Cara Paling Ampuh Mengatasi Kentut Bau Busuk

kentut bau

Ohayo.co.id – Anda pasti pernah mengalami keadaan dimana tubuh mengeluarkan kentut bau busuk bukan? Kentut memang merupakan sebuah cara alami untuk membuang limbah yang ada dalam tubuh. Bahkan setiap orang rata-rata bisa membuang angin ini sebanyak 10 – 20 kali dalam sehari. Namun meskipun begitu, tidak semua kentut menimbulkan bau yang busuk, karena hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal.

Kentut bau busuk biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti kondisi dimana tubuh mengalami intoleransi makanan atau tidak mampu memecah makanan sehingga membuatnya mengendap di dalam perut, kemudian terlalu banyak makanan yang berserat, mengalami sembelit, infeksi di saluran pencernaan hingga karena efek dari obat-obatan tertentu. Lantas bagaimana cara mengatasi hal tersebut? simak ulasannya di bawah ini.

Cara Mengatasi Kentut Bau Busuk

Sebelum mengatasi kentut bau busuk, maka ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Barulah setelah itu atasi dengan mengubah pola makan maupun memeriksakan ke dokter jika kondisi sudah terlampau parah. Hal tersebut berguna agar Anda segera mengetahui penyebabnya berdasarkan penyakit yang mungkin di derita, serta  mendapatkan perawatan yang tepat.

Anda bisa mengunjungi dan melakukan konsultasi pada dokter jika mengalami hal-hal yang serius, seperti mengalami gejala lain di samping kentut bau busuk yang di derita, perubahan pola makan yang tidak mampu mengatasi kentut bau, serta obat untuk mengatasi bau gas yang tidak berpengaruh apa-apa. Hal itu bisa pula terjadi karena adanya permasalahan kesehatan ataupun infeksi yang haruslah diberi perawatan sesegera mungkin.

Namun Anda juga bisa loh mengatasi kentut bau busuk dengan cara-cara berikut, antara lain :

  1. Minum Teh Herbal

Cara Paling Ampuh Mengatasi Kentut Bau Busuk

Cara paling ampuh untuk mengatasi kentut bau busuk yang pertama adalah dengan mengonsumsi teh herbal secara rutin. Cara ini dinilai ampuh untuk mencegah terbentuknya gas di usus, dimana Anda bisa mengonsumsi teh chamomile atau peppermint, dan juga teh hijau. Teh tersebut mampu membantu mencerna makanan dengan benar agar tidak mengendap di dalam tubuh dan menimbulkan kentut bau busuk.

  1. Kurangi Asupan Produk Susu

Cara Paling Ampuh Mengatasi Kentut Bau Busuk

Baca juga : Ini Dia Masalah Perut yang Sering Dialami Saat Traveling

Kedua, jangan lupa memperhatikan asupan produk susu yang di konsumsi. Kadangkala saat mengonsumsi produk susu seperti keju, yogurt bisa meningkatkan gas dalam perut dan membuat Anda menjadi lebih sering kentut. Usahakan untuk memilih jenis produk susu yang tepat dan tidak berlebihan.

  1. Membatasi Makanan Pemicu Gas di Perut

Cara Paling Ampuh Mengatasi Kentut Bau Busuk

Baca juga : Wow! Tanaman-tanaman Ini Ternyata Bisa Berkhasiat Sebagai Obat! Apa Saja?

Selain produk olahan susu, Anda juga harus membatasi makanan pemicu gas di perut lainnya seperti kacang-kacangan dan umbi-umbian. Sayuran hijau seperti brokoli, kubis, kecambah dan juga kembang kol menjadi salah satu penyebab perut kembung, sehingga membuatmu akan lebih sering kentut dan berbau. Jadi, kini Anda harus lebih pemilih agar kentut tidak menimbulkan bau busuk lagi.

  1. Mengubah Pola Makan

Cara Paling Ampuh Mengatasi Kentut Bau Busuk

Baca juga : Gimana Jadinya Jika Kentut Bisa Bawa Kita ke Bulan?

Mengubah pola makan sangat penting untuk menjaga kesehatan, terutama untuk membantu tubuh mencerna makanan dengan benar serta mencegah udara yang masuk ke perut pada saat makan. Usahakan untuk mengunyah makanan secara perlahan, gigitan kecil dan tidak tergesa-gesa untuk melancarkan pencernaan.

  1. Rutin Berolahraga

Cara Paling Ampuh Mengatasi Kentut Bau Busuk

Cara paling ampuh mengatasi kentut bau busuk yang terakhir adalah dengan rutin berolahraga. Menurut studi, olahraga teratur bisa membantu mengurangi kentut berbau busuk. Anda bisa melakukan olahraga yang ringan saja, seperti jalan kaki, jogging, lompat tali maupun yoga. Hal tersebut sangat penting dilakukan agar sistem pencernaan menjadi sehat dan tidak menghasilkan gas yang berlebihan dalam perut.

Itulah informasi mengenai cara untuk mengatasi kentut bau busuk yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Kini Anda tidak perlu takut lagi mengeluarkan bau yang busuk selagi kentut, karena cara diatas cukup ampuh mengatasinya. Semoga bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password