Cara Menghilangkan Panu di Wajah Dalam 1 Hari Secara Alami

cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari

Ohayo.co.id – Tinea veriscolor atau yang biasa kita kenal panu merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Tanda munculnya penyakit kulit yang satu ini adalah timbulnya bercak-bercak putih di wajah disertai dengan rasa gatal. Apakah Anda pernah mengalaminya? Kemudian bagaimana cara mengatasinya? Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari.

Cara Menghilangkan Panu di Wajah Dalam 1 Hari

Panu yang tedapat di wajah berbeda dengan jerawat, jerawat terlihat menonjol sedangkan tidak untuk panu. Pada saat berkeringat pada bagian wajah yang terkena panu akan terasa gatal. Mallassezia adalah jamur yang menyebabkan panu itu timbul, jamur ini memang tidak berbahaya dan pada umumnya terdapat pada kulit manusia tak terkecuali dengan wajah.

Penyakit kulit yang satu ini memang tidak menular, akan tetapi apabila dibiarkan bercak putih di wajah Anda akan semakin melebar. Hal tersebut karena pertumbuhan yang tidak terkendali. Tentunya Anda tidak mau hal tersebut terjadi pada wajah bukan? pastinya akan sangat mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri.

Penyebab jamur Mallassezia bisa berkembang dan tak terkendali hingga saat ini masih belum di ketahui penyebabnya. Terkadang kebersihan seseorang juga dapat mempengaruhi pertumbuhan jamur tersebut. Berikut ulasan lengkap cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari yang bisa Anda lakukan.

1. Bawang putih

cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari

Manfaat bawang putih memang tidak perlu di ragukan lagi, termasuk bermafaat sebagai cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari. Di dalam bawang putih terdapat kandungan senyawa anti bakteri yang bisa membunuh seluruh tipe jamur dan kuman terutama yang terdapat pada kulit.

Caranya sangat mudah, yaitu ambil 1 siung bawang putih kemudian iris menjadi 2 bagian. Gosoklah irisan bawang tersebut pada kulit wajah yang terdapat panu hingga warna pada kulit sedikit berwarna kemerahan dan terasa agak perih. Jika perih sudah sedikit menghilang, lanjutkan lagi dengan menggosok hingga terulang rasa pada saat pertama kali. Kemudian biarkan sebentar hingga bakteri pada kulit wajah mati. Cara yang satu ini dipercaya dapat menghilangkan panu dalam 1 hari loh. Sangat hebat bukan?

2. Lengkuas dan garam

cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari

Lengkuas mempunyai kandungan yang berguna untuk mengatasi bakteri dan jamur, dimana juga sudah terkenal sejak zaman dahulu untuk menghilangkan panu di wajah. Cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari dengan lengkuas yaitu pertama ambillah 1 lengkuas kemudian di belah, gunakan lengkuas yang sudah di belah untuk di gosokkan pada bagian kulit wajah yang terdapat panu. Agar hasil lebih maksimal, Anda bisa tambahkan sedikit garam pada lengkuas. Lakukan hal tersebut 3 kali dalam sehari maka dalam 1 hari saja panu pada kulit wajah akan menghilang.

Baca juga: 5 Ciri-ciri Kulit Sehat dan Cantik yang Harus Anda Tahu

3. Belimbing wuluh dan kapur sirih

cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari

Cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari yaitu dengan memadukan belimbing wuluh dan kapur sirih. Bahan tersebut efektif untuk menghilangkan panu yang membandel loh. Caranya sangat mudah, pertama tumbuk halus belimbing wuluh dan campur dengan kapur sirih secukupnya. Oleskan pada kulit wajah yang terdapat panu, biarkan hingga kering kemudian cuci dengan air bersih.

Baca juga: Kulit Sehat dengan Kiwi, Bagaimana Caranya?

4. Jeruk nipis dan belerang

cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari

Campuran ekstrak vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis dan belerang dapat dengan ampuh sebagai cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari loh. Pertama yaitu tumbuk belerang hingga halus dan campurkan dengan perasan jeruk nipis sampai rata. Kemudian barulah oleskan pada bagian kulit wajah yang terdapat panu. Lakukan 2-3 kali dalam sehari sehingga panu akan hilang dalam waktu yang super cepat.

Itulah beberapa cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari, sangat mudah bukan? Tidak hanya bahan yang mudah didapat, namun dengan menggunakan bahan alami Anda tidak perlu khawtir mengenai efek sampingnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password