8 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram yang Bisa Bikin Kamu Tambah Kaya!

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Ohayo.co.id – Aplikasi berbagi foto Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial paling banyak digunakan. Jumlah penggunanya meningkat cepat dalam dua tahun terakhir menjadi 700 juta pengguna. Pertumbuhannya telah meledak sejak diluncurkannya Instagram Stories pada Agustus 2016 lalu. Nah, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memanfaatkan popularitasnya yang semakin meningkat. Jika kamu siap untuk meluangkan waktu dan komitmen, kamu bisa dengan mudah mendapatkan uang dari Instagram. Tapi sebelum kami informasikan mengenai cara mendapatkan uang dari Instagram, kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara memperbanyak followers Instagram.

Cara Memperbanyak Followers Agar Bisa Mendapatkan Uang dari Instagram

Cara Memperbanyak Followers Agar Bisa Mendapatkan Uang dari Instagram
Foto: Shutterstock

1. Isi bio dengan informasi yang benar

Bio terdiri dari informasi kontak, apa yang kamu posting dan dari mana kamu berasal. Tambahkan beberapa kata kunci dan bahkan beberapa tagar atau hashtag agar akunmu mudah ditemukan oleh pengikut yang tepat.

2. Posting secara teratur

Kamu bisa memposting beberapa gambar setiap harinya. Tetapi berhati-hatilah, jangan posting semua gambar sekaligus. Jika kamu tidak bisa posting banyak foto, maka pastikan kamu menerbitkan satu foto berkualitas setiap hari.

3. Ambil foto yang bagus

Pastikan foto yang kamu ambil memiliki kualitas terbaik dengan efek menarik. Tidak ada gunanya memposting foto yang kurang menarik, jadi luangkan waktumu untuk memastikan kamu telah menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik. Perangkat kamera yang berkualitas juga bisa membantu.

4. Tambahkan hashtag yang relevan

Tambahkan hashtag yang sesuai dengan foto yang akan kamu posting. Biasakan diri untuk menambahkan hashtag terbaik sesuai bidang minat dan pastikan kamu memasukkannya ke dalam setiap postingan. Kamu bisa menggunakan aplikasi TagForLikes untuk berbagai ide hashtag dan menyimpan hashtag khusus.

5. Interaksi dengan followers

Luangkan waktu setiap hari untuk berinteraksi dengan followers-mu atau siapa pun yang terlibat dalam bidangmu dengan mengomentari dan menyukai gambar. Jika kamu berkomunikasi dengan konten asli, orang-orang akan tertarik untuk melihat akunmu dan menjadi followers-mu.

Itulah beberapa cara memperbanyak followers Instagram yang bisa kamu terapkan. Dengan memiliki followers yang banyak kamu semakin mudah untuk mendapatkan uang dari Instagram melalui cara-cara di bawah ini.

Baca juga : Terungkap, Ini Trik Cerdas Peroleh Banyak Love di Instagram!

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram
Foto: Shutterstock

1. Menjual produk di Instagram

Cara mendapatkan uang dari Instagram yang pertama adalah jualan produk secara online melalui Instagram. Ada beberapa macam bisnis yang bisa dilakukan di Instagram. Jika kamu tidak memiliki produk sendiri untuk dijual, kamu bisa menjadi dropshipper maupun reseller. Dengan menjadi dropshipper kamu bisa menjual produk milik orang lain tanpa harus mengeluarkan modal untuk membeli produk mereka. Sedangkan dengan menjadi reseller produk orang lain kamu harus membeli produk mereka terlebih dahulu untuk dijual kembali melalui Instagram.

2. Menjual jasa di Instagram

Di Instagram kamu tidak hanya bisa berjualan barang fisik dan digital. Kamu juga bisa menawarkan jasa dari keahlian yang kamu miliki. Beberapa contoh jasa yang bisa ditawarkan antara lain jasa pembuatan website, jasa pembuatan desain logo dan poster, jasa penerjemah, dan lain sebagainya. Jika ingin menjual jasa di Instagram sesuai keahlian, jangan lupa cantumkan deskripsi dan kontak secara lengkap di bio. Selain itu, posting foto di akun Instagrammu untuk mempromosikan keahlianmu (misalnya contoh desain untuk kamu yang ingin menjual jasa pembuatan desain logo).

3. Affiliate marketing

Affiliate marketing pada dasarnya adalah ketika kamu mempromosikan produk pihak lain (affiliate) dan dibayar untuk setiap penjualan. Dengan Instagram, kamu bisa memposting foto menarik dan menyoroti produk mereka dan dan mendorong followers untuk membeli produk melalui link affiliate (link biasanya disediakan oleh affiliate). Kamu bisa meletakkan link affiliate di caption atau di bio. Kamu pun akan mendapat komisi dari setiap penjualan melalui link tersebut.

4. Menjadi endorser

Menjadi endorser juga bisa dibilang menjadi bintang iklan suatu produk tertentu. Kamu akan mengiklankan dan mempromosikan suatu produk dari brand tertentu. Selain dibayar, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lain yaitu mendapatkan produk yang kamu posting secara gratis. Syarat untuk menjadi endorser tentunya kamu harus menjadi orang terkenal dan memiliki ratusan ribu atau lebih followers.

Baca juga : Cara Memperbanyak Like Instagram Paling Mudah dan Cepat

5. Menjadi buzzer

Cara mendapatkan uang lewat instagram berikutnya adalah dengan menjadi seorang buzzer atau orang yang membuat topik yang hangat dibicarakan orang di media sosial. Untuk menjadi buzzer di Instagram kamu perlu memiliki ribuan atau lebih followers. Pastikan postinganmu sesuai dengan niche yang ditarget, seperti fashion, kecantikan, lingkungan, atau lain sebagainya. Postinganmu juga harus banyak disukai dan dibicarakan oleh orang lain. Dengan begini akan ada banyak pihak yang tertarik untuk membayar jasa buzzer agar akunmu mengangkat topik sesuai niche yang bisa menjadi pembicaraan banyak orang.

6. Menjadi admin

Cara mendapat uang lewat instagram selanjutnya adalah menjadi admin. Ada orang-orang penting yang membutuhkan publikasi di media sosial seperti Instagram tetapi mereka tidak bisa atau tidak sempat mengoperasikannya. Nah, disini mereka membutuhkan seorang admin untuk membantu mengelola akun Instagram mereka. Jika kamu sudah berpengalaman menggunakan Instagram, kamu bisa menjadi admin dan mendapatkan uang dari mengelola akun mereka.

7. Menjual foto dari hasil jepretan sendiri

Untuk kamu yang memiliki bakat di bidang fotografi, kamu bisa menjual hasil jepretan terbaikmu melalui Instagram. Kamu bisa memposting foto-foto terbaikmu di akun Instagrammu. Tapi jangan lupa tambahkan watermark di setiap foto agar fotomu tidak diambil orang lain tanpa izin. Jika ada pihak yang tertarik untuk membeli fotomu, kamu bisa memberikan versi originalnya.

8. Memburu kuis atau giveaway

Banyak akun Instagram milik brand, perusahaan, atau toko online tertentu yang mengadakan kuis atau giveaway dengan berbagai macam hadiah. Model kuisnya beragam, ada yang hanya perlu repost dan mention, serta ada pula yang harus dengan membuat postingan foto menarik yang mencantumkan produk tertentu. Hadiahnya ada yang berupa produk dan ada pula yang berupa uang tunai hingga jutaan rupiah. Nah, salah satu cara mendapatkan uang melalui instagram adalah dengan rajin mengikuti kuis-kuis tersebut.

Nah, itulah beberapa cara agar mendapatkan uang dari Instagram. Untuk kamu yang senang menghabiskan waktu dengan bermain-main di Instagram, cara-cara di atas bisa kamu coba agar waktumu tidak terbuang sia-sia. Kamu pun bisa jadi kaya raya dengan menggunakan media Instagram. Selamat mencoba ya!

 

***Featured image: Shutterstock

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password