Cara Mencuci Sepatu Putih Berdasarkan Jenis Bahannya

Cara Mencuci Sepatu Putih dengan Berbagai Jenis Bahan

Ohayo.co.id – Beberapa orang menyukai barang berwarna gelap, beberapa lainnya menyukai warna cerah dan putih. Memang orang yang memutuskan memilih warna putih memiliki nyali yang cukup besar apalagi barang yang dipilihnya adalah sepatu. Satu tantangan terbesarnya adalah mencucinya karena cara mencuci sepatu putih tidaklah mudah. Ada beberapa trik khusus untuk menyelesaikannya apalagi ingin terlihat kembali berwarna seperti pertama kali membelinya.

Mungkin saat ini warna putih sedang dalam masa trennya di Indonesia, sepertinya tak dapat dipungkiri karena orang nomor satu di Indonesia saat ini Presiden Joko Widodo selalu mengenakan warna putih sebagai pakaian khasnya. Saat diwawancarai oleh salah satu media, ia mengatakan selain warna putih terlihat bersih harganya juga selalu terjangkau di berbagai toko pakaian.

Karakter Warna Putih

Cara mencuci sepatu putih
Foto: Shutterstock

Lantas, sebenarnya apa yang ada di balik warna putih ini dilihat dari perspektif keilmuan? Suatu pilihan mau tidak mau akan selalu mencerminkan karakter seseorang, sehingga wajar ketika orang menyukai warna tertentu akan dikaji secara psikologis.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari liputan6.com (12/18) secara psikologis orang yang menyukai warna putih memiliki pemikiran terbuka, keberanian mengambil keputusan, hidup selaras dan mampu mengendalikan emosi dengan.

Jadi tidak salah apabila seseorang yang memilih sepatu memang memiliki keberanian di atas rata-rata. Secara gitu, sepatu itu kan satu barang yang paling dekat dengan tanah. Padahal beberapa orang lebih takut untuk membeli barang-barang berwarna cerah karena takut cepat kotor.

Cara Mencuci Sepatu Putih Berdasarkan Jenis Bahannya

Cara mencuci sepatu putih
Foto: Shutterstock

Alasan kecerahan memilih sepatuh berwarna putih akan hilang begitu saja ketika sepatu sudah terlihat menguning dan kusam. Oleh karena itu perlu memahami cara mencuci sepatu putih yang benar-benar tepat agar kesegaran ketika menggunakan tetap terjaga.

Cara Mencuci Sepatu Putih Berbahan Kanvas

Kadang rasanya mager ketika harus mencuci sepatu, apalagi sepatu putih berbahan kanvas yang memiliki pori-pori sebagai sarang noda. Padahal caranya tidaklah begitu sulit, terpenting adalah mengetahui caranya yang tepat.

  • Sediakan soda kue dan cuka putih
  • Campurkan kedua bahan tersebut dengan air hangat
  • Celupkan sikat gigi atau kain ke dalam racikan pembersih tersebut
  • Gosokkan pada sepatu putih berbahan kanvas
  • Usap dan bersihkan pasta tersebut
  • Keringkan sepatu
  • Pada dasarnya sabun dapat diaplikasikan sebagai pembersih pada sepatu putih berbahan kanvas

Cara Mencuci Sepatu Putih Berbahan Kulit

Secara teoretis, tekstur kulit yang lebih mengkilat lebih mudah mencucinya dibandingkan sepatu putih berbahan kanvas. Jenis kulit ini memang terbagi menjadi dua, yaitu kulit asli dan kulit sintetis. Pada dasarnya mencuci sepatu berbahan kulit asli tidak jauh berbeda dengan cara membersihkan tas kulit seperti telah dijelaskan pada artikel sebelumnya.

Sepatu putih berbahan kulit asli, sebaiknya diusap dengan kain basah menggunakan krim pembersih khusus seperti halnya membersihkan tas mahal berbahan kulit asli. Barang berbahan kulit asli maupun sintetis sebaiknya tidak dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Berikut cara selengkapnya:

  • Sediakan sebuah handuk basah
  • Peras airnya jika berlebihan
  • Usap dengan lembut permukaan sepatu putih berbahan kulit
  • Biarkan kering terlebih dulu
  • Membersihkan solnya dapat menggunakan penghapus karet
  • Kadar sabun yang minimal dapat diaplikasikan pada kadar noda cukup lengket

Cara Mencuci Sepatu Putih Berbahan Suade

Bahan suade sebetulnya termasuk pada kulit asli, perbedaannya suade leather menampilkan tekstur dalam kulit di bagian luar sepatu. Sehingga timbul permukaan seperti berbulu halus dengan kesan mewah. Memang jarang sepatu putih berbahan suade, namun beruntung bagi Anda yang memilikinya barang langka ini. Cukup membersihkan dan merawatnya dengan tepat agar kesan beludrunya itu tidak terlihat kusam menguning.

  • Sediakan kain katun lembut
  • Penghapus pensil berwarna merah muda
  • Cuka putih
  • Kuas khusus untuk bahan suade leather
  • Usap terlebih dahulu suade dengan kain katun lembut agar tidak lembap
  • Gosokkan penghapus di atas pada bagian yang bernoda
  • Tekan noda dengan tisu kering
  • Jangan gosokan noda yang basah
  • Biarkan hingga kering

Gaya Berpakaian Pria dengan Sepatu Putih

Cara mencuci sepatu putih
Foto: Shutterstock

Salah satu sepatu yang sering digunakan banyak orang adalah sneakers. Bagi Anda yang menyukai sepatu kasual berwarna putih ini tak perlu khawatir mati gaya karena warnanya terlalu terang. Setelah mengetahui cara mencuci sepatu putih dengan benar, saatnya untuk memadukan gaya berpakaian yang cocok.

Rapi

Tampilan putih yang mencerminkan kebersihan dan kerapian sangat cocok dipadukan dengan jas. Jangan lupa memilih sepatu dengan motif yang terkesan ramping. Kaos kaki juga menjadi salah satu komponen wajib saat tampilan rapi seperti ini.

Modern

Memadukan sepatu putih dengan celana chino membuat tampilan lebih kekinian dengan kesan tetap menjaga kerapian. Memilih celana berwarna cokelat pudar menjadi tampilan lebih kalem dan natural. Untuk potongan sepatu, sebaiknya memilih low-cut yang berbahan kanvas untuk nuansa klasik.

Hangout

Mungkin sedikit terlihat beranjak berolahraga, tak menggunakan kaus kaki menjadi salah satu cara agar tampil kasual. Sebaiknya memilih sepatu putih berbahan kanvas agar terkesan sedikit mewah.

Monokrom

Sepatu berwarna putih menjadi titik perhatian ketika pakaian lainnya berwarna gelap, seperti mengenakan jeans dan jaket hitam. Untuk tampilan ini lebih bagus sepatu tanpa kaus kaki, baik itu high-cut maupun low-cut.

Urban

Salah satu celana yang cocok dipadupadankan dengan sepatu berwarna putih adalah jogger pants. Kesan terlihat santai dan perkotaan ditambah seperti jumper atau hodie lainnya.

Gaya Berhijab dengan Sepatu Putih

Gaya berhijab dengan sepatu putih
Foto: Shutterstock

Setelah artikel sebelumnya yang menjelaskan cara berhijab segi empat simple dan anggun, kini sepatu putih sebagai perpaduannya menjadi pelengkap untuk tampil stylish dan kekinian. Apalagi wanita itu diidentikkan dengan warna putih dan cerah oleh kaum pria.

Berikut ini bisa menjadi inspirasi gaya berhijab dengan sneakers putih.

Zaskia Adya Mecca

Gaya berhijab dengan sepatu putih
Foto: Instagram Zaskia Adya Mecca

Perpaduan antara celana jeans biru lusuh dengan kaos motif garis membuat tampilan kasual serasi dengan sepatu putih yang dikenakan Zaskia. Sudah dikenal banyak orang, sosok artis yang aktif di bidang gaya fashion hijab ini pastinya tidak sembarangan memilih outfit-nya. Jadi, gaya berhijab Zaskia bisa banget dijadikan referensi Sist para hijaber yang memfavoritkan sepatu berwarna putih.

Tantri Namirah

Gaya Hijab Tantri Namirah dengan sepatu putih
Foto: Instagram Tantri Namirah

Tak menutup aura feminin seorang wanita hijaber ketika harus mengenakan rok dipadupadankan dengan sepatu putih. Contohnya saja salah seorang selebgram satu ini, berhasil memilih gaya berbusana muslim dengan rok panjang dikombinasikan dengan gamis putih bisa dijadikan referensi untuk gaya semi formal.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran Agar Pas di Kaki

Chacha Frederica

Gaya Berhijab Chacha Frederica
Foto: Instagram Chacha Frederica

Bagi Sist hijaber yang menginginkan gaya kasual sekaligus sporty saat berhijab, bisa mengikut gaya selebgram dengan perawakan ramping ini. Celana jeans hitam sangat serasi dengan sneakers putih yang menonjolkan karakter keterbukaan pemikiran seseorang. Mudah bergaul namun tetap menjaga penampilan tetap feminin.

Baca juga: Model Sepatu Kekinian yang Sedang Hits di Kalangan Hijabers

Setelah mengamati cara mencuci sepatu putih dengan berbagai jenis bahan materinya disertai tips gaya fashion menggunakan sneakers putih, tentunya Anda tak lagi khawatir untuk mengoleksi dan mengenakan sepatu berwarna terang karena takut mudah kotor. Bebaskan gaya tanpa takut kotor!

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password