Olahraga, Cara Menghilangkan Depresi yang Ampuh!

Olahraga, Cara Menghilangkan Depresi yang Ampuh - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Di kehidupan modern seperti saat ini masyarakat sangat rentan sekali mengalami depresi. Jika Anda sedang mengalami depresi atau stres yang diakibatkan oleh beban pekerjaan atau masalah yang lain, ada cara menghilangkan depresi yang ampuh untuk mengurangi depresi dan stres yang Anda alami, yaitu olahraga.

Olahraga adalah salah satu cara menghilangkan depresi yang efektif untuk meredakan depresi dan stres. Saat olahraga kita memproduksi hormon endorfin, dopamin, serotonin, dan triptofan. Hormon-hormon tersebut adalah hormon yang bermanfaat untuk membuat anda menjadi lebih merasa bahagia. Namun, biasanya di saat depresi tubuh kita menolak untuk beraktivitas alias ingin bermalas-malasan, untuk itu cobalah lakukan beberapa hal di bawah ini agar membuat Anda lebih bersemangat untuk memulai olahraga.

Olahraga, Cara Menghilangkan Depresi yang Ampuh!

Olahraga, Cara Menghilangkan Depresi yang Ampuh - Ohayo.co.id 1

Mulai Kembali Olahraga

Jika Anda memang pada dasarnya agak malas dalam melakukan olahraga, cobalah untuk melakukan olahraga-olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, atau sekedar jalan-jalan santai mengelilingi komplek rumah Anda. Selain dapat menyehatkan tubuh, olahraga ringan ini juga akan membuat pikiran Anda lebih fresh dan membantu menghilangkan depresi Anda.

Misalkan Anda memiliki hobi pada olahraga tertentu dan sudah lama tidak melakukannya, cobalah meluangkan waktu untuk melakukannya kembali. Mungkin awalnya akan sangat berat untuk memulai kembali, namun Anda harus menguatkan niat Anda demi hidup yang lebih baik. Pada saat Anda sudah menjalaninya, dijamin Anda akan merasakan manfaatnya dengan keadaan tubuh yang lebih baik juga segar untuk menjalani beragam aktivitas.

Baca juga : Risiko Rambut Beruban Semakin Tinggi Akibat Stress Berkepanjangan

Ajaklah Teman Berolahraga Bersama

Bagi sebagian orang, melakukan olahraga sendiri akan terasa membosankan, sehingga lebih memilih untuk tidak melakukannya. Jika Anda masih juga belum cukup termotivasi untuk berolahraga, cobalah untuk mengajak teman-teman Anda untuk melakukan olahraga bersama, misalnya sekedar jogging bersama, zumba, basket, atau bulutangkis.

Ketika bersama teman, kita mungkin jadi punya teman bicara pada saat berolahraga, sehingga olahraga terasa lebih ringan. Selain itu, saat seperti ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menceritakan masalah Anda dengan teman-teman Anda, siapa tahu dengan berbagi maka beban pikiran yang membuat Anda depresi dapat berkurang.

Olahraga, Cara Menghilangkan Depresi yang Ampuh - Ohayo.co.id 2

Buatlah Catatan

Sebelum melakukan olahraga mungkin Anda dapat membuat beberapa catatan misalnya berapa berat badan Anda sebelum olahraga. Dengan membuat sebuah catatan tentang kemajuan fisik saat berolahraga, dapat membuat Anda menjadi semakin termotivasi ketika mengetahui bahwa Anda mengalami peningkatan yang baik.

Dengan cara ini, ketika Anda mendapati tingkat kebugaran fisik menjadi lebih baik saat berolahraga. Peredaran darah Anda juga bisa dipastikan menjadi lebih lancar, dimana darah menjadi lebih kaya oksigen. Salah satu dampak positif peredaran darah yang lancar ini adalah membantu mengurangi depresi yang Anda alami.

Baca juga : Pria Lebih Rentan Depresi Dibandingkan dengan Wanita, Ini Alasannya!

Demikianlah kiat-kiat yang dapat Anda lakukan sebagai cara menghilangkan depresi yang cukup efektif. Selain melakukan kiat-kiat di atas, ada baiknya Anda juga memperhatikan pola makan dan kandungan nutrisi yang Anda konsumsi agar kesehatan tubuh Anda dapat terus terjaga. Depresi bisa saja terjadi karena tubuh kekurangan asupan nutrisi yang baik, sehingga organ tertentu seperti otak tidak bisa bekerja dengan baik.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password