Cara Menjaga Produktivitas Saat Puasa

cara menjaga produktivitas saat puasa

Banyak orang yang menyandingkan kata puasa dengan bermalas-malasan. Padahal menjaga produktivitas di bulan puasa juga menjadi hal yang penting. Ada empat cara agar produktivitas tetap terjaga saat bulan puasa, yaitu perhatikan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka, istirahat cukup, kurangi aktivitas yang kurang penting, dan hindari lembur.

1. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi Saat Sahur dan Berbuka

makanan saat berbuka puasa
Sumber : detik,com

Kualitas makanan adalah hal penting yang harus diperhatikan ketika berpuasa. Pastikan makanan dan minuman yang anda konsumsi saat berbuka dan sahur adalah makanan yang mengandung nutrisi seimbang. Seringkali kita menjadi kalap ketika melihat makanan yang tersaji saat berbuka puasa sehingga melahap apa saja yang ada di depan mata.
Kesalahan yang sama juga kita lakukan saat makan sahur, kita mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dengan anggapan bahwa hal itu akan membuat kita kenyang seharian saat berpuasa. Harus diingat bahwa makananan yang dikonsumsi saat bulan puasa akan memengaruhi produktivitas kita, terutama makan sahur yang menjadi bekal beraktivitas seharian.

Baca Juga : Tips Agar Kantor Jadi Super Nyaman Bagi Ide-ide Segar

Contohnya, minum teh manis terlalu banyak saat sahur akan menyebabkan kita ingin buang air terus-menerus yang berujung kehausan di siang hari. Untuk itu, pilihlah makanan sehat dan bergizi seimbang dengan kuantitas pas. Perbanyak juga meminum air putih yang banyak perannya bagi tubuh, terutama untuk menjaga kadar oksigen tubuh agar tidak mudah lemas dan ngantuk.

2. Istirahat Cukup

tidur cantik
Sumber : hellosehat,com

Agar tetap produktif dan kesehatan terjaga saat berpuasa, anda juga harus beristirahat dengan cukup. Jangan memforsir tubuh untuk melakukan pekerjaan atau hal lain. Jaga juga pola tidur anda selama puasa. Jika anda termasuk golongan orang yang suka beraktivitas sehingga lupa sedang berpuasa, anda bisa minta tolong diingatkan oleh anggota keluarga atau orang terdekat sehingga waktu istirahat tetap terpenuhi. Tidur kurang dari 7 hari akan berdampak buruk di siang hari yang berakibat penurunan daya ingat, sulit konsentrasi dan lemas.

Baca Juga : Makanan untuk Bakar Lemak Lebih Cepat yang Patut Dikonsumsi Saat Bangun Tidur 

3. Kurangi Aktivitas Yang Kurang Penting

betul dan salah
Sumber : gulalives,co

Menetapkan skala prioritas adalah hal penting yang harus dilakukan selama bulan puasa. Anda harus memilah-milah mana aktivitas yang harus dilakukan dan tidak harus dilakukan di bulan puasa. Anda sebaiknya mengurangi hal-hal yang kurang penting, seperti begadang untuk menonton film atau bola dan memainkan sosial media hingga larut malam.

Dengan menetapkan skala prioritas maka anda dapat melakukan dengan baik aktivitas utama dalam keseharian di bulan puasa. Selain itu, melakukan aktivitas yang kurang penting akan menguras energi dan waktu anda yang mengganggu kesehatan tubuh juga.

4. Hindari Lembur

lembur kerja
Sumber : magazine.job-like,com

Bagi anda yang bekerja dari pagi hingga sore, hindarilah untuk lembur di bulan puasa. Sebaiknya jangan menunda pekerjaan di kantor yang membuat Anda harus lembur untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Saat berpuasa dibutuhkan banyak energi. Belum lagi makanan dan minuman yang masuk ke tubuh juga dibatasi.
Selain itu, anda juga harus bangun pagi untuk makan sahur dan ini juga memerlukan energi. Apalagi anda seorang ibu yang harus siaga menyiapkan makan sahur dan berbuka untuk keluarga, hindarilah melakukan lembur.

Produktivitas tubuh berkaitan erat dengan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita. Nutrisi tersebut biasanya berasal dari makanan dan minuman saat sahur dan berbuka. Selain itu, suplemen makanan juga merupakan sumber nutrisi yang baik dikonsumsi saat bulan puasa. Salah satunya adalah suplemen Omepros dengan mengandung Omega 3, 6, dan 9 yang dapat menjaga daya tahan tubuh dan daya konsentrasi kita sehingga dapat tetap produktif di bulan yang suci. Yuk jaga asupan nutrisi tubuh bersama Omepros. Omepros, balancing your life!

Sumber Featured Image : blogkarir,com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password