Cara Mengobati Sakit Pinggang Belakang Secara Alami

Ohayo.co.id – Bagian tubuh yang sering mengalami rasa nyeri dan sakit adalah pinggang. Terutama mereka yang memiliki pekerjaan mengangkat beban berat tidak bisa terhindar dari risiko saki pinggang ini. Tetapi kita bisa mengatasinya dengan cara pengobatan yang alami yang diketahui mampu mengobati secara efektif. Pinggang belakang sakit dan terasa nyeri tentu disebabkan karena banyak hal.

Hindari memijat sembarangan jika tak tahu apa penyebab dan bagaimana kondisi pastinya. Dikhawatirkan dengan dipijat justru membuat kondisi pinggang belakang makin parah. Berikut beberapa cara mengobati sakit pinggang belakang yang bisa anda lakukan agar tak mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Cara Mengobati Sakit Pinggang Belakang

1. Kalsium

Cara Mengobati Sakit Pinggang Belakang Secara Alami - Ohayo.co.id

Jika yang anda rasakan adalah sakit pinggang belakang maka tak ada salahnya untuk mencoba memenuhi asupan kalsium dalam tubuh kita. Sebab, kalsium memanglah akan membantu tulang untuk bisa lebih kuat dan mencegah adanya osteoporosis di tulang belakang. Apabila sakit pada punggung tidak terlalu parah, biasakan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperti susu, sayuran berdaun hijau, keju, wijen dan lain sebagainya. Tulang ikan juga ternyata merupakan sumber kalsium yang bisa kita konsumsi dengan cara dipresto.

2. Terapi Panas

Cara Mengobati Sakit Pinggang Belakang Secara Alami - Ohayo.co.id

Pernahkah anda mencoba terapi panas untuk mengatasi sakit pinggang belakang? Cara ini dilakukan bagi mereka yang merasakan nyeri punggung yang sudah cukup kronis. Caranya adalah dengan lakukan terapi panas dengan menempelkan sesuatu yang panas selama kurang lebih 20 menit. Tempelkan di area yang sakit yang mana cara ini bisa meredakan rasa sakit di pinggang belakang anda. Lakukan berulang kali hingga terasa efeknya meredakan sakit atau nyeri di pinggang anda.

Baca juga : Cara Menyembuhkan Sakit Punggung dengan Mudah dan Efektif

3. Minyak Eucalyptus

Cara Mengobati Sakit Pinggang Belakang Secara Alami - Ohayo.co.id

Minyak eucalyptus merupakan bahan alami yang diketahui efektif untuk bisa menyembuhkan sakit punggung. Cara mengatasi sakit pinggang ini cukup dengan cara mengoleskan 3 hingga 4 tetes minyak tersebut pada area yang sakit. Anda bisa juga menambahkan parutan jahe agar bisa lebih hangat dan juga menenangkan otot di pinggang belakang anda. Gunakan minyak ini sebagai bahan alami yang bisa membantu meredakan sakit pinggang belakang dan terasa nyeri.

4. Bawang Putih

Cara Mengobati Sakit Pinggang Belakang Secara Alami - Ohayo.co.id

Kali ini cara alami datang dari bahan dapur yang diketahui selama ini sebagai penyedap masakan. Tetapi, caranya berbeda yaitu dengan memanaskan minyak kelapa atau minyak wijen dengan 8 siung bawang putih selama kurang lebih 1-2 menit. Diamkan hingga dingin dan gunakan campuran tersebut sebagai minyak untuk memijat di bagian yang sakit. Biarkan selama 4 jam dan mandi menggunakan air hangat. Cara ini akan membuat sakit pinggang belakang menjadi lebih nyaman dan menghilangkan rasa sakitnya.

Baca juga : Tips Meredakan Nyeri Punggung dengan Mudah Menggunakan Jahe

5. Mengubah Posisi Tidur

Cara Mengobati Sakit Pinggang Belakang Secara Alami - Ohayo.co.id

Tidur merupakan istirahat paling baik yang disarankan untuk memulihkan tenaga. Tetapi, tak sedikit juga yang justru merasakan sakit di pinggang belakang dengan posisi tidur yang menyiksa. Penting bagi anda memperhatikan bagaimana posisi tidur yang nyaman dan membuat tubuh merasa segar kembali. Caranya adalah berbaring telentang dengan punggung yang lurus di atas kasur. Cara ini memang dianggap sebagai posisi tidur terbaik saat anda mengalami sakit pinggang.

Kondisi pinggang belakang sakit memanglah mengganggu aktivitas dan rasa nyenyak saat kita tertidur. Tak sedikit juga yang mengeluhkan nyeri di bagian pinggang karena aktivitas yang terlalu berat. Ada banyak penyebabnya yang mana kita juga bisa mengobati sakit pinggang tersebut dengan cara-cara alami ini. Mulai dari mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, melakukan terapi panas, menggunakan bawang putih dan lain sebagainya.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password