Wah! Ini Dia 3 Cara Menyediakan Air Layak Konsumsi Langsung dari Alam!

Cara Menyediakan Air Layak Konsumsi Langsung dari Alam

Ohayo.co.id – Air merupakan kebutuhan dasar yang tidak dapat digantikan fungsinya. Fungsi air yang paling utama adalah sebagai air minum dan mandi. Karena fungsinya yang vital tersebut menjadikan air sangat berharga bahkan dapat dikatakan lebih berharga dari pada emas. Dari dua fungsi utama tersebut kebutuhan untuk minumlah yang lebih utama. Bagi orang yang bisa berlangganan air pada perusahaan penyedia air bersih mungkin hal ini tidak jadi masalah, tapi bagi mereka yang kebutuhan airnya bergantung sepenuhnya pada alam, tentunya hal ini menjadi suatu masalah atau kendala, karena air tanah di setiap tempat memiliki kualitas yang berbeda, oleh sebab itu perlu penanganan khusus untuk membuat air tanah lebih layak konsumsi. Berikut 3 cara menyediakan air layak konsumsi yang didapatkan langsung dari alam.

Cara Menyediakan Air Layak Konsumsi Langsung dari Alam

1. Menanam Pohon di Sekitar Sumur

Menanam Pohon di Sekitar Sumur - Cara Menyediakan Air Layak Konsumsi Langsung dari Alam

Sumur merupakan sumber air untuk kebutuhan konsumsi. Tak jarang, ketika sebuah sumur berada di atas sebuah lahan yang gersang tanpa ada tumbuhan di sekitarnya, membuat air yang ada di dalam sumur cenderung keruh. Hal tersebut karena tanah yang ada di sekitar sumur tersebut tidak tertahan oleh akar tanaman, sehingga sangat mudah untuk terkena erosi. Dengan demikian, air berpotensi untuk menjadi keruh. Oleh sebab itu tanamlah beberapa tanaman di sekitar sumur agar sumur Anda memiliki air yang lebih jernih.

2. Memanen Air Hujan

Memanen Air Hujan - Cara Menyediakan Air Layak Konsumsi Langsung dari Alam

Air hujan merupakan salah satu alternatif untuk menyediakan air bersih dengan catatan di daerah tempat hujan tersebut tidak terjadi polusi berat di dalamnya. Jika polusi tersebut terjadi dalam jumlah yang tinggi maka cara ini tidak dianjurkan. Namun jika tempat memanen hujan tersebut masih bersih udaranya cara ini cukup efektif dan relevan untuk menyediakan kebutuhan air bersih. Cara yang biasanya digunakan untuk memanen air hujan dalam jumlah yang banyak adalah dengan menggunakan tandon berukuran besar dengan menjadikan pipa yang terpasang pada atap rumah sebagai media untuk mengalirkan air masuk ke dalam tandon.

Baca Juga :  Pentingnya Akses Air Bersih bagi Sanitasi Rakyat Indonesia

3. Menyuling Air Dengan Metode Penguapan

Menyuling Air Dengan Metode Penguapan - Cara Menyediakan Air Layak Konsumsi Langsung dari Alam

Menyuling air dengan metode penguapan adalah cara yang cukup aman untuk menyediakan air layak konsumsi meskipun cara ini terbilang cukup lama. Cara ini merupakan cara ketika memang tingkat kelayakan air berada pada tingkat terendah atau air mengalami pencemaran sementara sudah tidak sumber atau mata air yang bisa digunakan untuk mendapatkan air. Menyuling air menggunakan motode ini secara teknis adalah dengan mendidihkan air sehingga air mengeluarkan uap, kemudian uap tersebut dikumpulkan kembali dan konversikan menjadi air lagi. Cara ini lama tetapi air yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik untuk dikonsumsi.

Shimizu SP-333K BIT - Cara Menyediakan Air Layak Konsumsi Langsung dari Alam

Itulah  3 cara yang dapat digunakan untuk menyediakan air layak konsumsi langsung dari alam. Air merupakan aspek terpenting dalam kehidupan manusia. Untuk itu bijaklah dalam menggunakan air. Demi menjamin efisiensi penggunaan air, sebaiknya Anda menggunakan pompa air yang memiliki daya serap cepat seperti Shimizu SP-333K BIT. Pompa air yang masuk kategori Submersible ini patut dipercaya karena dapat diandalkan di beragam tempat. Pompa air Shimizu adalah pompa air berkualitas yang telah mengantongi sertifikat Standart Nasional Indonesia (SNI) dan telah diekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara. Shimizu, Bintangnya Pompa Air.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password