Cara Mengobati Mata Merah Pada Anak Secara Alami dan Aman

Cara Mengobati Mata Merah Pada Anak Secara Alami dan Aman - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Mata merah (konjungtivis) adalah peradangan yang terjadi pada konjungtiva, dimana merupakan lapisan transparan yang melindungi kelopak mata bagian dalam dan bagian putih mata. Akibat dari peradangan tersebut membuat pembuluh darah terlihat, sehingga menyebabkan mata merah. Peradangan dapat terjadi pada semua kalangan sehingga dapat membuat mata tampak merah, baik pada orang dewasa maupun mata merah pada anak.

Mata merah biasanya disebabkan oleh virus maupun bakteri yang akan sangat mudah untuk menular. Selain terjadinya infeksi, mata merah teradap anak juga dapat disebabkan oleh alergi, seperti halnya alergi terhadap tungau debu, bulu hewan, serbuk sari, dan dapat juga dikarenakan iritasi yang diakibatkan oleh polusi udara. Untuk itu berikut ulasan mengenai cara mengobati mata merah pada anak secara alami dan aman yang harus Anda simak.

Cara Mengobati Mata Merah Pada Anak

Cara Mengobati Mata Merah Pada Anak Secara Alami dan Aman - Ohayo.co.id

Umumnya mata merah pada anak yang disebakan oleh infeksi virus maupun bakteri yang akan sembuh dengan sendirinya tanpa adanya pengobatan. Namun untuk mengurangi rasa tidak nyaman serta mempercepat proses penyembuhan, maka diperlukan adanya tindakan pengobatan medis ataupun secara alami yang aman. Mata merah pada anak akibat infeksi bakteri biasanya dikenali dengan adanya cairan kuning yang keluar dari mata, sehingga menyebabkan kelopak mata menjadi menempel. Hal tersebut terkadang ditAndai pula dengan mata bengkak dan juga berkerak.

Untuk mengobati serta mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, Anda dapat mengompresnya dengan air dingin, sehingga dapat menyejukkan daerah sekitar mata. Lakukan hal tersebut secara teratur agar mata kembali normal dari peradangan secara cepat. Namun jika hal tersebut tidak kunjung sembuh dan berlangsung dalam jangka waktu berhari-hari, maka ada baiknya untuk Anda memeriksakannya pada dokter.

Baca juga : Inilah 4 Bumbu Dapur yang Diklaim Ampuh Jadi Obat Saat Anak Sakit

Pada masalah semacam ini, dokter akan memberikan antibiotic mata berupa salep maupun tetes mata. Jika mata merah pada anak tersebut berlangsung lebih dua minggu, maka mata merah tersebut tergolong parah. Terdapat dua macam antibiotik yang diberikan oleh dokter yaitu chloramphenicol dan asam fusidat atau fusidic acid.  Agar lebih aman dalam pemberian obat tersebut, Anda harus memperhatikan obat jenis apa yang akan digunakan, baik dalam bentuk salep maupun obat tetes.

Cara Mengobati Mata Merah Pada Anak Secara Alami dan Aman - Ohayo.co.id

Untuk obat jenis salep, memungkinkan lebih mudah dalam pemberiannya terhadap anak. Cara untuk menggunakannya sangatlah mudah, yaitu cukup tarik ke bawah kelopak mata, dan oleskan salep pada area tersebut. Ketika anak mengedipkan mata, maka obat tersebut akan masuk ke bagian dalam mata. Sehingga obat yang diberikan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain menggunakan obat jenis salep, terkadang dokter akan memberikan obat berupa tetes mata. Dalam penggunaan obat jenis ini, sebaiknya meminta anak untuk berbaring, menyuruhnya untuk menutup mata, kemudian teteskan obat tersebut pada sudut mata bagian dalam. Setelah anak membuka mata dan berkedip, obat tersebut akan mengalir atau masuk pada bagian dalam mata.

Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika sebelum dan sesudah memberikan obat tersebut, pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu agar steril. Sebelum memberikan obat gunakan air hangat untuk membersihkan mata anak dari kotoran yang menempel. Hal tersebut berguna untuk membantu obat tersebut bekerja lebih efektif.

Cara Mengobati Mata Merah Pada Anak Secara Alami dan Aman - Ohayo.co.id

Dalam pemakaian obat, lakukan hingga masa pengobatan selesai atau sesuai dosis yang sudah dokter berikan. Hal tersebut untuk mencegah kemungkinan terjadinya infeksi kembali. Sementara itu, mata merah pada anak yang disebabkan oleh alergi harus diketahui terlebih dahulu faktor pemicunya, sehingga bisa dihindari dan segera jauhkan dari pemicu mata merah tersebut.

Baca juga : 5 Jenis Obat Penurun Panas Anak yang Bagus dan Aman

Itulah ulasan mengenai cara mengobati mata merah pada anak. Beragam penyembuhan dapat dilakukan untuk mengatasi mata merah, namun jika masalah tersebut dialami oleh anak-anak maka jangan sampai salah untuk menanganinya. Jika mata merah yang terjadi pada anak bertambah parah ataupun berkepanjangan setelah mengalami masa pengobatan, maka segera konsultasikan hal tersebut pada dokter mata untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password