Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Tidak Perih dengan Lidah Buaya

Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Tidak Perih dengan Lidah Buaya - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Anda pasti pernah mengalami sariawan bukan? Penyakit ringan yang satu ini biasanya berbentuk luka kecil, dangkal dan sering terasa nyeri pada area mulut, dasar gusi, bawah lidah dan juga sepanjang rongga mulut. Sariawan seringkali muncul hanya satu atau bahkan dua sekaligus pada bagian mulut, entah pada lidah atau bagian lainnya. Namun jangan khawatir, karena penyakit yang satu ini bukan penyakit berbahaya dan mudah disembuhkan. Anda bisa menggunakan cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih menggunakan lidah buaya. Lantas bagaimana cara mengobati sariawan dengan lidah buaya ini? Simak ulasannya.

Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Tidak Perih dengan Lidah Buaya

Sariawan bukan merupakan penyakit yang berbahaya. Penyakit ringan ini biasanya muncul karena daya tahan tubuh yang melemah, kekurangan vitamin B12, Asam Folat, ataupun infeksi bakteri tertentu. Kadang pula terjadi karena faktor hormonal pada wanita, seperti pada ibu hamil ataupun pada saat menstruasi.

Pada beberapa kasus, sariawan ini juga bisa disebabkan karena adanya trauma pada jaringan lunak mulut seperti tiba-tiba tergigit saat mengunyah makanan, lidah tergores makanan seperti keripik yang tajam, ataupun karena menggosok gigi terlalu keras hingga melukai gusi dan berdarah. Hal itulah yang kemudian menyebabkan timbulnya sariawan.

Sariawan ini bisa menyerang siapa saja, baik pada remaja, anak-anak, atau bahkan wanita dewasa. Bahkan beberapa orang juga ada yang rentan terkena sariawan, yaitu sembuh dan kemudian kambuh lagi. Namun meskipun tidak berbahaya, ada baiknya bagi Anda untuk mengobatinya. Hal tersebut dikarenakan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada berbagai cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih, sehingga ada baiknya untuk segera melakukannya.

Baca juga : 5 Penyebab Sariawan di Mulut yang Sering Diabaikan

Jika dibiarkan, maka sariawan bisa sangat lama dan sembuh setidaknya satu hingga dua minggu. Tentunya akan menghambat segala aktivitas harian Anda bukan? Bahkan bisa pula menyebabkan Anda tidak nafsu makan ataupun malas ngomong dengan orang sekitar karena nyeri sariawan tersebut yang begitu menjengkelkan.

Anda bisa mengobatinya dengan obat-obatan medis ataupun secara alami, yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Bahan-bahan alami seringkali digunakan sebagai cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih yang paling ampuh serta tidak menimbulkan efek negatif pada tubuh. Lidah buaya memang dikenal sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama rambut, namun juga kandungan yang ada di dalamnya mampu mengobati sariawan loh.

Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Tidak Perih dengan Lidah Buaya - Ohayo.co.id 2

Lidah buaya sangat efektif dalam mengobati sariawan karena memiliki sifat anti-inflamasi dan juga menenangkan. Jika Anda mengonsumsinya secara rutin dan teratur, maka bukan tidak mungkin jika bisa meredakan rasa sakit akibat sariawan dan menutup lukanya dengan cepat. Bahkan lidah buaya dipercaya juga bisa mencegah sariawan tersebut muncul kembali loh. Sangat menakjubkan bukan?

Cara menyembuhkan sariawan sangatlah mudah, yaitu pertama siapkan ekstrak gel daun lidah buaya secukupnya. Kemudian oleskan pada daerah yang sedang sariawan dan biarkan selama 20 menit. Setelah dirasa cukup, maka bilas mulut dengan air hangat. Lakukan hal secara rutin tiap hari, setidaknya 2 – 3 kali selama sehari. Selain dengan mengoleskannya, Anda bisa memanfaatkanya untuk dijadikan jus lidah buaya yang sangat lezat. Konsumsilah 3 – 4 kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

Baca juga : Inilah Penyebab Sariawan di Lidah dan Cara Mengatasinya

Kandungan nutrisi yang ada di dalam gel lidah buaya ini dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri, peradangan pada mulut akibat sariawan, dan juga lidah yang mengalami sariawan. Selain itu, gel tersebut bermanfaat untuk memberi efek dingin dan juga nyaman pada mulut yang menderita sariawan.

Itulah ulasan singkat mengenai cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih dengan lidah buaya. Selain dengan tanaman lidah buaya, Anda bisa memanfaatkan bahan alami lainnya seperti es batu, air garam, kantong teh dan sebagainya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password