9 Cara Menghemat Baterai HP Terbaru dan Ampuh

Cara menghemat baterai HP Ampuh

Ohayo.co.id – Terkadang konsumsi kebutuhan digital tak seimbang dengan kapasitas baterai HP yang dimiliki, sehingga perlu trik tersendiri sebagai cara menghemat baterai HP agar komunikasi tetap berjalan dengan mulus. Apalagi kalau lagi PDKT sama doi, eh HP-nya malah mati. Padahal kebetulan lagi menerima pesan WhatsApp, nanti malah dikira gak mau bales. Bisa buyar kan?

Teknologi dari masa ke masa memang mengalami perubahan begitu drastis, apabila zaman dahulu baterai HP berukuran begitu besar sedangkan di zaman sekarang baterai HP semakin tipis dengan kapasitas lebih besar. Kapasitas baterai HP lebih besar dari generasi baterai sebelumnya bukan berarti daya tahannya bisa semakin lama. Mengingat kebutuhan digital semua orang semakin meningkat.

Berdasarkan pengalaman, untuk beraktivitas digital dengan HP seharian biasanya menghabiskan sekitar 4000 mAh lebih. Dengan kata lain, kapasitas di bawah itu sangat mungkin habis sebelum hari menjelang petang.

Tentunya tidak hanya baterai HP yang menentukan kelangsungan aktivitas digital dengan ponsel pintar, tetapi cara menghemat baterai HP juga sangat penting agar memilah aktivitas penting mana saja yang bisa dipertahankan dan aktivitas HP mana yang tak perlu diaktifkan.

Salah satu sistem operasi HP yang paling digunakan saat ini adalah Android. Segudang aplikasi bawaan pasti memakan energi baterai yang cukup banyak. Berikut ini cara menghemat baterai HP dengan sistem Android.

9 Cara Menghemat Baterai HP Android Terbukti Ampuh

Cara menghemat baterai HP Ampuh
Foto: Pixabay

1. Mematikan GPS

Perlu tenaga ekstra dan berkepanjangan ketika lokasi GPS selalu dalam keadaan aktif. Apabila tidak benar-benar dibutuhkan, sebaiknya dinonaktifkan terlebih dahulu agar energi baterai lebih hemat.

2. Turunkan Intensitas Cahaya

Selain mengganggu kesehatan mata, intensitas cahaya dari layar HP yang terlalu terang mengakibatkan konsumsi baterai semakin meningkat. Pada beberapa HP biasanya disertakan fitur tertentu agar warna latar belakangnya menjadi gelap. Ternyata walpaper warna gelap juga bisa menghemat konsumsi baterai.

3. Mematikan WIFI Otomatis

Bagi pemegang HP Android dengan sistem operasi paling baru seperti ‘Oreo’, fitur mencari jaringan WIFI secara otomatis aktif. Cukup matikan dengan masuk ke pengaturan > jaringan dan internet > WIFI. Di bagian bawah WIFI, hilangkan centang otomatisnya.

4. Seleksi Aplikasi

Menonaktifkan aplikasi yang tidak benar-benar dibutuhkan adalah salah satu langkah paling efektif untuk menghemat baterai. Caranya masuk ke menu pengaturan > aplikasi dan pembaharuan > pilih menu lanjutan > baterai > latar belakang.

Bagi pengguna HP lawas dapat memasang aplikasi Greenify untuk menghentikan aplikasi yang berjalan pada latar belakang. Memasang aplikasi pihak ketiga adalah pilihan terakhir apabila benar-benar tak ada fitur tersebut dalam HP Android yang sedang digunakan.

5. Kelola Akses Data Aplikasi pada Latar Belakang

Penggunaan data juga dapat diputus aksesnya untuk beberapa aplikasi yang tidak diperlukan. Cara masuk pada menu seperti langkah yang ada pada poin sebelumnya, kemudian pilih penggunaan data.

6. Cek Aplikasi yang Rusak

Aplikasi yang tak berjalan seperti seharusnya akan menghabiskan energi baterai secara signifikan. Istilah ini sering disebut dengan bug pada aplikasi, mungkin belum diperbaharui atau juga memang harus diinstall ulang.

Cek aplikasi yang memiliki gelagat aneh pada menu pengaturan > baterai > menu > penggunaan baterai. Aplikasi apa yang paling banyak menghabiskan baterai, apabila dirasa aplikasi tersebut menghabiskan energi baterai yang tidak masuk akal, sebaiknya langsung dicopot pemasangannya.

7. Aplikasi Lite

Beberapa HP yang memiliki kapasitas kecil, sebaiknya memilih aplikasi versi lite yang disediakan Play Store. Aplikasi lite pada dasarnya didesain dengan konsumsi energi baterai yang lebih kecil dibanding versi utamanya.

8. Mematikan Google Assistant

Memang sih aplikasi ini membuat berbagai langkah menjadi lebih mudah, akan tetapi menghabiskan energi baterai yang cukup banyak. Sehingga, apabila tidak benar-benar memerlukannya sebaiknya dimatikan untuk memperpanjang energi baterai.

Mungkin agak sulit untuk menemukan menu untuk mematikannya. Biasanya, masuk ke aplikasi Google dan tekan tab more. Kemudian ketuk pengaturan, lihat ke bawah tajuk Google Assistant, maka ada menu pengaturan lagi. Pilih tab asisten, ketuk nama ponsel Anda di bagian bawah daftar. Matikan opsi Google Assistant, selesai.

Baca juga: 5 Pilihan HP 5G yang Akan Dirilis di Tahun 2019

9. Mematikan Sinkronisasi Otomatis

Mematikan sinkronisasi otomatis juga dapat menghemat baterai HP secara signifikan. Untuk menonaktifkannya, masuk ke pengaturan> akun > opsi data yang disinkronkan secara otomatis biasanya ada di bagian bawah. Bisa juga mematikan sinkronisasi khusus untuk aplikasi tertentu.

Cara menghemat baterai HP Ampuh
Foto: Pixabay

Baca juga: Kumpulan Hp Baterai Tahan Lama Terbaik 2018 yang Layak Dipilih

Demikian cara menghemat baterai HP Android paling baru, seharusnya bisa juga diaplikasikan pada sistem operasi terbaru seperti ‘Oreo’, ‘Pie’ dan seterusnya. Apabila Anda mendapatkan masalah lain seperti banyaknya berkas yang hilang, pada artikel sebelumnya dibahas berbagai masalah seputar Android tidak terkecuali cara restore file yang terhapus di android. Semoga bermanfaat!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password