5 Cara Mengatasi Kolik pada Bayi yang Paling Aman

Cara Mengatasi Kolik pada Bayi yang Paling Aman

Ohayo.co.id – Kolik pada bayi tak jarang akan membuat ibu menjadi panik dan membuat suasana semakin rumit. Padahal dengan cara yang tepat, kolik pada bayi bisa teratasi. Apa itu Kolik ? Kolik merupakan kondisi dimana bayi menangis sejadi-jadinya dengan waktu cukup lama. Tentu hal ini menandakan ada sesuatu yang salah bisa karena faktor dari dalam maupun luar. Misalnya saja seperti perut bayi yang terasa kembung atau keras, bisa juga karena suasana lingkungan yang tidak nyaman. Tak perlu panik dulu, ketahui bagaimana cara mengatasi kolik pada bayi dengan tepat dan aman.

Meski tergolong tidak berbahaya tetapi jika hal ini terjadi terus menerus akan membuat bayi sangat tidak nyaman dan membuat ia kelelahan. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi apabila bayi kelelahan saat menangis. Maka dari itu, jika bayi mengalami kolik pastikan untuk para ibu tetap tenang dan menggendongnya dengan keadaan sikap lembut.

5 Cara Mengatasi Kolik pada Bayi dengan Benar

1. Mandikan dengan Air Hangat

Mandikan dengan Air Hangat

Salah satu cara mengatasi kolik pada bayi adalah memandikannya menggunakan air hangat. Namun bukan berarti memandikan saat ia menangis. Hanya saja bisa menjadi pencegahan ketika bayi berusia 1 hingga 4 bulan. Mandikan dengan air hangat untuk mengurangi rasa nyeri karena kolik. Tidak hanya itu, mandi dengan air hangat ini akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar dan mengurangi gejala kolik yang ada.

2. Beri Penghangat pada Perut Bayi

Beri Penghangat pada Perut Bayi

Cara paling aman berikutnya adalah dengan memberinya minyak telon atau sesuatu yang hangat. Biasanya perut bayi yang mengalami kolik akan kembung dan terasa melilit. Berikan botol berisi air hangat dan oles perlahan di perut bayi. Bisa juga dengan mengoleskan beberapa tetes baby oil atau minyak kelapa. Usapkan pada perut bayi secara perlahan. Cara ini untuk membuatnya hangat dan lebih nyaman.

Baca juga : 4 Gejala dan Penyebab Kolik pada Bayi yang Harus Bunda Tahu

3. Beri Probiotik atau Air Madu Hangat

Beri Probiotik atau Air Madu Hangat

Ada fakta yang menyebutkan bahwa bayi yang mengalami kolik memiliki jumlah mikroflora lebih atau berada di atas normal. Pemberian probiotik akan membantu mengatasi kolik dengan aman. Tetapi sebaiknya sang ibu berkonsultasi dulu dengan dokter untuk cara aman menggunakan pemberian probiotik ini. Bisa dengan pemberian air madu hangat, rasa manis yang alami akan mengurangi nyeri yang diakibatkan terjadinya kolik.

Baca juga: Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar, Bunda Wajib Tahu!

4. Buat Lingkungan yang Tenang

Buat Lingkungan yang Tenang

Kolik juga bisa dipicu karena lingkungan yang bising dan tidak nyaman untuk bayi. Maka dari itu, pastikan lingkungan pada bayi adalah aman dan tenang. Jauh dari keramaian sangat bagus jika untuk membuatnya tidur nyenyak. Jangan lupa untuk mengatur pencahayaan kamar dengan tidak terlalu terang atau redup. Cobalah memberi musik ritmis yang disukai bayi untuk membuatnya makin nyenyak ketika tidur.

Baca juga : Bayi Rewel di Malam Hari, Begini Cara Mudah Mengatasinya!

5. Hindari Makanan atau Minuman Pemicu Kolik

5 Cara Mengatasi Kolik pada Bayi dengan Benar

Apabila bayi masih meminum asi maka sebaiknya ibu mengurangi adanya asupan makanan dengan kandungan berbumbu kuat. Terutama makanan yang menghasilkan gas misalnya seperti kacang merah, kubis, kafein dan lain sebagainya. Jika bayi memang minum susu formula maka bisa ada kemungkinan mengalami intolerant pada produknya. Konsultasikan dengan dokter untuk mengganti produk susu formulanya.

Tak perlu panik lagi, cara mengatasi kolik pada bayi dengan langkah-langkah aman ini akan membuat bayi tetap nyaman. Perhatikan apa saja penyebabnya dan hindari hal tersebut. Jangan lupa untuk menggendongnya dan menenangkan bayi dengan lembut ketika ia menangis.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password