Cara Menyembuhkan Sakit Mata yang Ampuh Menurut Para Ahli

Cara Menyembuhkan Sakit Mata Ampuh menurut Para Pakar

Ohayo.co.id – Ada berbagai macam cara menyembuhkan sakit mata, mulai dari cara alami hingga obat tetes mata anjuran dokter. Namun sebelum beranjak mengobatinya, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu penyebab dan jenis sakit mata tersebut.

Infeksi mata bisa terjadi karena berbagai faktor seperti virus, bakteri, alergi, kekurangan cairan pada mata bahkan terlalu memforsir mata untuk kegiatan yang berlebihan seperti begadang. Adapun untuk kepastian penyebabnya, tentu saja perlu diagnosa ahli medis secara langsung.

Cara Menyembuhkan Sakit Mata Merah atau konjungtivitis

Tahap pertama, biasanya terjadi konjungtivitis yaitu keadaan mata merah karena adanya gangguan pada membran transparan. Oleh karena itu mata sering terasa perih ketika mata berkedip disebabkan oleh peradangan pada pembuluh darah konjungtiva atau membran transparan tadi yang melapisi kelopak mata juga sebagai penutup bagian putih bola mata.

Baca juga: 5 Penyebab Mata Merah Sebelah yang Sering Dialami Seseorang

Apakah sakit mata itu menular melalui pandangan? Mungkin beberapa orang beranggapan bahwa sakit mata menular melalui pandangan, kayak perasaan aja “dari mata menular ke hati”. Percayalah, sakit mata tidak menular melalui pandangan.

Menurut seorang ahli bedah retina dr. Gilbert WS Simanjuntak, sakit mata menular dikarenakan kurang menjaga kebersihan. Misalnya, setelah bertemu dengan seorang teman yang sedang sakit mata ia tak mencuci tangan kemudian tanpa disadari mengucek matanya.

Baiklah, setelah mengetahui sedikit tentang penyebab sakit mata di atas. Berikut ini akan dipaparkan berbagai jenis pengobatan sakit mata ringan yang sering ditemui sehari-hari.

3 Cara Menyembuhkan Sakit Mata secara Alami

Cara Menyembuhkan Sakit Mata Alami

1. Madu

Cairan alami yang satu ini memang telah dikenal sejak zaman dahulu kala, bahkan sudah tren sejak era Cleopatra, seorang firaun wanita yang digunakan sebagai rahasia kecantikannya. Selain berkhasiat untuk kecantikan, ternyata madu juga dapat dijadikan sebagai obat tetes mata. Pada tahun 1981 telah dibuktikan oleh Dr. Emara M.H, pakar kedokteran mata dari Universitas Al-Mansura.

Cara Menyembuhkan Sakit Mata dengan Madu

Hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa madu mampu mengobati peradangan pada kornea mata, radang kelopak, radang selaput, juga mata belekan. Caranya cukup mudah:

  • Siapkan madu yang sudah tua, pastikan madu berkualitas dan higienis
  • Kemudian encerkan sekitar 20 hingga 50 persen
  • Teteskan ke mata yang sakit

2. Mengompres Mata

Cara Menyembuhkan Sakit Mata dengan kompres

  • Siapkan sapu tangan atau kain sejenisnya dan air hangat
  • Basahi kain tersebut dengan air hangat
  • Kompreskan pada mata yang sakit dengan keadaan kelopak mata tertutup
  • Lukakan paling tidak tiga kali sehari

Langkah ini dilakukan untuk mengurangi rasa gatal dan iritasi pada mata.

3. Kantong Teh Hangat

Cara Menyembuhkan Sakit Mata dengan Kantong/Bantal Teh

Mungkin masih banyak orang belum mengetahui bahwa kantong teh hangat dapat digunakan untuk menyembuhkan mata bintit, khususnya jenis teh hitam. Caranya cukup mudah:

  • Siapkan kantung teh yang telah digunakan dan belum terpapar debu
  • Kompreskan ke mata bintit selagi hangat selama 5 sampai 10 menit
  • Gunakan satu kantung teh untuk sekali kompres saja

Cara Menjaga Penularan Sakit Mata

7 Cara Mencegah Penularan Sakit Mata

Meskipun sakit mata tidak bisa menular melalui pandangan seseorang yang menderita sakit mata, tetapi sakit mata karena virus tetap bisa menular dari berbagai kontak lain. Oleh karena itu, sangat dianjurkan melakukan pencegahannya seperti berikut:

  • Menghindari sebisa mungkin sentuhan dengan penderita sakit mata, seperti menyentuh lengan dsb. Kecuali benar-benar sangat diperlukan.
  • Jangan menggunakan barang pribadi penderita sakit mata, seperti handuk, pakaian, dsb.
  • Bagi penderita sakit mata, dianjurkan tidak menggunakan kosmetik terlebih dahulu.
  • Jangan terlalu sering mengenakan kaca mata saat mengalami sakit mata karena virus akan selalu terpapar pada lensa. Kecuali penggunaan di luar ruangan untuk menjaga mata dari debu, jangan lupa membersihkan lensa lebih sering dari biasanya.
  • Gunakan kaca mata renang jika sering melakukan aktivitas dalam air. Namun, dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas dalam air terlebih dulu bagi penderita sakit mata.
  • Cuci tangan setelah berdekatan dengan penderita sakit mata. Khususnya bagi penderita sakit mata itu sendiri, mencuci tangan lebih sering dari biasanya.
  • Menjaga kebersihan lingkungan selalu menjadi solusi untuk hidup sehat.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Mata Sembab Sehabis Menangis

Demikianlah berbagai informasi mengenai kesehatan mata dan cara menyembuhkan sakit mata ringan yang sering terjadi di masyarakat sekitar. Pemaparan di atas memuat informasi yang benar-benar terpercaya dan dikonfirmasi oleh para ahli. Sehingga tidak menyertakan informasi yang masih kontroversial, seperti halnya membuat obat tetes mata dari rebusan daun siri, daun jambu biji dan dedaunan lain.

Menurut para ahli, rebusan dedaunan untuk obat tetes mata bisa mengandung jamur dan sangat berbahaya bagi mata yang sedang mengalami peradangan. Bahkan tumbuhkembangnya jamur akan semakin mudah pada mata yang tengah mengalami luka.

Oleh karena itu, sebaiknya tidak mencoba langkah yang mengandung risiko tinggi dengan panca indera sebagai taruhannya. Sebaiknya, tetap melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter ahli apabila cara menyembuhkan sakit mata di atas belum berhasil. Semoga bermanfaat!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password