Cara Mengajari Anak Membaca yang Paling Efektif, Moms Wajib Tahu!

Cara Paling Efektif Mengajarkan Si Kecil Membaca, Moms Wajib Tahu!

Ohayo.co.id – Moms, melihat si kecil bisa cepat membaca memang jadi salah satu impian terbesar bagi sebagian orangtua milenial. Apalagi setelah tahu jika kemampuan baca si kecil sangat baik, maka yang demikian tersebut secara otomatis akan sangat membantu perkembangan otaknya. Tetapi yang harus Anda cermati di sini adalah, tujuan dari pengajaran membaca untuk si kecil di usia pra sekolahnya tersebut tak lain untuk menumbuhkan minat baca si kecil. Agar pembelajaran baca jadi sebuah proses yang menyenangkan baginya, yuk terapkan cara mengajari anak membaca yang paling efektif berikut ini moms.

Cara Mengajari Anak Membaca yang Paling Efektif

Jangan pernah memaksa anak untuk segera bisa baca

Cara Mengajari Anak Membaca yang Paling Efektif

Ingat ya moms, Anda tak harus memaksa si kecil untuk belajar baca, apapun bentuknya. Khususnya pada anak usia balita seperti ini. Hindari memaksa si kecil untuk paham segala sesuatu dengan cepat. Sebaiknya Anda memberinya stimulus supaya ia bisa terbiasa pelajari cara baca secara alamiah. Jika dipaksakan untuk baca ketika ia belum benar-benar siap, maka ia akan memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan, sehingga muncul penolakan.

Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Cara Mengajari Anak Membaca yang Paling Efektif

Jangan pernah memaksakan pada anak metode pelajaran yang sulit dan kurang menyenangkan. Bersenang-senang dan buat suasana hatinya senang juga nyaman menerima pelajaran yang Anda berikan. Anda bisa cari permainan yang bisa membantunya mengenal kata-kata, bisa pula dengan bernyanyi, menempelkan berbagai poster yang berisi kata-kata sederhana, dan lain sebagainya.

Baca juga : Solusi Belajar Kekinian yang Mudah dan Praktis dengan Tablet Edukasi dari Samsung

Ajari si kecil dengan kata-kata, bukannya dengan abjad

Cara Mengajari Anak Membaca yang Paling Efektif

Bentuk kata adalah kongkret, sementara itu huruf merupakan abstrak. Nah, mengajarkan si kecil akan jauh lebih mudah pada hal-hal yang sifatnya kongkrit, bukannya hal yang abstrak yang justru menjadikannya berpikir yang terlalu dalam.

Melakukan metode Gleen Doman

Cara Mengajari Anak Membaca yang Paling Efektif

Salah satu cara paling efektif, mudah, dan sederhana mengajarkan si kecil baca adalah lewat pengenalan kata-kata dengan menggunakan langkah dari metode Glen Doman. Selain itu, yang perlu Anda ingat di sini adalah Anda tidak boleh meminta si kecil untuk mengulang kata-kata yang Anda bacakan. Setelah membaca sebanyak 5 kata, hentikan pelajaran ini. Silakan peluk si kecil dan berikan pujian.

Menyesuaikan dengan kepribadian dan usia

Cara Mengajari Anak Membaca yang Paling Efektif

Moms, Anda tak perlu memasang target yang terlalu tinggi pada si kecil, silakan nikmati proses pembelajaran yang bisa jadi quality time Anda dan si kecil. Sebab itu, penting sekali Anda mengajarkannya secara pelan-pelan tetapi rutin. Silakan hentikan kegiatan belajar baca ini sebelum anak Anda merasa bosan, apalagi saat ia sudah terlihat tidak tertarik. Pastikan pula Anda menyesuaikan metode pengajaran dengan kepribadian serta usia si kecil sebab perkembangan tiap anak itu berbeda-beda.

Baca juga : Berbagai Permainan Menarik yang Bisa Dukung Perkembangan Anak, Yuk Disimak Moms!

Menerapkan pola makan sehat untuk dukung kemampuan berkonstrasi anak

Cara Mengajari Anak Membaca yang Paling Efektif

Pola makan sehat adalah salah satu cara terbaik agar si kecil bisa cepat membaca. Pada sebuah study di Finlandia menyatakan bahwa manfaat dari makan sehat tersebut kadang kalanya memang tidak disadari oleh para orangtua, dan baik dilakukan pada anak siswa SD, mulai dari kelas 1-3. Hasilnya, kemampuan baca si kecil lebih meningkat saat si kecil tidak banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan manis. Pola makan yang sehat bisa membuatnya senang membaca, diantaranya ikan, buah, sayur, biji-bijian, dan lemak tak jenuh.

Nah, itu tadi beberapa cara mengajari anak membaca yang paling efektif yang bisa kami informasikan. Oh iya, juga ada cara paling mudah dan efektif untuk mengajarkan anak Anda membaca, misalnya saja dengan menggunakan gadget yang memang khusus dibuat untuk proses pembelajaran anak balita yang bisa Anda beli via AKULAKU. Pastinya ada banyak sekali gadget penunjang belajar baca si kecil yang bisa Anda dapatkan nanti. Tapi yang harus diingat di sini adalah Anda tak boleh lupa pakai kode “AIDIA 1” agar lebih hemat. Karena nanti Anda akan mendapatkan voucher belanja total senilai Rp 700 ribu rupiah, lho!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password