5 Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Orang Dewasa

Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Orang Dewasa

Ohayo.co.id – Tubuh kita memiliki batas tersendiri apabila terlalu berlebihan diforsir. Terutama mereka yang mengaku workaholic, biasanya hanya sedikit waktu yang digunakan untuk beristirahat. Padahal tubuh kita membutuhkan dan memiliki jam biologisnya sendiri. Misalnya pagi hari membutuhkan sarapan, malam hari membutuhkan tidur yang cukup. Jika jam biologis ini malah tidak dipenuhi tak jarang tubuh akan merasa lelah dan muncul demam. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja termasuk pada orang dewasa. Yuk ketahui bagaimana cara mengatasi demam tinggi pada orang dewasa dengan tepat.

Demam memang merupakan penyakit yang umum dialami oleh setiap orang. Baik dari bayi, balita, remaja hingga dewasa. Demam ternyata bukanlah hal yang buruk juga. Sebab dari laporan yang telah dipublikasikan di Harvard Health Publication, demam ialah tanda bahwa tubuh kita sedang berjuang melawan infeksi yang ada. Tetapi bukan berarti kita juga harus mengabaikannya.

5 Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Orang Dewasa

5 Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Orang Dewasa

1. Usia 18 tahun ke Atas dengan Demam mencapai 38,9 derajat Celsius

Apabila hal ini terjadi pada diri anda atau pada anak berusia 18 tahun maka cobalah untuk beristirahat dengan maksimal. Hindari aktivitas yang terlalu berat dan minum banyak cairan. Cara alami ini akan membantu tubuh dalam menurunkan demam yang ada. Apabila disertai dengan sakit kepala berat, sesak nafas dan juga leher kaku maka segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Anak, Yuk Ketahui Mom!

5 Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Orang Dewasa

2. 18 Tahun ke Atas dengan Demam diatas 38,9 derajat Celsius

Jika pada usia ini demam melanda dan merasakan tidak nyaman, maka sebaiknya menggunakan acetaminophen atau bisa juga menggunakan ibuprofen. Baca terlebih dahulu label kemasan dengan baik. Hal ini untuk mengetahui dosis yang tepat serta lebih berhati-hati untuk tidak menggunakan lebih dari satu obat. Terutama obat yang memiliki kandungan yang sama. Bisa juga dengan menggunakan asphirin. Namun jika demam tidak juga menurun lebih dari 3 hari maka segera periksakan diri ke dokter.

Dua cara mengatasi demam tinggi pada orang dewasa ini sangatlah aman untuk dilakukan. Hanya saja jika cara tersebut tidak efektif pada tubuh anda maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Apalagi jika demam disertai dengan gejala atau tanda penyakit lainnya. Misalnya saja demam disertai dengan kejang-kejang, kebingungan, kehilangan kesadaran, leher yang kaku, vagina berbau tidak enak bahkan terjadi pembengkakan pada banyak bagian tubuh. Segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Baca juga : Hal yang Harus Dilakukan Jika Demam dan Flu Menyerang

5 Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Orang Dewasa

Namun, jika demam tersebut terjadi pada anak ketika ia tertidur cobalah untuk mengecek terlebih dahulu berapa suhu tubuhnya tanpa harus membangunkannya. Lebih baik membiarkan ia tertidur pulas untuk membantu menurunkan panas yang dialaminya. Jika ia tidak merasa nyaman, berilah obat sesuai dengan anjuran yang ada. Perhatikan usia dan juga dosis yang berlaku. Setelah itu pastikan meminum banyak cairan dan tubuh bisa beristirahat dari aktivitas yang cukup padat.

Cara mengatasi demam tinggi pada orang dewasa ini memang tergantung dari usianya. Pemberian dosis yang tepat dan sesuai anjuran akan lebih efektif pada tubuh. Selain itu imbangi dengan makan makanan bergizi dan makan buah-buahan yang kaya vitamin. Jaga waktu istirahat tubuh agar tidak terganggu.

Memeriksakan diri ke dokter adalah langkah tepat jika demam yang dialami tidak juga menurun. Semoga cara mengatasi demam tinggi pada orang dewasa ini bisa membantu anda. Jangan lupa untuk mengelola stress dan memperhatikan gaya hidup sehat.

[Form id=”27″]

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password