Cara Menghilangkan Milia di Wajah Paling Tepat dan Ampuh

Cara Menghilangkan Milia di Wajah Paling Tepat dan Ampuh - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Milia dikenal sebagai istilah kista milium yang berupa bintik-bintik kecil berwarna putih pada kulit. Jika Anda mengalami masalah kulit seperti Milia, tidak perlu khawatir karena tidak berbahaya dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Namun jika bintik-bintik putih ini berada di area wajah, pasti akan sangat mengganggu penampilan Anda bukan? Untuk itu, ada beberapa cara menghilangkan Milia di wajah yang bisa Anda lakukan.

Pada umumnya Milia terjadi pada bayi yang baru lahir ataupun juga dapat muncul pada semua kalangan usia. Biasanya munculnya bintik-bintik putih ini secara berkelompok pada bagian kelopak mata, mata, hidung, dahi, pipi dan dada. Jika hanya terdapat satu bintik atau benjolan maka istilah yang digunakan yaitu milium. Tak perlu khawatir, Anda dapat menghilangkan Milia dengan beberapa cara berikut.

Cara Menghilangkan Milia di Wajah Paling Efektif

Perlu diketahui pula kenapa Milia bisa muncul, yaitu pada beberapa area kulit disebabkan oleh kulit yang tidak terkelupas dengan baik ataupun dikarenakan terlalu sering terpapar sinar matahari penyebab timbulnya gangguan pada kelenjar Pilosebasea. Milia dapat sembuh dan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau beberapa bulan. Namun untuk penderita Milia yang membutuhkan penanganan khusus, dapat menghilangkannya dengan jarum bersih untuk mengeluarkan isinya. Anda bisa meminta bantuan dokter atau ahli yang tentunya menghabiskan banyak uang.

Oleh karena itu, berikut cara menghilangkan Milia di wajah yang ampuh dan bisa dilakukan di rumah, antara lain :

1. Menjaga kebersihan wajah

Cara Menghilangkan Milia di Wajah Paling Tepat dan Ampuh - Ohayo.co.id

Cara menghilangkan Milia di wajah yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan kulit wajah. Dalam mencuci wajah pastikan menggunakan sabun atau pembersih wajah yang bebas dari kandungan Paraben. Selain produk pembersih wajah, cara membersihkannya juga harus diperhatikan. Basahi wajah sebelum mengoleskan pembersih wajah, kemudian pijit lembut dan bilas menggunakan air bersih. Terakhir, tepuk kulit agar kering dan untuk membantu menjaga kelembapan kulit itu sendiri.

Baca juga : 5 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dengan Bahan Rumahan

2. Eksfoliasi wajah

Cara Menghilangkan Milia di Wajah Paling Tepat dan Ampuh - Ohayo.co.id

Eksfoliasi merupakan salah satu teknik perawatan kulit wajah dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan teknik ini akan membantu kulit wajah terhindar dari Milia tanpa perlu perawatan di Salon Kecantikan. Anda cukup melakukannya di rumah dengan menyiapkan bahan-bahan eksfoliasi ringan seperti scrub gula atau campuran antara gula merah dengan minyak zaitun. Teknik ini sebaiknya dikhususkanuntuk area kulit yang terdapat Milia saja.

Caranya sangat mudah, yaitu oleskan sedikit scrub dan gosokkan secara perlahan pada kulit wajah yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Lakukan selama 20 hingga 30 detik kemudian bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal, Anda dapat melakukan teknik tersebut tiga kali dalam seminggu hingga Milia menghilang.

Baca juga : Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat dengan Stroberi

3. Masker madu manuka

Cara Menghilangkan Milia di Wajah Paling Tepat dan Ampuh - Ohayo.co.id

Selain melakukan eksfoliasi wajah, cara menghilangkan Milia yang lain adalah dengan menggunakan masker madu manuka. Masker ini dapat membantu mengurangi peradangan akibat bakteri atau iritasi pada kulit. Untuk cara penggunaannya sendiri yaitu cukup campurkan 3 sendok makan madu manuka dengan 1 sendok makan kayu manis. Kemudian panaskan bahan tersebut selama 30 menit dalam microwave, oleskan secara tipis ke wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan Milia pada kulit wajah yang tepat dan juga ampuh. Sangat disarankan untuk menghindari penggunaan riasan jika terdapat Milia pada kulit wajah, agar tidak semakin parah. Jika bertambah parah, maka Anda harus melakukan konsultasi pada dokter ahli untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Semoga bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password