Tidak Harus Mengandalkan Obat, Ini Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Tidak Harus Mengandalkan Obat, Ini Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Ohayo.co.id – Sariawan bisa dialami oleh siapa saja. Mulai dari bayi hingga orang tua, semua bisa mengalaminya. Tapi bagian terburuk dari sariawan adalah waktu penyembuhannya yang cukup lama. Belum lagi penderitaan yang dirasakan setiap kali Anda makan. Saat ini memang banyak obat sariawan yang beredar di pasaran. Ada juga suplemen yang bisa membantu mengatasi defisiensi vitamin dan membantu proses penyembuhan secara alami. Semua bisa diperoleh dengan mudah dengan aplikasi akulaku. Namun jika Anda mencari cara yang lebih alami, Anda bisa coba cara mengobati sariawan secara alami berikut ini.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

1. Jangan Lupa Gosok Gigi

Jangan Lupa Gosok Gigi - Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Menggosok gigi memang bisa memperparah sariawan, terlebih jika tidak dilakukan dengan benar. Bahkan tidak sedikit sariawan yang berawal dari luka yang muncul akibat terlalu keras menggosok gigi. Namun Anda juga harus ingat. Lamanya proses penyembuhan sariawan juga diakibatkan oleh bakteri dan kuman dalam mulut. Menggosok gigi bisa mengurangi jumlah bakteri dan kuman tersebut. Aktivitasnya pun terhambat. Jadi meski sakit, Anda tetap harus menggosok gigi secara teratur. Hanya saja kali ini lakukan dengan lebih hati-hati.

Baca juga : Obat Alami Untuk Bantu Atasi Sariawan

2. Kompres Sariawan dengan Bawang Putih

Kompres Sariawan dengan Bawang Putih - Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Cara mengobati sariawan secara alami berikutnya adalah dengan bawang putih. Bumbu dapur yang satu ini memang terkenal memiliki banyak manfaat. Bawang putih juga mudah diperoleh. Jika Anda ingin cara alami atau sekedar ingin berhemat, Anda bisa menggunakannya untuk mengobati sariawan. Ambil bawang putih, haluskan kemudian gunakan untuk mengompres sariawan. Diamkan selama beberapa saat kemudian berkumurlah hingga bersih. Kandungan belerang alami dalam bawang putih akan membantu mempercepat penyembuhan sariawan.

3. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan Air Garam - Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Garam telah lama dikenal sebagai antiseptik alami. Mendapatkannya juga tidak sulit. Bahkan garam hampir selalu bisa dijumpai di dapur. Anda bisa memanfaatkannya untuk mencegah aktivitas bakteri dalam mulut yang turut berkontribusi dalam memperparah sariawan. Caranya pun mudah. Campurkan garam dengan air, aduk hingga rata kemudian gunakan campuran tersebut untuk berkumur. Cara ini akan membantu proses penyembuhan sariawan. Anda memang tidak bisa mengharapkan hasil yang cepat. Namun dengan melakukannya secara rutin, sariawan akan sembuh secara bertahap.

Baca juga : Jangan Lakukan Ini Jika Tidak Ingin Bibir Pecah-Pecah Semakin Parah

4. Kompres dengan Teh Celup

Kompres dengan Teh Celup - Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Manfaat teh tidak hanya bisa diperoleh dengan cara mengonsumsinya secara teratur. Ampasnya juga memiliki banyak khasiat. Karena itu, jika Anda suka minum teh, jangan buang ampasnya. Anda bisa memanfaatkannya untuk membantu mengobati sariawan. Kandungan tanin di dalamnya mampu mengurangi rasa sakit akibat penyakit yang satu ini. Sama halnya dengan pengobatan alami lainnya, cara ini juga butuh waktu yang cukup panjang hingga memberikan hasil yang sesuai dengan harapan. Untuk itu, lakukan perawatan ini secara rutin. Untuk membantu mempercepat proses penyembuhannya, konsumsi juga suplemen vitamin C. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dengan aplikasi akulaku.

5. Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral - Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Salah satu penyebab sariawan adalah kurangnya vitamin dan mineral dalam tubuh. Mengonsumsi makanan sehat seimbang akan membantu mengatasi defisiensi keduanya. Setidaknya mulailah dengan menambah porsi sayur dan buah. Jika memang diperlukan, konsumsi juga multivitamin. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah bahkan membelinya secara kredit dengan aplikasi akulaku.

Itulah cara mengobati sariawan secara alami yang bisa dijadikan alternatif menyembuhkan sariawan. Namun, akan jauh lebih baik lagi jika Anda mencegahnya dengan mengonsumsi makanan sehat. Hati-hati juga saat makan. Begitu pula saat menggosok gigi. Dalam beberapa kasus, sariawan tidak selalu muncul akibat kekurangan vitamin ataupun mineral tertentu. Luka akibat gigitan juga bisa memicu munculnya sariawan. Namun jika ingin sariawan sembuh lebih cepat, Anda memang butuh obat sariawan. Anda pun bisa mendapatkannya dengan mudah menggunakan aplikasi akulaku.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password