Cara Menghemat Kuota Data Internet Paling Efektif

Cara Menghemat Kuota Data Internet Paling Efektif - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Internet seakan menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang saat ini. Baik hanya untuk sekedar bersosial media, sarana mencari informasi, bermain game ataupun untuk sarana kelancaran bisnis. Apalagi sekarang ini kita perangkat teknologi juga sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Internet seolah menjadi hal pokok yang harus dimiliki untuk bisa menggunakan sebauah perangkat teknologi, misalnya saja smartphone.

Kebutuhan internet yang semakin membengkak ini, menuntut seseorang harus menghabiskan banyak uang hanya untuk sekedar membeli kuota data internet. Tapi demikian, ternyata ada lho cara menghemat kuota data internet di smartphone android. Penasaran ingin tahu bagaimana caranya? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Cara Menghemat Kuota Data Internet Paling Efektif

1. Menggunakan aplikasi browser hemat kuota

Cara Menghemat Kuota Data Internet Paling Efektif - Ohayo.co.id

Cara menghemat kuota internet yang pertama bisa kamu lakukan dengan hanya menggunakan aplikasi browser tertentu. Salah satu aplikasi browser yang diklaim cukup hemat kuota internet adalah Opera Mini. Dalam kinerjanya, aplikasi ini nantinya akan melakukan kompres halaman website sebelum nantinya ditampilkan ke pengguna. Dengan demikian, kuota internet tidak akan terkuras habis.

Selain Opera Mini, Google Chrome pun saat ini juga menerapkan cara kerja seperti itu. Beberapa halaman bisa dikompres terlebih dahulu dengan meminimalkan tampilan gambar, video dan juga iklan.

2. Non-aktif opsi sinkronisasi

Cara Menghemat Kuota Data Internet Paling Efektif - Ohayo.co.id

Mengaktifkan fitur sinkronisasi otomatis di smartphone ternyata dapat menguras banyak kuota internet. Karena itulah, jika ingin kuota internetmu gak cepat habis, cobalah untuk menon-aktifkan fitur sinkron tersebut. Cara menon-aktifkan fitur inipun cukup mudah, langsung saja menuju menu Setting >> Account >> dan pilih aplikasi mana saja yang ingin dinon-aktifkan sinkronisasinya. Dengan cara ini, banyak yang sudah merasakan kuota internet yang lebih hemat.

Baca juga : Auto Hemat! 5 Cara Menghemat Kuota Internet Smartphone Hingga 50%

3. Melakukan pembatasan penggunaan data

Cara Menghemat Kuota Data Internet Paling Efektif - Ohayo.co.id

Cara menghemat kuota internet di android selanjutnya adalah dengan melakukan pembatasan penggunaan data internet. Selain membatasi penggunaannya, kamu juga bisa mengaktifkan peringatan jika penggunaan mobile data sudah melebihi batas yang ditentukan sebelumnya. Secara otomatis, kamu akan lebih menghemat penggunaan data internet.

Untuk menerapkan cara satu ini juga cukup mudah, tinggal kamu masuk atau menuju menu Setting >>  pilih Data Usage >>  klik Celular Data >> dan terakhir Set celular data limit kemudian aktifkan.

4. Non-aktifkan pembaruan aplikasi otomatis

Cara Menghemat Kuota Data Internet Paling Efektif - Ohayo.co.id

Guna untuk semakin memaksimalkan kinerja suatu aplikasi, pihak developer biasanya sering melakukan update pada aplikasinya. Dengan begitu, berbagai masalah yang biasanya sering terjadi bisa diselesaikan. Dan juga biasanya sang developer akan menghadirkan berbagai fitur baru untuk semakin menarik minat pengguna. Tapi hal yang demikian ini tentunya akan menguras kuota internet. Karena itulah, penting sekali untuk kamu menon-aktifkan fitur pembaruan otomatis ini.

Jika memang ada aplikasi yang ingin diupdate, kamu bisa menggunakan jaringan Wifi saja. Lakukan update hanya di waktu-waktu tertentu serta menggunakan jaringan wifi.

Baca juga : Kuota Internet Jebol? Ini Penyebabnya!

5. Membatasi penggunaan data di latar belakang

Cara Menghemat Kuota Data Internet Paling Efektif - Ohayo.co.id

Cara menghemat kuota internet yang terakhir adalah dengan membatasi penggunaan data di latar belakang. Aplikasi yang berjalan di latar belakang memang seringkali menguras banyak kuota internet. Beberapa aplikasi yang sering berjalan di latar belakang seperti, aplikasi chat, sosial media, game dan lain sebagainya. Mulai sekarang, sebaiknya kamu melakukan pembatasan terhadap penggunaan data di latar belakang tersebut.

Cara melakukannya juga cukup mudah, tinggal kamu masuk saja ke menu Setting >> pilih Data Usage >> klik pada tiga garis vertikal di pojok kanan atas >> pilih Restrict background data >> dan terakhir pilh OK. Perlu diingat, jika melakukan pembatasan ini berarti berisiko notifikasi muncul lebih lambat.

Itulah tadi cara menghemat kuota data internet di android paling mudah dan efektif. Terapkan cara di atas dan rasakan kuota data yang lebih hemat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password