sakit punggung yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Cara ini sedikit lebih susah dikarenakan berkaitan langsung dengan gaya hidup sehari-hari yang biasa kita lakukan. Menerapkan pola hidup sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur buah yang mengandung banyak vitamin dan kandungan lainnya.

Hal lainnya yang dapat dilakukan dengan mengurangi dan menghindari aktivitas berat yang dapat memberikan efek cidera pada punggung seperti mengangkat beban berat, melakukan gerakan memutar punggung hingga mendorong dan menarik suatu benda dengan berat tertentu. Selain cara tersebut cara menyembuhkan sakit punggung dengan menerapkan pola hidup sehat yaitu dengan berhenti merokok dan tidur yang cukup pada malam hari.

Nah itu tadi lima cara menyembuhan sakit punggung dengan mudah dan cepat. Mulai dari penggunaan kompres air panas atau dingin, obat-obatan, gerakan olahraga secara teratur, terapi dekompresi hingga menerapkan pola hidup sehat. Sangat mudah dilakukan dan tertarik mencobanya? kalian dapat melakukannya di rumah. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password